You are here
Home > Kecantikan >

Dijamin Ampuh, Ini 4 Cara Memutihkan Lutut

Cara memutihkan lutut

Memiliki kulit yang bersih tentu menjadi impian hampir semua orang. Namun, sayangnya sebagian dari kamu pasti ada yang mengalami kondisi kulit pada bagian lutut terlihat lebih gelap. Hal itu pun membuat rasa percaya dirimu sedikit menurun. Tak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa cara memutihkan lutut yang bisa kamu coba.

Mengapa kulit pada bagian lutut lebih gelap dibandingkan dengan area lainnya?

Cara memutihkan lutut
Penyebab kulit lutut hitam. (Gambar: http://beautynesia.com)

Kulit lutut yang terlihat lebih gelap adalah hal yang umum terjadi. Ini terjadi karena peningkatan melanin di area lutut yang kemudian terjadi kondisi yang disebut hiperpigmentasi. 

Hiperpigmentasi juga bisa disebabkan oleh iritasi kulit dan cedera. Orang dengan kulit gelap lebih mungkin mengembangkan kondisi ini, sehingga memiliki kulit lutut yang lebih gelap. Meski begitu, siapapun bisa saja mengalaminya. Ini bukanlah hal yang membahayakan, namun beberapa orang merasa penampilannya terganggu karena hal ini.

Cara memutihkan lutut dengan bahan alami

Salah satu cara memutihkan lutut yang bisa dipilih adalah menggunakan bahan-bahan alami. Cara ini juga bisa dengan mudah dilakukan di rumah. Namun perlu dicatat, cara-cara alami ini belum tentu berhasil pada setiap orang. Lagipula, para peneliti belum mempelajari lebih jauh mengenai solusi untuk memutihkan kulit lutut yang menghitam. 

Jika kamu tetap ingin mencoba cara memutihkan lutut dengan bahan-bahan alami, berikut daftar bahan yang bisa kamu gunakan:

1. Ekstrak teh hijau

Teh hijau mengandung senyawa yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG). Sebuah penelitian menemukan jika EGCG dapat membantu mencegah produksi enzim yang berperan dalam pembuatan melanin. 

Karena itu menggunakan ekstrak teh hijau dianggap bisa menjadi salah satu cara memutihkan lutut dengan mudah di rumah. 

Baca Juga:  Manfaat Sunscreen Bikin Wajahmu Tak Kena Penyakit Ini Lho!

Tapi sebagai catatan, tidak banyak penelitian yang mendukung penggunaan ini. Karena masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat ekstrak teh hijau dalam mencerahkan kulit. 

2. Kunyit sebagai cara memutihkan lutut

Kunyit adalah salah satu rempah yang umum digunakan sebagai bumbu dapur. Tetapi kunyit juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, salah satunya karena kaya kandungan kurkumin yang baik untuk tubuh. 

Menurut sebuah penelitian pada 2012 lalu, kurkumin berpotensi untuk mencerahkan kulit. Kandungan kunyit tersebut mampu membantu proses yang menyebabkan terjadinya pigmentasi kulit. Kamu bisa mencoba resep dengan mencampur setengah sendok teh kunyit dengan satu sendok makan yoghurt atau madu. Aduk bahan tersebut dan oleskan ke lutut. 

Tunggu sekitar 10 hingga 15 menit dan bilas hingga bersih. Kamu bisa melakukannya 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk mendapat hasil yang maksimal. 

3. Ekstrak teh hitam

Sebuah penelitian pada marmut membuktikan ekstrak teh hitam dapat membantu mencerahkan kulit. Peneliti menyimpulkan bahwa ekstrak teh hitam mencegah perkembangbiakan melanin pada marmut dan mencerahkan area kulit yang gelap. 

Penelitian lain yang dilakukan pada 2015 lalu mendukung temuan mengenai efektivitas ekstrak teh hitam yang mampu meringankan bintik pada kulit marmut. 

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa ekstrak teh hitam yang diaplikasikan pada sel kulit melanosit tikus dapat mencegah produksi dan sintesis melanin. Manfaat tersebut dapat dikembangkan dan mungkin ekstrak teh bisa digunakan dalam produk kosmetik. 

4. Oleskan lidah buaya sebagai cara memutihkan lutut yang hitam

Lidah buaya dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang bisa menenangkan kulit. Tumbuhan ini banyak digunakan untuk meredakan panas kulit yang terbakar sinar matahari. Atau digunakan untuk meredakan efek iritasi kulit ringan lainnya. 

Baca Juga:  7 Kebiasaan Buruk yang Bikin Rambut Rusak, Apa Saja?

Selain itu ternyata lidah buaya juga bisa membantu mencerahkan kulit. Kamu bisa menggunakannya dengan cara mengoleskan lidah buaya ke area kulit yang terlihat lebih gelap. Manfaat ini telah diuji melalui sebuah eksperimen pada manusia. Walaupun dalam penelitian yang diuji adalah seputar efek lidah buaya dalam mengatasi penggelapan kulit akibat matahari. 

Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba, mungkin akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan untuk lututmu. Kamu bisa menggunakan krim atau gel lidah buaya yang banyak dijual bebas, lalu mengoleskannya ke area lutut yang menghitam.

Hindari memakai produk pencerah kulit sembarangan

Beberapa orang enggan untuk memilih bahan-bahan alami dan lebih suka menggunakan produk pencerah kulit yang banyak dijual bebas.

Jika ingin menggunakannya, kamu harus waspada. Beberapa produk mungkin tidak aman untuk kulitmu. Sebelum membeli produk pencerah kulit sebaiknya baca dengan teliti kandungannya dan sebaiknya hindari produk dengan kandungan:

  • Hidrogen peroksida
  • Merkuri
  • Hidroquinon
  • Steroid

Terakhir, apabila kamu memilih produk perawatan kulit, sangat disarankan untuk memastikan keamanan produk tersebut terlebih dahulu. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan konsultasikan dengan ahlinya. Penggunaan krim mengandung hidroquinon dan steroid membutuhkan pengawasan langsung oleh dokter. 

Baca juga: Hati-Hati, Ini Deretan Masalah Kulit yang Timbul Akibat Jarang Ganti Seprai

Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top