SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, July 16, 2024
spot_imgspot_img
HomeKecantikanIngat KLIKK, Cara Cerdas Memilih Kosmetik

Ingat KLIKK, Cara Cerdas Memilih Kosmetik

MediaGoKosmetik adalah bahan atau sediaan yang digunakan pada bagian luar tubuh manusia (epidermis, rambut, kuku, bibir, dan organ genital bagian luar) atau gigi dan mukosa mulut untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan, melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi yang baik.

Semua orang menggunakan kosmetik mulai dari bayi sampai orang tua. Contoh kosmetik seperti shampo, pasta gigi, sabun, lipstik, bedak, parfum, dan lain-lain. Namun yang harus dipahami adalah setiap kosmetik hanya diedarkan setelah mendapatkan izin edar.

Baca juga: Waspada! Ini 5 Ciri Alergi Kosmetik, Jangan Disepelakan

Izin edar tersebut berupa notifikasi dari BPOM, dikecualikan Kosmetik yang digunakan untuk penelitian dan sampel kosmetik untuk pameran dalam jumlah terbatas dan tidak diperjualbelikan. setiap Penandaan kosmetik harus mencantumkan pendanaan informasi yang lengkap.

Memilih kosmetik yang aman sebenarnya cukup mudah. Cukup ingat slogan KLIKK, yaitu Kemasan, Label, Izin Edar berupa Notifikasi, Keunggulan dan Cara penggunaan, Kadaluarsa. Dengan mengingat KLIKK dapat mengurangi kesalahan penggunaan atau bahkan akibat buruk dari penggunaan kosmetik. 

1. Kemasan

Kemasan memiliki peranan yang sangat strategis untuk dapat melimdungi isi kosmetik dari pengaruh luar, sepertui pengaruh udara, kelembapan, cahaya, dan lain-lain yang mengakibatkan penurunan kualitas mutu kosmetik.

Pada saat memilih kosmetik pastikan kemasan kosmetik dalam keadaan baik seperti tidak rusak, cacat, atau jelek). Jangan memilih kosmetik yang kemasannya rusak (menggelembung atau penyok).

Baca juga: 8 Urutan Memakai Skincare di Malam Hari yang Benar

Memiliki warna, bau dan konsistensi produk baik, Bentuk dan warna stabil serta tidak ada bercak kotoran dan Pilih kosmetik dengan penandaan yang baik, tidak lepas atau terpisah dan tidak luntur sehingga informasi dapat terbaca dengan jelas.

Jangan sembarang memilih kosmetik karena tergiur harga murah.
Jangan sembarang memilih kosmetik karena tergiur harga murah.

2. Label

Label adalah infirmasi penting yang diperuntukan untuk konsumen, Setiap kosmetik wajib mencantumkan penandaan atau label yang benar. Ketika memilih kosmetik pastikan label kosmetik tersebut lengkap dan jelas yang mencantumkan minimal nama kosmetik.

Kegunaan, cara penggunaan, Komposisi, nama dan negara produsen, nama dan alamat lengkap pemohon notifikasi, nomor bets, ukuran, isi atau berat bersih, tanggal kedaluwarsa, peringatan atau perhatian dan keterangan lain yang dipersyaratkan, dan nomor notifikasi.

3. Izin Edar berupa Notifikasi

Pastikan kosmetik yang digunakan sudah memiliki izin edar berupa notifikasi dari BPOM. Nomor notifikasi dari BPOM ditandai dengan kode NA untuk produk Asia, NB untuk produk Australia, ND untuk produk Afrika, NE untuk  produk Amerika dan NC untuk produk Eropa dengan diikuti 11 digit angka.

Baca juga: Apakah Kamu Pemilik Kulit Sensitif? Begini 5 Cara Melindunginya

Nomor izin edar tersebut wajib tercantum pada label produk yang menandakan bahwa produk kosmetik tersebut telah melalui evaluasi mutu dan keamanan sehingga layak untuk diedarkan dan digunakan oleh masyarakat.

Apabila terdapat keraguan terhadap nomor notifikasi, masyarakat dapat mengecek di website resmi BPOM yaitu www.cekbpom.pom.go.id dan melalui aplikasi di playstore dengan aplikasi bernama Cek BPOM. 

4. Kegunaan an Cara Penggunaan

Pada setiap produk kosmetik pada bagian label wajib mencantumkan kegunaan dan cara penggunaan supaya tidak terjadi kesalahan atau kekeliruan saat menggunakan produk kosmetik, bacalah dengan cermat kegunaan dan cara penggunaan yang tercantum pada kemasan sebelum memakai kosmetik. Pilihlah kosmetik yang sesuai kebutuhan.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Rambut Kering yang Mudah Dilakukan Di Rumah

5. Kedaluwarsa

Setiap produk kosmetik wajib mencantumkan waktu kedaluwarsa sebagai jaminan mutu produk kosmetik tersebut oleh produsen sepanjang penyimpanannya sesuai dengan yang tercantum pada label. Jangan lupa untuk melihat tanggal kedaluwarsa pada label produk pastikan produk kosmetik yang digunakan tidak melewati tanggal kadaluwarsa.

Kosmetik yang kedaluwarsa dapat menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan. elain tanggal kedaluwarsa kosmetik yang sudah lewat, faktor yang bisa membuat kosmetik cepat rusak, di antaranya adalah segel yang telah terbuka. 

Itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat memilik kosmetik. Jangan sampai tergiur harga murah dan kelalaian memilih kosmetik membuat kita menyesal dengan hasilnya. Jadi, berhati-hatilah..

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular