SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Sunday, May 26, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanAtasi Mual Karena Kekenyangan dengan 5 Cara Ini

Atasi Mual Karena Kekenyangan dengan 5 Cara Ini

MediaGo – Perut mual karena kekenyangan adalah hal yang sering terjadi. Hal itu membuat perut baru terasa begah dan sangat tidak nyaman. Rasanya mau bernapas atau berjalan saja susah sekali. Perut dan dada juga terasa sesak seperti mau meledak.

mual karena kekenyangan

Mengonsumsi makanan favorit memang terkadang bisa bikin hilang kendali. Akibatnya, perut pun terlampau penuh dan kekenyangan. Saat merasa kekenyangan, tentunya rasa tidak nyaman pun akan muncul. Nah, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meredakan rasa kekenyangan ini. Berikut ini, 5 cara atasi perut mual karena kekenyangan yang bisa kamu lakukan.

5 Cara Atasi Mual Karena Kekenyangan

1. Tetap Tenang

Ketika makan terlalu banyak, akan ada sedikit rasa penyesalan karena tidak bisa menahan nafsu makan. Tapi, jangan terlalu menyalahkan diri. Terlalu banyak rasa bersalah dapat membuatmu denial dan akhirnya mengulangi kesalahan yang sama. Ingatlah bahwa satu kali makan berlebihan nggak akan merusak kesehatan. Namun jangan sampai kamu mengulanginya lagi untuk kedua kalinya.

2. Jangan Minum Soda

mual karena kekenyangan

Ada anggapan bahwa minum soda setelah makan membuat perut terasa lebih nyaman karena dapat membuat sendawa. Namun sebenarnya, minum soda sama saja dengan menelan gas yang akan mengisi sistem pencernaanmu. Akibatnya, kamu akan merasa lebih kembung. Oleh sebab itu, hindarilah minum soda saat kamu sedang merasa kenyang ya.

3. Konsumsi Air Putih

Dibandingkan minum soda, lebih baik kamu konsumsi air putih yang cukup. Jika kamu merasa kekenyangan, secangkir air putih cukup untuk kamu konsumsi. Minum air bisa membantu tubuh membuang kelebihan garam yang mungkin didapat dari konsumsi makananmu. Selain itu, minum air juga bisa mencegah sembelit.

4. Jangan Rebahan

mual karena kekenyangan

Jika sedang merasa kenyang, jangan langsung rebahan ya. Sebab, tiduran atau rebahan setelah makan nggak akan membakar kalori. Jadi lebih baik kamu melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan seperti mencuci piring agar kalori dapat terbakar. Selain itu, rebahan setelah makan juga dapat membuat makanan kembali naik, memperburuk refluks asam lambung, dan memperlambat sistem pencernaan mencerna makanan.

5. Jalan Santai

Selain mencuci piring, kamu juga bisa berjalan santai untuk meredakan kekenyangan. Jalan santai dapat membantu merangsang pencernaan dan mengendalikan gula darah. Jika kamu memiliki sepeda, kamu juga bisa bersepeda santai setelah terlalu banyak makan. Manfaatnya akan sama seperti berjalan santai.

CopyAMP code
Fitrianingsih
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular