You are here
Home > Kecantikan >

7 Buah yang Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Kulit, Bikin Tampak Lebih Cerah

Buah yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit

Kulit adalah organ utama yang melindungi tubuh manusia dari kontak dengan kuman, infeksi dan mikroba serta membantu merasakan sensasi dan juga menyesuaikan suhu tubuh. Mengingat berbagai fungsi yang dilakukan oleh organ ini, tentu harus merawatnya dengan baik. Salah satunya dengan mengonsumsi deretan buah yang mampu menjaga kesehatan kulit. Berikut ini beberapa buah yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Buah yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah 

Seperti dilansir dari laman Practo, berikut ini deretan buah yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit:

1. Delima

Buah yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit
Buah delima. (Gambar: http://pixabay.com)

Jus delima memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kuli. Menongsumi buah delima dapat mencegah timbulnya garis-garis dan bintik pada kulit wajah.

Buah ini mengandung polifenol yang melawan radikal bebas dan meningkatkan aliran darah. Kandungan tersebut membuat kulitmu sehat melalui detoksifikasi. Buah delima dapat mencegah sekaligus mengobati kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet matahari. 

Kulit buah digunakan bersama dengan minyak biji, mendorong pertumbuhan sel dan menghambat kerutan secara alami. Ini mencegah enzim, yang memecah kolagen dan membuat kulit terlihat lebih muda.

2. Pisang

Buah yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit
Buah pisang. (Gambar: http://pixabay.com)

Suka atau tidak suka dengan rasanya, pastikan untuk mengonsumsi buah ini ke dalam perawatan kecantikan karena memiliki banyak manfaat. Buah pisang ini mengandung asam amino yang dikenal untuk meningkatkan elastisitas kulit. 

Buah pisang juga mengandung zinc dan potassium. Sementara kandungan zinc untuk melawan infeksi bakteri dan mencegah jerawat, dan kalium menghidrasi kulit dehidrasi. Kemudian untuk kulit pisang sebaiknya jangan dibuang karena bagian dalam kulit pisang saat dioleskan pada wajah bisa membuat wajah lebih cerah.

3. Semangka

Buah yang bermanfaat menjaga kesehatan kulit
Buah semangka. (Gambar: http://pixabay.com)

Buah yang berair dan menyegarkan ini juga menyegarkan kulit. Buah ini mengandung zat yang secara alami dapat mengencangkan kulit. 

Baca Juga:  5 Bahan Alami Ini Ampuh Mengatasi Jerawat Batu

Manfaat lainnya juga untuk merevitalisasi kulit kusam dan membosankan. Saat kembali ke rumah setelah hari yang melelahkan, cara terbaik untuk membersihkan wajah dengan irisan buah semangka yang didinginkan. Buah merah mengontrol tanda-tanda penuaan karena kandungan karotennya. Hal ini juga dikenal untuk mencegah lecet pada kulit bila diterapkan secara teratur.

4. Pepaya

Buah yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit
Buah pepaya. (Gambar: http://pixabay.com)

Pepaya tumbuk membantu menghaluskan kulit kasar. Jika kamu mengonsumsi pepaya dapat membuat kulit benar-benar kenyal. Banyak yang cenderung mengalami kulit cepat berkerut pada usia dini, demi mencegahnya kamu bisa menerapkan masker pepaya secara rutin.

 5. Kiwi

Koktail Dengan Kiwi, Kefir, Buah, Kiwi, Makanan, Sehat
Buah kiwi. (Gambar: http://pixabay.com)

Kiwi diketahui mengandung asam lemak Omega-3. Asam yang terkkandung pada buah ini melindungi kulit dari kuman. Mereka mencegah dari infeksi kulit yang mengerikan. 

Namun, buah kiwi mencegah kulit dari kendur karena juga kaya akan vitamin C, yang sekali lagi membantu dalam memproduksi kolagen. Kiwi memeriksa tingkat ekskresi sebum yang mengurangi kemungkinan memiliki wajah lengket.

6. Jeruk

Buah yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit
Buah jeruk. (Gambar: http://pixabay.com)

Jika bosan dengan komedo di kulit, kamu bisa mengatasinya dengan pengobatan rumahan. Jeruk mampu mengekstraksi komedo. Jus jeruk juga dikenal dapat mencerahkan warna kulit seseorang. Ini mengurangi noda dan mengobati jerawat. Mengonsumsi buah atau jusnya secara teratur dapat membuat kulit bercahaya.

7. Apel

Buah yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit
Buah apel. (Gambar: http://pixbay.com)

Apel baik untuk kulit Anda karena memiliki efek BLT yang dapat mencerahkan kulit wajahmu. Buah ini bekerja secara efektif pada kulit dengan menghilangkan patogen dan minyak berlebih.

Buah-buahan merupakan sumber berbagai vitamin, mineral, dan serat pangan. Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam buah-buahan berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh. 

Berbagai kajian menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan yang cukup turut berperan dalam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula dan kolesterol darah. Konsumsi buah serta sayur yang cukup juga menurunkan risiko sulit buang air besar atau sembelit dan kegemukan. 

Baca Juga:  7 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Hingga Kecantikan, Apa Saja?

Hal ini menunjukkan bahwa konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup turut berperan dalam pencegahan penyakit tidak menular kronik. Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup merupakan salah satu indikator sederhana gizi seimbang.

Porsi mengonsumsi buah setiap hari 

Semakin matang buah yang mengandung karbohidrat semakin tinggi kandungan fruktosa dan glukosanya, yang dicirikan oleh rasa yang semakin manis. 

Dalam budaya makan masyarakat perkotaaan Indonesia saat ini, semakin dikenal minuman jus bergula. Dalam segelas jus buah bergula mengandung 150-300 kalori, sekitar separuhnya berasal dari gula yang ditambahkan. Oleh karena itu konsumsi buah yang terlalu matang dan minuman jus bergula perlu dibatasi agar turut mengendalikan kadar gula darah.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara umum menganjurkan konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk hidup sehat sejumlah 400 gram per orang per hari, yang terdiri dari:

  • 250 gram sayur (setara dengan 2 porsi atau 2 gelas sayur setelah dimasak dan ditiriskan).
  • 150 gram buah (setara dengan 3 buah pisang ambon ukuran sedang atau 1 potong pepaya ukuran sedang atau 3 buah jeruk ukuran sedang). 

Bagi masyarakat Indonesia dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sebanyak: 

  • Balita dan anak usia sekolah sebanyak 300 hingga 400 gram per orang per hari. 
  • Remaja dan orang dewasa sebanyak 400-600 gram per orang per hari. 

Sekitar dua pertiga dari jumlah anjuran konsumsi tersebut adalah porsi sayur. Dalam mengonsumsi sayur dan buah setiap hari sebenarnya kita perlu mengikuti Pedoman Gizi Seimbang sesuai Permenkes No. 41 Tahun 2014. Sebanyak 3-4 porsi sayur dan 2-3 porsi buah setiap hari atau setengah bagian piring berisi buah dan sayur (lebih banyak sayuran) setiap kali makan.

Baca Juga:  5 Sabun Sulfur yang Efektif Mengatasi Masalah Kulit

Baca juga: Makan 9 Buah Ini Setelah Menyantap Daging Kambing

Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top