SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Sunday, April 14, 2024
spot_imgspot_img
HomeKecantikanManfaat Sunscreen Bikin Wajahmu Tak Kena Penyakit Ini Lho!

Manfaat Sunscreen Bikin Wajahmu Tak Kena Penyakit Ini Lho!

MediaGo – Manfaat sunscreen untuk wajah kamu ternyata sangat banyak loh. Perlu diketahui sunscreen sendiri merupakan salah satu rangkaian basic skincare yang wajib dipakai setiap hari. Fungsinya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang akan merusak kulit.

Sunscreen memiliki tingkat Sun Protection Factor (SPF) yang berbeda, mulai dari SPF 15, SPF 20, SPF 30, sampai SPF 50. SPF ini adalah penentu seberapa lama sih kamu bisa berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama memakai produk tersebut. Semakin tinggi SPFnya, maka sunscreen tersebut bisa melindungi kulit lebih lama lho!

manfaat sunscreen
freepik.com

Meski begitu, kamu tetap perlu re-apply sunscreen 2-3 jam sekali ya, agar proteksi yang lebih optimal. Tak cuma itu, sunscreen juga tetap digunakan meski skin barrier rusak. Tak hanya itu, ternyata masih banyak nih yang lupa atau malas menggunakan sunscreen setiap harinya. Padahal ada banyak manfaat sunscreen yang kamu rasakan ketika menggunakannya tiap hari, apa saja?

Manfaat Sunscreen untuk Kulit Wajah

1. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Perlu diketahui, kulit yang terpapar sinar ultraviolet (UV) bisa mengakibatkan kerusakan, baik langsung maupun bertahap. Biasanya, kerusakan kulit ini mulai muncul dan menyebabkan masalah pada usia 40 tahun ke atas, setelah bertahun-tahun kulit terkena paparan sinar UV.

Meski tidak terlihat, sebaiknya dijaga dari sekarang ya. Untuk itu kamu wajib menggunakan sunscreen setiap harinya untuk melindungi kulit dari sinar UV.

2. Menunda Penuaan Dini

Manfaat sunscreen yang selanjutnya sebagai penunda penuaan dini. Yap, sunscreen dapat menunda tanda-tanda penuaan dini di wajah kamu, seperti garis-garis halus, kerutan, dan kasar. Hal ini disebabkan penurunan elastisitas kulit sehingga menjadi kendur dan kusam.

manfaat sunscreen
freepik.com

3. Menjaga Kulit agar Tetap Cerah

Pernah gak sih mengalami kulit kusam, warna kulit tidak merata, atau kulit belang? Nah salah satu penyebabnya ternyata karena tidak menggunakan sunscreen setiap harinya.

Jika kamu rutin menggunakan sunscreen, kulitmu akan terhindar dari belang atau flek hitam. Selain itu kulit kamu juga akan terlihat lebih cerah karena perlindungan sunscreen. Tapi ingat ya, meskipun kamu di rumah aja sunscreen juga perlu digunakan lho!

4. Mencegah Kanker Kulit

Tak cuma terpapar dari sinar UVA dan UVB, memakai sunscreen setiap hari dapat menurunkan risiko terkena kanker kulit, khususnya melanoma. Jenis kanker kulit ini biasanya dialami wanita berusia 20 tahun.

Meskipun tidak terasa langsung efeknya namun jika tidak menggunakannya, dalam jangka panjang kanker kulit bisa dialami siapapun. Untuk itu rajin menggunakan sunscreen dan re-apply setiap 2-3 jam sehari. Selain itu kamu perlu menggunakan sunscreen yang aman setiap hari.

5. Mencegah Munculnya Komedo

Komedo pasti menjadi salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu, bukan? Penyebab munculnya komedo, salah satunya di latar belakangi oleh paparan sinar matahari. Maka dari itu, penting buat kamu, yang memiliki kulit wajah yang rentan berjerawat untuk memakai sunscreen. Saat membeli sunscreen pilihlah produk yang cocok dengan jenis kulit wajah kamu ya!

manfaat sunscreen
freepik.com

6. Mencegah Kulit Terbakar

Salah satu manfaat sunscreen lainnya adalah mencegah kulit terbakar. Bila terlalu lama melakukan aktivitas di bawah sinar matahari, lama kelamaan dapat membuat wajahmu jadi memerah. Hal ini mengakibatkan kulit menjadi belang atau terbakar jika sinar matahari terlalu panas atau terpapar terlalu lama. Dengan pemakaian sunscreen, kulit wajah menjadi terlindungi.

Rekomendasri Sunscreen yang Pas di Kantong

Nah, setelah tahu nih manfaat dari sunscreen untuk kulit wajah kamu, kira-kira bingung gak sih mau pilih atau beli sunscreen merk apa? Kali ini akan dibahas beberapa sunscreen yang harganya pas di kantong kamu!

1. Innisfree Perfect UV Protection Stick

Produk sunscreen dari Innisfree ini mudah dibawa ke mana-mana karena memiliki bentuk seperti stick. Kandungan yang ada di dalamnya mampu memberikan perlindungan kulit dari sinar UV. Selain itu, tabir surya ini juga mampu melindungi kulitmu dari kerutan dan dapat mencerahkan kulit wajah.

2. Biore UV Aqua Rich Watery Essence

Biore UV Aqua Rich Watery Essence menjadi produk sunscreen favorit saat ini. Sunscreen satu ini mampu melindungi kulitmu dari cahaya matahari dengan perlindungan hinggan SPF 50. Memiliki formulasi watery capsule, membuat sunscreen ini nyaman dikulit dan tahan terhadap keringat maupun air. Mengandung beauty essence membuat Biore UV Aqua Rich Watery Essence bisa kamu jadikan sebagai base makeup lho!

3. Wardah Sunscreen SPF 30

Sunscreen dari Wardah ini terbilang murah dengan kualitasnya yang cukup bagus. Dengan kandungan SPF 30, tambahan vitamin E dan B5, serta ekstrak aloe vera membuat sunscreen ini dapat menjaga kelembaban sekaligus melindungi kulit dari efek buruk lingkungan. Teksturnya juga ringan dan gak bikin lengket saat digunakan.

4. Skin Aqua UV

Suncreen ini mampu memberikan perlindungan ganda terhadap sinar UVA dan UVB. Selain itu, Skin Aqua UV juga mengandung Improved Hyaluronic Acid (AcHA) dan kolagen yang berfugsi untuk melembapkan, melembutkan dan mempertahankan elastisitas kulit.

Terdapat dua jenis produk Skin Aqua UV yaitu Skin Aqua UV Mositure Milk dan Skin Aqua UV Mositure Gel. Skin Aqua UV Mositure Milk mengandung SPF 50 dan PA+++, sedangkan Skin Aqua UV Mositure Gel mengandung SPF30 dan PA++. Bagi kamu yang memiliki kulit normal dan berminyak, lebih baik menggunakan Skin Aqua UV Mositure Gel.

5. Bioderma Photoderm AKN Mat

Jika kamu memilki jenis kulit berminyak, sunscreen ini bisa menjadi pilihanmu. Kandungan fluidactiv di dalamnya dapat meningkatkan kualitas sebum sehingga pori-pori menjadi gak tersumbat. Selain itu, sunscreen ini juga mempu melindungi sel, gen dan kepadatan jaringan kulit secara biologis karena mengandung cellular bioprotection.

6. Nivea Sun Protect & Moisture

Berbeda dari yang lain, produk sunscreen dari Nivea ini hadir dengan kemasan spray. Sehingga sangat praktis dan cocok dibawa saat travelling. Sunscreen ini juga waterproof, jadi kalau mau dipakai sebelum berenang juga sangat pas. Sunscreen Nivea ini juga bisa bertahan selama 24 jam, jadi gak perlu re-apply lagi deh.

7. Cetaphil UVA/UVB Defense

Produk cethapil memang dikenal cocok untuk semua jenis kulit. Jika kamu lebih suka menggunakan physical sunscreen, sunscreen cethapil ini sangat tepat untukmu. Teksturnya yang cenderung cair membuatnya mudah meresap dan ringan pada saat digunakan. Sunscreen ini juga mampu melembabkan kulitmu dan menangkal sinar UV hingga 8 jam.

Nah itu dia beberapa manfaat sunscreen dan rekomendasi produk-produk sunscreen yang baik untuk kulit wajahmu. Ingat, setelah tahu manfaatnya jangan lupa gunakan suscreen meskipun di rumah aja ya!

CopyAMP code
Fitrianingsih
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular