You are here
Home > Kecantikan >

Hati-Hati, Ini 4 Efek Minum Kopi Berlebihan Bagi Kesehatan Kulit

Efek minum kopi berlebihan bagi kesehatan kulit

Kopi memang menjadi minuman favorit banyak orang. Terutama bagi orang-orang yang memiliki kesibukan dan jadwal padat, mereka cenderung lebih senang mengonsumsi kopi untuk menemani hari yang sibuk. Namun tahukah kamu, efek minum kopi berlebihan bagi kesehatan kulit? Berikut penjelasannya.

Bagaimana minuman kopi bisa memengaruhi kesehatan kulit?

Efek minum kopi berlebihan bagi kesehatan kulit
Efek minum kopi berlebihan bagi kesehatan kulit. (Gambar: http://idntimes.com)

Melansir penjelasan dari laman OLAY, Kandungan kafein dalam kopi adalah dehidrator, mirip dengan alkohol dan natrium, dan ketika tubuh kekurangan semua hidrasi penting, itu juga bisa muncul di kulit.

Meskipun kopi tidak menyebabkan jerawat, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat memperburuk keadaan kulit apabila sedang berjerawat. Kafein membuat kamu merasa waspada dan terjaga, tetapi juga menyebabkan respons stres yang meningkat di dalam tubuh. 

Hormon stres, seperti kortisol, dapat meningkatkan jumlah minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous yang berarti lebih rentan terhadap jerawat. Selain kandungan kafein, cara kamu menikmati kopi juga dapat berpengaruh pada kulit. Bahan utama dari secangkir kopi atau teh termasuk susu dan gula, dua dari empat makanan pemicu jerawat teratas membuat kulit lebih rentan berjerawat.

Efek minum kopi berlebihan bagi kesehatan kulit  

Efek minum kopi berlebihan bagi kesehatan kulit
Efek minum kopi berlebihan bagi kesehatan kulit. (Gambar: http://pixabay.com)

Kandungan kafein dalam kopi berfungsi menjadi stimulus dalam tubuh yang memanipulasi kadar dopamin. Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi kopi seringkali kita bisa merasa lebih tenang dan senang.

Kafein dalam kopi juga dapat menambah energi dalam tubuh dan dipercaya dapat meningkatkan mood. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa kopi dipilih sebagai minuman yang dikonsumsi di pagi hari atau sebelum beraktivitas.

Namun perlu diketahui, terlalu berlebihan mengonsumsi kopi dapat mengganggu kesehatan tubuh. Salah satunya adalah kesehatan kulit.

Tak banyak diketahui, berikut adalah 4 efek buruk dari meminum kopi secara berlebihan bagi kesehatan kulit seperti dilansir dari laman Beautynesia

1. Membuat kulit kering

Terlalu banyak mengonsumsi kopi dapat menimbulkan resiko dehidrasi bagi tubuh. Kekurangan cairan tentu saja akan berdampak pada kulit yang mana kulit akan terasa kering dan tidak sehat.

2. Membuat kulit kusam

Menurut National Coffee Association, mereka yang minum kopi teratur berisiko mengalami kerusakan kulit sebelum waktunya. Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit. Bila ini terjadi pada pembuluh darah di permukaan kulit, pembentukan antioksidan dan nutrisi akan terhalangi, sehingga menghambat produksi kolagen.

Kafein yang berlebih dapat berpengaruh terhadap hormon dalam tubuh. Terlalu banyak kafein dapat meningkatkan hormon stress dan mengurangi produksi kolagen. Kolagen dalam tubuh berfungsi untuk mencerahkan kulit. Maka saat tubuh kekurangan kolagen, kulit akan terlihat kusam dan tidak bercahaya.

3. Membuat kulit keriput atau menua

Mengonsumsi kafein secara berlebih juga dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah. Hal ini akan menyebabkan terhambatnya pembentukan antioksidan dan nutrisi bagi kulit. Sehingga kulit rentan mengalami penuaan dini dan keriput.

4. Memicu jerawat

Kandungan kafein dalam kopi dapat memicu reaksi berlebihan pada kelenjar adrenaline. Hal ini berdampak akan meningkatnya produksi hormon kortisol. Ketidakstabilan hormon ini akan memicu timbulnya jerawat. Selain itu, mengkonsumsi kopi berlebihan akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh yang juga dapat memicu timbulnya jerawat.

Itulah 4 efek minum kopi berlebihan bagi kesehatan kulit. Namun bukan berarti kita tidak boleh minum kopi lho, hanya saja perlu dibatasi. Jadi pastikan kamu tidak terlalu berlebihan dalam mengonsumsi kopi, ya. 

Batasan minum kopi

Efek minum kopi berlebihan bagi kesehatan kulit
Batasan minum kopi. (Gambar: http://pixabay.com)

Menurut Miami Skin Institute, batas maksimal yang aman untuk minum kopi yang adalah dua gelas setiap harinya. Jadi sebaiknya kurangi asupan kopi harianmu jika sudah lebih dari itu. 

Karena selain tidak baik untuk kulit, terlalu banyak minum kopi akan membuat kamu terus terjaga terus dan kurang bisa mendapatkan istirahat yang berkualitas di saat-saat jam tidur. Tentunya ini akan memengaruhi pola tidurmu dan berdampak kurang baik untuk kesehatan.

Buat kamu peminum kopi, banyak minum air putih dapat menyeimbangkan kesehatanmu. Air dapat menetralkan kafein yang kamu tenggak dan mengembalikan pH tubuhmu ke kondisi normal.

Baca juga: Selain Kopi, Ini 5 Minuman Anti Ngantuk yang Bisa Kamu Coba

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top