You are here
Home > Kecantikan >

7 Penyebab Kulit Wajah Bruntusan

Penyebab kulit wajah bruntusan

Mediago.id – Penyebab kulit wajah bruntusan atau berbintik-bintik ada banyak macamnya, lho. Sebenarnya bruntusan ini memang bukanlah suatu kondisi medis yang serius, hanya saja keadaan kulit yang permukaannya terasa kasar dan tidak rata. Ketika kamu meraba, akan terasa seperti bintik kecil yang menonjol di permukaan kulit. Lalu, apa penyebab kulit wajah bruntusan? Simak penjelasannya berikut ini, yuk. 

Apa itu Bruntusan?

Bruntusan adalah munculnya benjolan-benjolan kecil di kulit wajah yang menyebabkan tekstur kasar serta tidak rata saat kamu menyentuhnya. T-Zone atau area pada dahi hingga hidung dan pipi adalah area wajah yang paling rentan mengalami bruntusan.

Jenis atau penyebab bruntusan di kulit wajah itu ada beragam lho. Pada banyak kasus penyebabnya sederhana, seperti pori-pori yang tersumbat. Namun pada kasus yang langka, bruntusan juga bisa disebabkan kondisi berbahaya seperti kanker kulit.

Penyebab Kulit Wajah Bruntusan

Penyebab kulit wajah bruntusan
Penyebab bruntusan pada kulit. (Gambar: http://indozone.id)

Sebelumnya perlu kamu ketahui bahwa bruntusan bisa muncul di bagian tubuh selain wajah. Kemudian bruntusan juga bisa timbul hanya di bagian tertentu saja, namun, bisa juga muncul secara berkelompok di beberapa area tubuh. 

Daerah-daerah yang rawan timbulnya bruntusan yaitu seperti bagian T-zone (dahi, hidung, dan dagu). Kemungkinan lainnya, bruntusan juga bisa muncul di bagian punggung, leher, lengan, bahu, dan bahkan dada. Berikut ini beberapa penyebab kulit wajah bruntusan: 

1. Paparan sinar matahari dan keringat

Penyebab utama munculnya bruntusan di dahi ketika wajah terpapar panas sinar matahari secara berlebihan. Hal itu menimbulkan kelenjar keringat pada tubuh tersumbat. Tentu saja akibatnya akan membuat kulit iritasi, dan munculnya bruntusan berwarna kemerahan. Ketika kamu mengalami hal ini biasanya akan terasa gatal dan kasar. 

2. Terkena kotoran rambut 

Penyebab kulit wajah bruntusan yang berikutnya adalah kotoran dari rambut. Malas membersihkan rambut ternyata bisa menjadi salah satu penyebab bruntusan lho. Apalagi ketika setelah melakukan aktivitas dan berkeringat kamu tidak langsung membersihkannya, tentu saja kotoran tersebut akan menempel di wajah. 

Jika kondisi rambut tidak terlalu bersih, pastikan tidak menutupi muka saat sedang beraktivitas ya. Kemudian, pastikan juga kamu membersihkan wajah jika terkena keringat atau ada rambut yang menempel. 

3. Sisa makeup dan pembersih wajah

Ketika seharian melakukan kegiatan banyak orang cenderung malas membersihkan makeup. Ada juga yang membersihkan makeup tetapi karena terlalu lelah sehingga buru-buru dan tidak bersih. Jika hal tersebut sampai terjadi akibatnya, sisa makeup dan sisa bahan pembersih wajah menjadi residu di pori-pori kulit. Hal itu menjadi faktor timbulnya bruntusan pada kulit. 

4. Tidak melakukan eksfoliasi kulit

Penyebab bruntusan di kulit wajah yang selanjutnya adalah kurangnya eksfoliasi. Sebenarnya eksfoliasi ini penting untuk dilakukan apalagi bagi kamu yang memiliki banyak kegiatan di luar rumah. Tujuan dari eksfoliasi ini untuk pengelupasan sel-sel kulit mati. 

Eksfoliasi ini sama pentingnya dengan membersihkan dan melembabkan kulit. Jadi jika kamu jarang melakukan eksfoliasi, sel-sel kulit mati bisa menumpuk dan jika tercampur bakteri bisa menimbulkan bruntusan itu.

5. Alergi produk perawatan wajah

Penyebab bruntusan di kulit wajah yang berikutnya adalah alergi pada produk tertentu. Perlu kamu ingat bahwa setiap produk kecantikan khususnya untuk perawatan wajah memiliki kandungan yang berbeda-beda sesuai dengan jenis kulit.

Sebelum menggunakannya, kamu perlu teliti membaca kandungan apa saja yang ada di dalam produk tersebut. Kenali terlebih dahulu kondisi kulitmu, bisa jadi kamu punya alergi dengan kandungan fragrance, alkohol, atau natural oil yang digunakan dalam produk-produk perawatan wajahmu.

Jika bruntusan tidak segera hilang setelah beberapa lama memakai produk perawatan tersebut, sebaiknya segera hentikan pemakaiannya.

6. Peralatan makeup yang kotor

Sangat disarankan untuk rutin membersihkan kuas dan spons makeup yang terus-menerus dipakai jika tidak justru akan menimbulkan bruntusan bahkan jerawat yang akut. Bersihkan secara rutin dan ganti peralatan makeup kamu jika memang sudah tidak layak dipakai.

7. Sarung bantal dan handuk kotor

Penyebab bruntusan di kulit wajah yang mungkin kurang kamu perhatikan adalah, kebersihan barang-barang disekitar. Beberapa di antaranya adalah sarung bantal dan handuk. Itu sebabnya kamu harus rajin mengganti seprei dan sarung bantal, juga menyediakan handuk khusus untuk mengeringkan wajah. Karena jika wajah menempel di sarung bantal yang kotor atau dilap dengan handuk lembab yang kurang bersih, hasilnya adalah penumpukan bakteri.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top