You are here
Home > Kecantikan >

5 Masker Alami yang Cocok untuk Wajah, Bikin Kulit Lebih Glowing

Masker alami yang cocok untuk wajah

Memiliki kulit wajah yang sehat dan glowing tentu saja menjadi dambaan setiap wanita. Meskipun sudah terlahir dengan kulit bersih dan merona, menjaga kesehatan kulit wajah itu juga tetap penting dilakukan, lho. Salah satunya dengan rutin menggunakan masker alami yang cocok untuk wajah. 

Masker alami yang cocok untuk wajah

Tak hanya masker dari dokter atau berbahan dasar kimia, kamu juga dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk dijadikan masker wajah. Bahan-bahan alami ternyata banyak mengandung nutrisi dan vitamin yang baik bagi kulit wajah.

Masker dengan bahan alami akan lebih efektif untuk membuat kulit wajah lebih cerah, segar, dan bersih. Cara membuat masker dari bahan alami juga tidaklah susah. Jadi, bahan alami apa saja sih yang bisa digunakan sebagai masker wajah? Simak yuk beberapa masker alami yang cocok untuk wajah seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Putih telur

Masker alami yang cocok untuk wajah
Masker wajah dari bahan putih telur. (Gambar: http://alodokter.com)

Umumnya untuk membuat berabgai macam kue atau pastry, kuning telurlah yang akan dipisahkan dan digunakan. Namun tak banyak yang tahu, bahwa putih telurnya juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan, lho. 

Menjadikan putih telur menjadi masker wajah adalah solusi tepat untuk merawat kulit. Daripada dibuang, kamu dapat mengolah putih telur menjadi masker wajah. Putih telur memiliki banyak nutrisi untuk tubuh dan kulit.

Putih telur memiliki tekstur yang kental dan lengket. Justru kelengketan dari putih telur akan mengencangkan dan menghilangkan minyak yang berlebih pada kulit wajah. Dengan menggunakan masker putih telur secara rutin, tentunya wajah akan terlihat lebih cerah dan segar.

2.  Lidah buaya

Masker alami yang cocok untuk wajah
Masker wajah dari bahan lidah buaya. (Gambar: http://halodoc.com)

Ekstrak lidah buaya sudah tidak jarang ditemui dalam produk-produk kecantikan. Lidah buaya seringkali diolah menjadi gel dan dijual sebagai moisturizer untuk wajah. Penggunaan lidah buaya sebagai produk moisturizer sudah menjadi tren karena banyaknya influencer yang mempromosikannya.

Banyak orang suka dengan sensasi dingin saat menggunakan gel lidah buaya. Lidah buaya dapat mengurangi iritasi dan gatal-gatal pada kulit. Selain itu, lidah buaya juga mengandung banyak vitamin, seperti vitamin C, vitamin E, dan vitamin A. Kandungan antioksidan pada lidah buaya juga membantu menangkal radikal bebas pada kulit.

Lidah buaya sebenarnya memiliki banyak manfaat lain selain digunakan sebagai masker wajah, juga dapat dikonsumsi secara langsung dan memberikan banyak nutrisi bagi tubuh. Selain itu, lidah buaya berkhasiat untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan membuat rambut menjadi semakin tebal. 

3. Jeruk

Masker alami yang cocok untuk wajah
Masker wajah dari bahan buah jeruk. (Gambar: http://pexels.com)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jeruk merupakan buah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Seringkali buah ini digunakan sebagai perasa vitamin dan minuman karena banyak sekali orang yang suka, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Rasanya yang manis dan segar membuatnya mudah disukai oleh banyak orang.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, kandungan vitamin C pada jeruk dapat mencerahkan kulit wajah. Ekstrak jeruk dipercaya dapat membuat kulit wajah lebih cerah dan merona. Kulit kusam dapat berkurang dengan bantuan vitamin C dari jeruk.

Dalam menggunakan buah jeruk sebagai masker, kamu dapat menggunakan isi buah dan bahkan kulit jeruknya. Untuk mengolah isi buah jeruk menjadi masker, kamu hanya perlu memeras air jeruk. Setelah itu, oleskan pada seluruh wajah dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Lakukan prosedur ini setiap hari agar dapat merasakan perubahannya.

Kandungan antioksidan pada kulit jeruk dapat membantu untuk memperbaiki kerusakan pada kulit wajah karena radikal bebas. Gunakanlah masker dari jeruk ini secara rutin agar hasilnya terlihat dan wajahmu semakin merona.

4. Alpukat

Masker alami yang cocok untuk wajah
Masker wajah dari bahan alpukat. (Gambar: http://pexels.com)

Alpukat sering dikonsumsi sebagai jus untuk kesehatan. Jus alpukat yang dingin dan segar, dibalur dengan susu kental cokelat yang manis, serasa memanjakan seluruh isi mulut. Kesegaran dan kelezatan alpukat membuatnya disenangi banyak kalangan.

Perlu kamu tahu bahwa alpukat memiliki banyak kandungan yang baik bagi kulit wajah. Keriput dan penuaan dini dapat berkurang dengan cara menggunakan alpukat secara rutin sebagai masker wajah.

Selain itu, alpukat juga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin E, vitamin C, dan karotenoid antioksidan. Vitamin E berfungsi untuk mencegah terjadinya penuaan dini pada wajah. Tanda-tanda penuaan dini ini muncul karena kulit wajah terlalu lama terkena paparan sinar matahari.

 5. Madu dan susu

Masker alami yang cocok untuk wajah
Masker wajah dari bahan madu dan susu. (Gambar: http://pexels.com)

Madu merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk wajah. Kegunaan utama madu adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulit wajah semakin cerah. Kandungan antibiotik dalam madu dapat menghilangkan bakteri buruk pada kulit wajah. Apabila tidak ada bakteri buruk, maka risiko tumbuhnya jerawat akan jauh lebih berkurang.

Demikian pula dengan susu, mengandung banyak nutrisi untuk kebaikan kulit wajah. Susu kaya dengan vitamin D dan vitamin B6 yang dapat menambah produksi kolagen pada wajah. Kolagen dapat mengurangi kerutan dan membantu kulit wajah terlihat sehat dan merona. Ditambah lagi, susu juga memiliki kemampuan untuk memutihkan kulit wajah.

Untuk membuat masker dari susu dan madu, kamu harus menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Pastikan kamu menggunakan madu murni dan susu sapi asli. Selain itu, sediakan pula kapas untuk membantu mengaplikasikan masker ke permukaan wajah.

Baca juga: 7 Manfaat Konsumsi Buah Jeruk, Baik untuk Pencernaan Hingga Cegah Anemia

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top