You are here
Home > Gaya Hidup >

Lakukan Sebelum Beraktivitas, Ini 5 Ritual Pagi yang Baik Bagi Otak

Ritual pagi yang baik bagi otak

Semua aktivitas yang kamu jalani setiap hari pasti akan diawali oleh kondisi tubuh saat di pagi hari. Oleh sebab itu, kamu tentu membutuhkan ritual pagi yang baik bagi otak. Memiliki rutinitas pagi yang baik dapat membuat harimu menjadi lebih produktif, terorganisir, dan kamu melakukan semua kegiatan dengan percaya diri, lho.

5 Ritual pagi yang baik bagi otak

Perlu kamu pahami bahwa memulai ritual pagi yang baik bagi otak bukan soal melakukan lebih banyak hal di pagi hari. Namun tentang membiarkan diri kamu memulai hari dengan percaya diri, damai, dan sikap positif. Berikut ini ritual pagi yang baik bagi otak seperti dilansir dari laman The Morning Effect:

1. Minum air putih

ritual pagi yang baik bagi otak
Minum air putih. (Gambar: http://pixabay.com)

Enam puluh persen tubuh terdiri dari air, dan kamu kehilangan air selama beraktivitas melalui keringat, air kencing, dan bahkan bernapas. Oleh karena itu, kamu memerlukan asupan air setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Tak hanya itu saja, minum air juga merupakan ritual pagi yang baik bagi otak. Air memiliki dampak terhadap kinerja mental dan dehidrasi ringan dapat memiliki efek buruk pada kemampuan kerja otak.Minum air di pagi hari dapat membantu menangani masalah tersebut dan membantu kinerja mental menjadi lebih baik.

Dehidrasi juga memiliki efek negatif pada memori dan perhatian jangka pendek. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan ritual pagi yang baik bagi otak seperti minum air putih.

2. Merapikan kamar

ritual pagi yang baik bagi otak
Merapikan kamar. (Gambar: http://pixabay.com)

Kebanyakan orang akan langsung mandi atau melakukan aktivitas berat lainnya setelah bangun tidur. Namun setelah meneguk segelas air putih, sebaiknya kamu jangan dulu melakukan aktivitas lain. Kembali ke kamar lalu rapikan tempat tidurmu, mulai dengan gerakan ringan. 

Otak memiliki kecenderungan untuk mencari kenyamanan dan melakukan hal paling mudah yang ada pada saat itu. Ini tentu bukan hal yang baik jika kamu ingin menjalani hari yang produktif. Namun, otakmu juga mudah untuk diatur. Kamu hanya perlu membuat momentum dengan melakukan ritual pagi yang baik bagi otak ini.

Dengan melakukan hal yang terkesan “berat” bagi otak di pagi hari, kamu memberitahu otak bahwa kamu memegang kendali. Kamu juga memberikan sedikit dorongan dopamine dengan melakukan ritual pagi yang baik bagi otak ini.

3. Lakukan latihan pernapasan

ritual pagi yang baik bagi otak
Latihan pernapasan. (Gambar: http://bobobox.com)

Umumnya banyak orang yang langsung melakukan aktivitas pagi tanpa adanya pemanasan apapun. Padahal melatih pernapasan bisa menjadi ritual pagi yang baik bagi otak. Salah satu manfaatnya adalah untuk menangani pikiran cemas dan gugup.

Bernapas dalam-dalam bisa memperlambat detak jantungmu dan memungkinkan tubuh mengambil lebih banyak oksigen sehingga memberi sinyal ke otak untuk beristirahat. Melakukan ritual pagi yang baik bagi otak ini juga mampu menyeimbangkan hormone kamu seperti menurunkan kadar kortisol dan meningkatkan aliran endorfin dalam tubuh.

Kamu bisa melakukannya selama beberapa menit. Caranya pun cukup mudah, dengan mengambil napas selama empat detik penuh dan buang napas selama empat detik penuh. Lakukan ritual pagi yang baik bagi otak tersebut selama lima putaran. Fokus pada napasmu dan biarkan seluruh tubuhmu rileks.

Ritual pagi yang baik bagi otak ini bisa membantumu mengosongkan pikiran dan melepaskan rasa cemas yang akan dihadapi selama beraktivitas seharian

4. Berolahraga ringan di pagi hari

ritual pagi yang baik bagi otak
Olahraga di pagi hari. (Gambar: http://pixabay.com)

Kortisol adalah hormon yang membuat kamu tetap terjaga dan waspada. Ini sering disebut juga sebagai hormon stres. Biasanya, kortisol meningkat di pagi hari dan turun di malam hari. Agar sirkulasi hormon ini seimbang, berolahraga adalah ritual pagi yang baik bagi otak yang bisa kamu coba.

Selain itu, berolahraga di pagi hari juga bisa meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan. Saat kamu berolahraga, oksigen dan nutrisi mengalir ke jantung dan paru-paru. Ini meningkatkan sistem kardiovaskular, daya tahan, dan stamina kamu secara keseluruhan.

Dengan berolahraga lebih awal, kamu bisa merasa lebih berenergi dan fokus sepanjang hari. Soalnya, aktivitas fisik mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi dan jika kamu kesulitan fokus di siang hari, ritual pagi yang baik bagi otak ini mungkin bisa menjadi solusinya.

5. Jangan lupa untuk sarapan sebelum beraktivitas

ritual pagi yang baik bagi otak
Sarapan di pagi hari. (Gambar: http://pixabay.com)

Setelah melakukan ritual pagi yang baik bagi otak yang bersifat fisik, jangan lupa untuk mengisi perutmu ya. Selain menambah tenaga, sarapan bisa membuat kamu lebih waspada dan fokus dengan meningkatkan kadar gula otak dalam otak.

Makanan seperti sereal gandum utuh, kopi, susu, telur, atau roti panggang, semuanya memiliki peran dalam meningkatkan kekuatan otak. Oleh karena itu, sarapan yang sehat justru bisa membuat kamu lebih baik.

Tak banyak yang tahu, ternyata sarapan juga bisa meningkatkan kadar serotonin dalam darah, yang bertanggung jawab untuk menyeimbangkan suasana hati, nafsu makan, dan tidur. Jadi, melakukan ritual pagi yang baik bagi otak ini juga bisa bikin kamu bahagia lho.

Baca juga: 5 Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan yang Tak Boleh Disepelekan

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top