You are here
Home > Gaya Hidup > Hiburan >

Daftar 23 Rekor Dunia Guinness yang Berhasil Diraih Oleh BTS

Daftar 23 Rekor Dunia Guinness yang Berhasil Diraih Oleh BTS

Boy grup asal Korea Selatan yaitu Bangtan Boys atau yang lebih dikenal dengan sebutan BTS ini terus membuat sejarah di dunia musik. Kali ini, BTS menorehkan sejarah masuk ke dalam Guinness World Record atau Rekor Dunia Guinness, lho. Baru-baru ini diumumkan bahwa BTS telah masuk ke dalam Guinness World Record 2022 Hall Of Fame. Tak hanya satu, berikut ini daftar 23 rekor dunia Guinness yang berhasil diraih oleh BTS.

Daftar 23 Rekor Dunia Guinness yang berhasil diraih oleh BTS

Daftar 23 Rekor Dunia Guinness yang Berhasil Diraih Oleh BTS
23 Guinness World Record 2022 Hall Of Fame oleh BTS. (Gambar: http://koreaboo.com)

Sepertinya, tidak ada satu hari berlalu tanpa BTS memecahkan rekor. Dari musik yang mereka ciptakan, kehadiran di media sosial, dan banyak lagi. BTS sendiri dikenal memecahkan rekor dari berbagai sisi dan hal itu pun juga diungkapkan oleh pihak Guinness World Record sendiri pada salah satu tulisan di website mereka. 

Dengan 23 Guinness World Record 2022 Hall Of Fame dalam beberapa kategori, berikut adalah daftarnya lengkapnya seperti dilansir dari laman Pikiran Rakyat

1. K-Pop pertama yang mencapai No.1 di chart album AS

Pada Juni 2018, BTS menjadi artis K-Pop pertama yang mencapai album nomor satu di tangga musik Amerika. Album hit mereka Love Yourself: Tear menduduki puncak tangga lagu Billboard pada Mei 2018 dengan judul lagu Fake Love.

2. K-Pop pertama yang mencapai No.1 di US Artist 100

Di hari yang sama, grup ini juga menjadi artis K-Pop pertama yang mencapai nomor satu di tangga lagu Billboard Artist 100, dengan album yang sama. Pencapaian ini mengukuhkan awal dari warisan global mereka saat mereka terus mendobrak batasan antara musik dan bahasa.

3. Grup K-Pop pertama yang mencapai Top 10 di chart single AS

Bersamaan dengan pencapaian lainnya untuk BTS dengan album 2018 Love Yourself: Tear, lagu utama Fake Love juga menjadi lagu pertama dari grup K-Pop yang mencapai sepuluh besar di tangga lagu single Amerika.

4. Penghasilan tahunan tertinggi untuk band K-Pop (tahun berjalan)

Dengan semua kesuksesan dan kerja keras anggota BTS dalam menciptakan lagu untuk ARMY, tidak mengherankan bahwa mereka memiliki pendapatan tahunan tertinggi untuk grup K-Pop pada 2020. Diperkirakan bahwa mereka memperoleh rata-rata $50 juta atau setara 715 milyar rupiah tahun itu.

5. Penonton terbanyak untuk streaming langsung konser musik di platform dengan pemesanan terlebih dahulu

Selama pandemi Covid-19, banyak konser digelar secara online. Hal itu memungkinkan penggemar global untuk menonton artis favorit mereka secara online. Pada 2020, BTS membuat sejumlah rekor dengan Bang Bang Con: The Live, di mana sekitar 756.000 penggemar di seluruh dunia menonton pertunjukan tersebut.

6. Sebagian besar tiket terjual untuk konser streaming langsung (tahun berjalan)

Dengan konser yang sama, BTS juga memecahkan rekor jumlah tiket yang terjual. Tidak mengherankan, itu sama dengan jumlah pemirsa, tetapi 756.000 adalah jumlah yang mencengangkan.

7. Minggu terbanyak di No.1 di chart Billboard Social 50

Antara 2017 dan 2020, BTS mempertahankan posisi nomor satu di tangga lagu Billboard Social 50. Hal ini sesuatu yang belum pernah terjadi pada waktu itu dan menunjukkan pengaruh BTS yang berkembang.

8. Mendapatkan penghargaan “daesang” (“hadiah utama”) di Mnet Asian Music Awards terbanyak

Pada 2020, BTS memecahkan rekor penghargaan terbanyak di Mnet Asian Music Awards. Saat itu, BTS meraih 13 penghargaan luar biasa di sejumlah kategori berbeda.

9. Album terlaris di Korea Selatan

Pada 2021, BTS ini menjual lebih dari 4.440.800 unit album Map of the Soul: 7. Dengan beberapa lagu yang sangat luar biasa dalam album tersebut, tidak mengherankan jika seluruh Korea jatuh cinta padanya.

10. Nickelodeon Kids’ Choice Awards terbanyak yang dimenangkan oleh grup musik

Jika mendominasi acara penghargaan Korea tidak cukup, mereka juga meraih penghargaan AS dengan memenangkan lima di Nickelodeon Kids ‘Choice Awards di semua nominasi mereka sepanjang tahun.

11. Lagu K-Pop dengan minggu terlama di Billboard Hot 100

Pada 2021, lagu hits BTS Dynamite berada di Billboard Hot 100 dan mencatatkan minggu terlama.

12. Berada di No.1 di chart Penjualan Lagu Digital Billboard terlama

Dynamite juga menghabiskan sebagian besar minggu di nomor satu di Billboard’s Digital Song Sales Chart, bertahan selama 32 minggu, lho.

13. Paling banyak streaming di Spotify (grup)

Pada April 2021, BTS menjadi grup yang lagunya paling banyak streaming di Spotify dengan lebih dari 16.300.000.000 streaming.

14. Sebagian besar keterlibatan Twitter (rata-rata retweet) untuk grup musik

Dengan rata-rata 422.228 retweet di Twitter, BTS membuat sejarah pada 2019 dengan memiliki keterlibatan terbanyak di situs untuk grup musik.

15. Sebagian besar keterlibatan Twitter (rata-rata retweet)

Mereka juga mengambil satu langkah lebih jauh dengan angka yang sama, BTS memecahkan rekor rata-rata retweet paling banyak dari akun manapun di situs web dengan 422.228.

16. Waktu tercepat untuk mencapai satu juta pengikut di TikTok

Pada 2019, grup tersebut membuka akun TikTok dan menjadi akun tercepat yang mencapai satu juta pengikut. BTS hanya butuh tiga jam dan 31 menit untuk rekor tersebut.

17. Video YouTube yang paling banyak dilihat dalam 24 jam

Pada 2020, BTS memperoleh penayangan YouTube terbanyak dalam 24 jam dengan video musiknya yaitu Dynamite yang mencapai 101.100.000 penayangan.

18. Pengikut terbanyak di Instagram untuk grup musik 

Pada April 2021, grup ini memiliki pengikut terbanyak untuk grup musik, dengan 40.220.226 pengikut di platform media sosial. 

19. Lagu yang paling banyak di-streaming di Spotify dalam 24 jam pertama 

Pada 2021, lagu BTS Butter tampaknya mendapatkan banyak rekor. Semuanya berkat karya BTS dan ARMY. Dengan 11.042.335 streaming dalam 24 jam pertama, Butter memecahkan rekor di Spotify. 

20. Penonton terbanyak untuk pemutaran perdana video musik di YouTube

Lagu BTS Butter juga memiliki pemirsa terbanyak untuk pemutaran perdana video musik di YouTube. Saat Butter pertama kali ditayangkan, lebih dari 3.900.000 orang menonton.

21. Sebagian besar pemirsa untuk pemutaran perdana video di YouTube

BTS melangkah lebih jauh dengan lagu BTS yang memiliki pemirsa terbanyak untuk tayangan perdana video apa pun di situs web.

22. Video musik YouTube yang paling banyak dilihat dalam 24 jam

Dalam 24 jam, BTS berhasil mendapatkan 108.200.000 penayangan untuk Butter, video musik yang paling banyak dilihat di platform.

23. Video musik YouTube yang paling banyak dilihat dalam 24 jam oleh grup K-Pop

Dengan 108.200.200 penayangan dalam 24 jam, BTS juga memiliki video musik K-Pop yang paling banyak dilihat dari lagu mereka Butter.

Itulah daftar 23 Rekor Dunia Guinness yang berhasil diraih oleh BTS. Dengan pencapaian mereka ini, para penggemar pun turut bangga dan senang. 

Baca juga: Wawancara Billboard dengan BTS Bikin Fans Geram, Begini Jawaban Cerdas RM

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top