You are here

6 Cara Agar Kehidupan Percintaan dan Karier Tetap Bisa Seimbang

Kehidupan percintaan dan karier tetap bisa seimbang

Ketika menjalani kehidupan karier yang bagus, umumnya banyak dari mereka yang mengabaikan tentang percintaan. Padahal nyatanya, kamu tetap bisa memiliki kehidupan percintaan dan karier yang seimbang jika dilakukan dengan cara tepat. Bagaimana caranya? Simak yuk beberapa cara agar kehidupan percintaan dan karier tetap bisa seimbang sehingga berjalan beriringan. 

Cara agar kehidupan percintaan dan karier tetap bisa seimbang 

kehidupan percintaan dan karier tetap bisa seimbang
Kehidupan percintaan dan karier tetap bisa seimbang. (Gambar: http://pexels.com)

Terkadang karier yang sukses tidak menjamin kamu memiliki kehidupan cinta yang mulus juga. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa membuat kehidupan cintamu sempurna tanpa harus mengganggu karir, lho. Bagaimana caranya? 

Pekerjaan sering membuat kamu lupa tentang semua hal, salah satunya urusan cinta. Bagi kamu yang sudah memiliki pasangan, hal ini sebenarnya bisa menjadi salah satu malapetaka yang akan timbul dalam sebuah hubungan. Secara tidak sadar kamu pun akan pelan-pelan menjauh dari dia. Tentu saja kamu tidak ingin memiliki pengalaman seperti ini bukan? Berikut ini beberapa cara agar kehidupan percintaan dan karier tetap bisa seimbang:

1. Tetapkan batasan

Baik itu waktu bekerja atau juga waktu sedang bersantai, pastikan kamu berkomunikasi dan menetapkan harapan jelas, tentang bagaimana kariermu bisa berjalan seimbang dengan kehidupan percintaan. Sebaiknya kamu dan pasangan membuat aturan bahwa ada waktu-waktu jam sibuk tertentu dan tidak ada waktu untuk melihat ponsel.

Gunanya kamu dan pasangan membuat aturan terkait dengan jam-jam sibuk tertentu agar bisa saling mengerti kegiatan masing-masing saat tidak bisa membalas pesan atau sulit dihubungi. Hal itu pun akan mengurangi rasa khawatir dan menghindari timbulnya rasa saling mencurigai. 

2. Menikmati waktu berkualitas saat sedang bersama

Sangat penting untuk menyempatkan waktu yang bisa dihabiskan bersama. Mungkin kamu dan pasangan bisa membuat momen spesial, seperti mencoba menjadwalkan kencan malam atau sekedar untuk menikmati secangkir kopi di kedai favorit. Intinya adalah mencari waktu bersama yang berkualitas untuk dinanti-nantikan.

Baca Juga:  Tanda-Tanda Gamophobia, Rasa Takut Berlebih Pada Pernikahan dan Komitmen

Setelah sibuk seharian penuh dengan berbagai urusan masing-masing, penting bagi kamu dan pasangan untuk tetap meluangkan waktu bersama. Buatlah suasana percintaan dengan pasangan tetap nyaman meskipun kehidupan kariermu sedang sibuk. Penting juga untuk diketahui, saat sedang menikmati waktu berkualitas dengan pasangan hindari topik pembicaraan tentang pekerjaan di kantor. Sebaiknya lakukan pembicaraan seputar hubungan kamu dan dia. 

3. Seimbangkan pengorbanan yang dilakukan untuk hubungan 

Jika salah satu atau kalian berdua ingin mengejar karier, diperlukan pengorbanan untuk itu. Terima dan akui pentingnya pengorbanan pasangan untuk membesarkan kariernya. Begitu pula dengan dirimu, capai tujuanmu yang mungkin belum bisa kamu capai. 

Saling mendukung satu sama lain, bisa menjadi kunci keseimbangan antara kehidupan percintaan dan karier. Hindarilah saling menyalahkan satu sama lain jika kalian sama-sama mengalami jam-jam sibuk di kantor. Jangan jadikan itu sebagai alasan untuk memilih antara kehidupan percintaan dan kariermu. 

4. Sampaikan apa yang kamu inginkan

Demi melakukan ini, kamu harus jujur ​​dan vokal. Jangan berasumsi bahwa pasanganmu selalu tahu persis apa yang kamu inginkan, begitu pula sebaliknya. Pelajari lebih lanjut tentang keinginan terdalam pasanganmu, dan temukan cara untuk berkontribusi pada keinginan satu sama lain. Semakin banyak kamu bertanya, semakin banyak kamu bisa berbuat sesuatu.

5. Saling Mengerti

Sering kali, pekerjaan membawa kita pada kondisi stres dan bahkan membuatmu emosi. Hubungan, bisa menjadi fondasi dan meminimalkan stres. Sering berkomunikasi dengan pasangan, sebagai cara meningkatkan suasana hati. Hubungan yang sukses seringkali menjadi langkah pertama menuju karir yang sukses. Pastikan kamu dan pasangan memiliki komitmen yang jelas di awal hubungan, ya.

6. Ciptakan semangatmu sendiri

Saat kamu merasa ada ketidakseimbangan dalam hubunganmu, seringkali karena masalah pembagian waktu. Mungkin kamu punya banyak waktu dan pasanganmu tidak. Daripada memaksa pasangan untuk bertindak romantis setiap saat, cobalah kejar sesuatu yang benar-benar kamu nikmati dan ajak pasanganmu untuk melakukan hal yang sama.

Baca Juga:  Pacaran dengan Teman Sekantor? Perhatikan 5 Hal Ini!

Pengekangan tidak ada hubungannya dengan cinta. Jadi lakukan apa pun yang menurutmu terbaik untuk dilakukan dalam bekerja. Jangan mudah cemburu dan curiga. Semakin kamu rela membiarkan pasanganmu pergi bekerja, maka semakin dekat ikatan antara kamu berdua. Saling mendukung karier pasangan, tentu bisa membuat pribadi masing-masing semakin berkembang bersama. 

Baca juga: Ini 5 Hal yang Harus Diwaspadai saat Punya Teman Toxic

Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top