You are here
Home > Kecantikan >

7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Kulit Lebih Cepat Tua

Kebiasaan sehari-hari yang bikin kulit lebih cepat tua

Memiliki wajah awet muda tentu menjadi impian bagi setiap wanita. Tetapi tak bisa dipungkiri bahwa proses penuaan bisa datang kapan saja sesuai dengan pertambahan usia. Selain harus merawat kulit dengan benar, kamu juga sebaiknya hindari beberapa kebiasaan sehari-hari yang bikin kulit lebih cepat tua, ya. Berikut ini beberapa kebiasaan yang sebaiknya kamu hindari. 

Kebiasaan sehari-hari yang bikin kulit lebih cepat tua

Kebiasaan sehari-hari yang bikin kulit lebih cepat tua
Kerutan pada kulit wajah. (Gambar: http://journal.sociolla.com)

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kebiasaan sehari-hari yang bikin kulit lebih cepat tua:

1. Terlalu lama terpapar layar

Mengutip dari Beautynesia, paparan dari cahaya blue light yang ada pada perangkat elektronik seperti smartphone, TV, dan laptop, adalah bagian dari spektrum visible light dengan panjang gelombang tergolong pendek, tetapi punya tingkat energi yang tinggi. Cahaya blue light ini nyatanya tidak ramah dengan kulit, lho. 

Dampak buruknya adalah penuaan dini bila kamu terlalu lama di depan layar. Karena itu kamu perlu membatasi screen time ya. Seperti mengurangi waktu menonton serial atau TV setelah seharian. Jangan lupa untuk istirahatkan kulitmu juga, serta jaga kesehatan mata.

2. Tidak mengonsumsi makanan bergizi seimbang

Meski kamu merasa pekerjaan menumpuk, pastikan hal tersebut tidak menjadi alasan untuk terus konsumsi makanan cepat saji ya. Dilansir dari Healthline, karbohidrat olahan dan makanan terlalu banyak gula bisa picu penuaan dini. 

Selain itu kamu juga perlu mengurangi makanan yang digoreng dan daging berlemak. Jadi sebisa mungkin itu menguranginya, ya. Cobalah disiplin untuk terus konsumsi makanan sehat seimbang setiap hari.

3. Sering begadang

Kebiasaan sehari-hari yang bikin kulit lebih cepat tua
Kelelahan akibat kurang tidur. (Gambar: http://pexels.com)

Tidak sedikit di antara kita yang justru lebih sering begadang ketimbang sewaktu bekerja dari kantor. Alasannya beragam, mulai dari pekerjaan yang dirasa belum selesai hingga marathon movie atau serial kesukaan. 

Baca Juga:  Waspada! Ini 5 Ciri Alergi Kosmetik, Jangan Disepelakan

Perlu kamu tahu bahwa kurang tidur atau kebiasaan begadang itu sendiri diketahui berperan dalam kontribusi dampak buruk pada kulit, hal itu karena jika tidur kulit melakukan regenerasi. Oleh sebab itu, cobalah mengatur kembali manajemen waktumu saat bekerja agar lebih dimaksimalkan di siang hari. 

4. Sering menggosok mata 

Kebiasaan yang membuat cepat tua berikutnya adalah sering menggosok mata. Kamu mungkin kerap melakukan kebiasaan ini secara tak sengaja. Padahal, kebiasaan menggosok mata dapat memicu munculnya lingkaran hitam pada area mata, sekaligus memengaruhi penampilan wajah secara keseluruhan. Jika tidak bisa berhenti melakukan kebiasaan ini, coba berkonsultasi dengan dokter. Sebab, ada kemungkinan kebiasaan mengucek mata yang kamu alami berkaitan dengan reaksi alergi. 

5. Posisi tidur menyamping

Kamu perlu tahu kalau posisi tidur menyamping merupakan penyebab muka cepat tua. 

Saat tidur dalam posisi menyamping, tekanan pada bantal bisa memunculkan garis-garis halus pada dagu, pipi, ataupun kening. Kebiasaan yang membuat cepat tua ini tidak terjadi secara instan, tetapi membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk memperlihatkan tandanya. Namun, bila kulit mulai kehilangan elastisitasnya, garis-garis halus tersebut akan lebih mudah terlihat.

6. Sering merasa stres

Man in Blue and Brown Plaid Dress Shirt Touching His Hair
Merasa stres. (Gambar: http://pexels.com)

Banyak hal yang memicu kondisi stres, mulai dari urusan keluarga, hingga drama pekerjaan. Stres yang mengganggu ini, dapat menjadi penyebab muka cepat tua dan tampak kusam. Saat stres, otak akan melepas hormon kortisol. Hormon ini dapat melemahkan kolagen sehingga membuat kulit menjadi lebih cepat tua.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengenali faktor yang membuat pikiran sering merasa stres, serta mencari tahu langkah untuk menangani kondisi stres tersebut. Cara mengatasinya bisa dengan melakukan hal-hal yang disukai, seperti mendengarkan musik, mengatur napas, atau berolahraga. Apabila stres yang kamu rasakan sangat parah, hingga mengarah pada gejala gangguan stres akut, segera cari pertolongan dari ahli kejiwaan.

Baca Juga:  Ampuh! Ini 7 Bahan Alami Atas Kulit Kepala Kering

7. Konsumsi makanan tinggi garam

Walaupun tidak memasak makanan dengan garam, bukan berarti ini tidak menjamin asupan garam harian. Pasalnya, unsur natrium pada garam mudah ditemukan pada banyak produk kemasan dan makanan olahan. Pada tubuh, garam akan berikatan dengan air. Natrium juga dapat menahan air pada area wajah sehingga menyebabkan pipi semakin ‘membengkak’. 

Selain itu, kandungan lemak jenuh dan sulfit yang sering ditemukan dalam makanan tinggi garam juga dapat membuat kulit dehidrasi dan menyebabkan peradangan yang merusak kolagen. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan produk pelembap yang mengandung kafein. Batasi juga konsumsi makanan olahan serta makanan kalengan atau kemasan, ya. 

Itulah beberapa deretan kebiasaan sehari-hari yang bikin kulit lebih cepat tua. Jadi sangat disarankan, tak hanya sekadar merawat kulit, pastikan kamu juga melakukan gaya hidup sehat, ya.

Baca juga: Tak Hanya Sekadar Mencerahkan Kulit, Ini 5 Manfaat Rutin Pakai Body Lotion

Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top