You are here
Home > Kesehatan >

Jangan Lagi Minder, Ini 6 Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Ampuh

Cara menghilangkan bau ketiak
Bagikan

Munculnya bau tidak sedap pada bagian ketiak tentu akan membuat kamu merasa tidak percaya diri, bukan? Tak hanya bau tidak sedap, biasanya juga akan memicu keringat berlebih pada bagian ketiak. Dan lebih parahnya, kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja. Namun kamu jangan dulu khawatir, berikut ini beberapa cara menghilangkan bau ketiak yang cukup ampuh. 

Penyebab ketiak mengeluarkan bau tidak sedap

Cara menghilangkan bau ketiak
Penyebab bau ketiak tidak sedap. (Gambar: http://sweathelpnj.com)

Tubuh dilapisi oleh kulit yang memiliki kelenjar keringat, yaitu ekrin dan apokrin. Kelenjar ini berfungsi untuk menjaga suhu tubuh tetap normal. Kelenjar ekrin hampir menutupi sebagian besar kulit tubuh. Sementara itu, kelenjar apokrin biasanya terdapat pada area kulit yang ditumbuhi rambut, seperti selangkangan, ketiak, dan sekitar payudara.

Saat suhu tubuh meningkat, kelenjar keringat akan mendinginkan tubuh dengan mengeluarkan keringat. Kemudian, keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat apokrin ini mengandung lemak dan sangat mudah diurai oleh bakteri dibanding keringat kelenjar ekrin yang berbasis air. Itulah sebabnya di daerah ketiak, selangkangan, atau sekitar payudara bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Cara menghilangkan bau ketiak 

Munculnya bau menyengat dari ketiak dapat memengaruhi kepercayaan diri bukan? Namun, tak perlu khawatir jika masalah bau ketiak sering kali kamu hadapi. Ada banyak cara menghilangkan bau ketiak yang bisa dilakukan, beberapa di antaranya seperti dilansir dari laman Hello Sehat

1. Hindari konsumsi obat tertentu

Walaupun bau itu normal, ada beberapa orang yang berkeringat lebih banyak dari biasanya. Kondisi ini dikenal dengan hiperhidrosis. Penyebab keringat berlebihan atau hiperhidrosis yang menyebabkan ketiak menjadi bau adalah penggunaan obat tertentu, misalnya beberapa obat hipertensi atau antidepresan.

Jika bau ketiak sangat mengganggu, sebaiknya segeralah minta dokter untuk meresepkan obat lain yang efek sampingnya tidak meningkatkan produksi keringat. Untuk mengendalikan produksi keringat yang berlebihan, kamu perlu konsultasi pada dokter. Dokter akan memberikan obat sesuai kondisi sehingga bau ketiak dapat berkurang.

Baca Juga:  5 Mitos Rambut Rontok dan Fakta yang Sesungguhnya

2. Pakai deodoran atau antiperspiran

Memakai deodoran adalah cara paling sederhana untuk menghilangkan bau ketiak. Pasalnya, deodoran memiliki aroma yang bisa menutupi bau tidak sedap pada ketiak. Deodoran juga menyebabkan kulit ketiak jadi lebih asam yang bisa mencegah adanya reaksi antara keringat dengan bakteri.

Selain deodoran, kamu juga bisa menggunakan antiperspiran. Produk ini mengandung bahan aktif seperti aluminium klorida atau aluminium zirconium tetrachlorohydrex. Sedikit berbeda dengan deodoran, antiperspiran bekerja dengan cara memblokir kelenjar apokrin untuk memproduksi keringat.

Jumlah keringat pada ketiak akan lebih sedikit dan bau ketiak juga jadi berkurang. Saat ini, sudah banyak ditemukan produk yang menggabungkan deodoran dengan antiperspiran. Selain membantu mencegah ketiak basah dan bau, beberapa produk deodoran juga bisa mencegah ketiak hitam.

3. Menjaga kebersihan tubuh

Kurang menjaga kebersihan tubuh menyebabkan bakteri menempel dan sel kulit mati menumpuk. Akibatnya, kulit jadi kotor dan menimbulkan bau tidak sedap, terutama pada ketiak. Untuk mencegahnya, kebersihan diri perlu ditingkatkan sebagai cara menghilangkan bau ketiak.

Maka dari itu, terapkan kebiasaan mandi dua kali sehari. Gunakan sabun dan gosok kulit hingga bersih untuk menghilangkan bakteri di sekitar ketiak dan bagian tubuh lainnya. Setelah mandi, keringkan tubuh untuk mencegah kulit lembap dan bakteri berkembang biak dengan cepat.

4. Pilih pakaian yang tepat

Mencegah dan mengurangi bau ketiak bukan hanya fokus pada kebersihan tubuh saja. Kebersihan pakaian dan pilihan bahan pakaian juga harus diperhatikan. Mencuci baju hingga bersih, menambahkan pewangi, serta menjemurnya di bawah sinar matahari bisa mematikan bakteri. Tempat menyimpan baju juga harus bersih dan kering.

Jika kamu adalah tipe orang yang mudah berkeringat, sebaiknya pilih bahan pakaian yang harus terbuat dari serat alami seperti katun. Bahan katun memungkinkan kulit bernapas dan dapat menyerap keringat lebih baik dibanding wol atau polyester. Hindari menggunakan pakaian yang masih basah karena bisa menyebabkan bakteri berkembang lebih banyak.

Baca Juga:  Yayasan CARE Peduli: Kaum Perempuan Jadi Kelompok Rentan Pandemi Covid-19

5. Perhatikan menu makanan 

Mengatasi bau ketiak bisa dilakukan dengan cara memperhatikan kembali makanan yang kamu konsumsi. Pasalnya, ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan bau ketiak, seperti bawang-bawangan, makanan pedas dan panas, serta minuman beralkohol. Menghindari makanan di atas tersebut bisa menjadi cara efektif untuk mengurangi bau ketiak.

6. Cukur bulu ketiak

Mencukur bulu ketiak juga bisa menjadi cara ampuh menghilangkan bau ketiak. Sebuah studi dari Journal of Cosmetic Dermatology menyatakan bahwa mencukur ketiak dapat meminimalisir bau tak sedap. Rambut-rambut berlebihan di ketiak bisa menjadi sarang bakteri berkembang biak, terutama jika ketiak dalam keadaan basah.

Baca juga: Tak Hanya Sekadar Mencerahkan Kulit, Ini 5 Manfaat Rutin Pakai Body Lotion


Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top