You are here
Home > Gaya Hidup >

Wajib Tahu, Ternyata Ini 9 Tanda Kamu Membutuhkan Me Time

tanda kamu membutuhkan me time

Melakukan rutinitas yang sama secara berulang setiap harinya tentu akan menimbulkan rasa jenuh pada dirimu. Hal itulah yang membuat setiap orang pasti membutuhkan me time atau waktu untuk istirahat sejenak dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa tanda kamu membutuhkan me time

9 tanda kamu membutuhkan me time

tanda kamu membutuhkan me time
Tanda-tanda kamu membutuhkan me time. (Gambar: http://pixabay.com)

Perlu kamu tahu bahwa mendapatkan me time yang berkualitas mampu memberikan manfaat yang signifikan bagi pikiranmu, lho. Dengan me time yang mumpuni, tentu saja pikiranmu akan kembali fresh dan siap menjalani rutinitas yang biasa kamu lakukan.

Dan untuk itu, berikut ini beberapa tanda-tanda seseorang membutuhkan butuh me time. Apabila beberapa tanda-tanda di bawah ini muncul, ada baiknya untuk langsung meluangkan waktumu untuk me time, ya.

1. Merasa kesal ketika ada notifikasi dari smartphone

Tanda-tanda kamu butuh me time pertama adalah sebal dengan notifikasi yang muncul di smartphone mu. Tidak ada excitement dan rasa penasaran dengan bunyi notifikasi yang terdengar.

Apabila hal tersebut terjadi, kamu sepertinya memang membutuhkan me time yang berkualitas. Menurut konselor klinis, Paula Anderson, tubuh berusaha memberitahu untuk menjauh dari smartphone.

Jika tanda tersebut mulai muncul pada dirimu, cobalah menyendiri sejenak. Dan jika memang ada notifikasi yang memang perlu untuk dibalas, sempatkan untuk membalasnya. Namun apabila dirasakan tidak terlalu penting, kamu bisa mengabaikannya untuk sementara sampai keadaan dirimu jauh lebih baik. 

2. Semua kegiatan yang kamu lakukan terasa membosankan

Tanda berikutnya adalah segala sesuatu yang ada di sekitarmu tak ada lagi yang menyenangkan. Bahkan, hal-hal tersebut terasa begitu membosankan. Jika biasanya menikmati dan merasa bersemangat, itu menandakan bahwa kamu butuh menyendiri. Hal tersebut juga kerap ditandai dengan kebiasaan mengulur waktu untuk mengerjakan sesuatu.

Kamu bisa memanfaatkan waktu sepulang kerja ataupun akhir pekan untuk menyendiri. Lakukan hobi yang kamu senangi, bermeditasi, ataupun sekadar bersantai untuk kembali menyegarkan pikiran serta kondisi tubuhmu.

3. Cepat marah karena hal-hal kecil

Tak hanya semua hal baik itu musik atau film jadi membosankan, kamu pun tiba-tiba menjadi mudah marah walaupun disebabkan hal kecil. Hal kecil yang dimaksud bisa apa saja. Bahkan, orang-orang di sekitarmu yang tidak tahu apapun tentang keadaanmu, bisa saja terkena amarahmu yang menjadi-jadi tanpa ada alasan yang jelas.

Bila tanda tersebut sudah muncul, tak usah ragu untuk menenangkan dirimu terlebih dahulu. Kamu bisa berdiam diri di kamar atau jika memungkinkan, bisa pergi ke tempat wisata alam yang murah meriah, ya. 

4. Tubuh selalu merasa lelah 

Pernahkah kamu merasa tetap merasa lelah walau sudah cukup tidur? Sinyal tersebut bisa jadi tanda-tanda kamu harus me time apalagi jika ditambah dengan rutinitas sehari-hari yang justru semakin membuatmu tak bersemangat.

Kamu jangan sampai terbebani karena hal tersebut cukup lumrah. Tinggal bagaimana kamu menyikapinya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah menyempatkan waktu tertentu untuk rehat sejenak.

Salah satu cara yang paling mudah adalah menjauhkan smartphone dari jangkauanmu. Bisa saja smartphone jadi distraksi yang justru membuatmu tetap lelah. Di samping itu, kamu pun bisa menambah waktu istirahat dengan tidur siang.

5. Muncul rasa ingin bersembunyi dari banyak orang 

tanda kamu membutuhkan me time
Tidak ingin bertemu orang banyak. (Gambar: http://bobobox.com)

Merasa ingin bersembunyi dari kerumunan? Jika jawabannya iya, mungkin kamu harus mempertimbangkan me time. Pasalnya, hal tersebut termasuk tanda-tanda kamu harus meluangkan waktu untuk diri sendiri dan wajib diagendakan.

Rasa ingin bersembunyi merupakan sinyal yang diberikan oleh tubuh. Sinyal tersebut bisa jadi pertanda bahwa ada sesuatu yang off dan satu-satunya cara untuk mengatasi hal tersebut adalah me time.

Kalau kamu ingin me time, bicarakan baik-baik terlebih dahulu dengan pasangan atau keluargamu. Katakan pada mereka bahwa kamu membutuhkan waktu untuk menyendiri dan tidak ingin diganggu pada waktu tertentu.

6. Mulai mengonsumsi makanan secara berlebihan

Menyantap makanan enak memang bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Namun, jika kamu ingin menyantap makanan apapun, bisa jadi itu adalah tanda-tanda kamu butuh me time.

Pasalnya, rasa stres yang kamu rasakan bisa jadi yang mendorongmu untuk makan lebih banyak. Padahal, hal yang kamu butuhkan sebenarnya hanyalah waktu untuk menyendiri dan jauh dari keramaian.

Nah, jika itu terjadi, ada baiknya untuk coba bersantai sejenak. Cobalah mandi dengan air hangat agar tubuh menjadi rileks. Di samping itu, kamu pun bisa menyeduh teh chamomile untuk menambah relaksasi.

7. Timbul rasa cemas berlebihan 

Saat hal terjadi di luar apa yang kamu bayangkan, lumrah jika kamu merasa cemas. Namun, cemas berlebihan mungkin bisa jadi merupakan tanda-tanda kamu butuh me time sesegera mungkin.

Rasa cemas berlebihan tersebut kemungkinan muncul akibat tubuh dan pikiranmu terlalu lelah. Tubuh dan pikiranmu mengalami kelelahan yang amat dahsyat karena diterpa masalah tanpa henti.

8. Emosi cepat naik dan turun 

Tanda-tanda kamu butuh me time lainnya adalah emosi tak menentu bak roller coaster. Satu hal yang perlu kamu maklumi adalah kamu tak perlu ragu untuk mengekspresikan dirimu sendiri.

Jika kamu tiba-tiba merasa sedih, luapkan emosi tersebut dan menangislah. Jangan sampai kamu mengabaikan perasaan yang sedang kamu rasakan namun mulailah untuk menerimanya. Pastikan kamu mengungkapkan apa yang rasakan saat itu, jangan sampai menjadi bom waktu yang justru akan memberikan dampak tidak baik pada diri sendiri. 

9. Sering sakit

tanda kamu membutuhkan me time
Kondisi tubuh selalu tidak sehat. (Gambar: http://bobobox.com)

Tanda-tanda kamu butuh me time adalah kamu sering sakit. Pada kebanyakan kasus, keadaan mental bisa mungkin terganggu karena beberapa alasan seperti terlalu sering begadang dan tidur malam.

Jika kondisi tersebut terjadi terus menerus, biasanya, kamu akan sakit. Timbulnya penyakit inilah yang justru memaksa tubuh untuk beristirahat. Bisa dibilang sakit secara otomatis ‘memaksa’ tubuhmu untuk beristirahat. 

Alangkah baiknya untuk meminta izin satu atau dua hari untuk beristirahat. Jika hal yang kamu butuhkan adalah beristirahat, manfaat istirahat tersebut agar kamu kembali fresh.

Baca juga: 7 Rekomendasi Serial Netflix yang Bisa Temani Akhir Pekanmu Selama PPKM Darurat

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top