You are here
Home > Kesehatan >

5 Dampak Buruk Jadi Orang Nggak Enakan, Jangan Dibiasakan Ya!

Dampak buruk jadi orang nggak enakan (1)

Dalam kehidupan bersosialisasi tentu kita akan bertemu banyak orang dengan sifat yang berbeda-beda. Ada yang bisa berterus terang dan ada juga yang nggak enakan pada hal apapun. Perlu kamu ketahui bahwa dampak buruk jadi orang nggak enakan bisa membahayakan kesehatan mental tanpa disadari, lho. 

Dampak buruk jadi orang nggak enakan

Melansir penjelasan dari laman Beautynesia, berikut ini beberapa dampak buruk jadi orang nggak enakan yang perlu kamu ketahui:

1. Cenderung mengabaikan  perasaan diri sendiri 

Sifat nggak enakan adalah kamu yang lebih cenderung memikirkan orang lain daripada dirimu sendiri. Kamu menomorduakan kebahagiaan ataupun berbagai kesempatan karena tidak ingin bersaing atau dengan orang lain.

Sifat tersebut dapat mengganggu kesehatan mental dan kebahagiaan kamu. Jika kamu selalu memikirkan orang lain, lantas kapan kamu memikirkan kebahagiaan untuk dirimu sendiri? Sesekali sifat egois itu perlu.

Jika efek sifat nggak enakan kamu ini terus dibiarkan, maka lama-kelamaan kamu akan terbiasa bersikap “fake” dan ragu untuk mengutarakan isi hatimu yang sebenarnya. Hal ini juga akan membuat hatimu lelah karena harus terus berpura-pura bahagia di depan orang-orang.

Agar terhindar dari efek sifat seperti ini, kamu sebaiknya harus mengerti bahwa kebahagiaan orang lain bukanlah tanggung jawabmu. Kamu pun sangat berhak atas kebahagiaanmu. Selain itu, kamu juga punya hak dan bebas untuk mengungkapkan apa yang sedang kamu rasakan. Tidak melulu hanya kamu saja yang harus mengerti dan menjaga perasaan orang lain.

2. Membuat lelah hati dan pikiran saja

Tentunya terkadang sifat nggak enakan akan membuat pikiran dan hatimu lelah. Karena kamu selalu mementingkan orang lain dibandingkan dirimu sendiri. Kamu berusaha untuk terlihat sempurna di mata mereka, tanpa ingin meninggalkan kesan buruk ataupun menyinggung perasaan orang lain. Tetapi tidak semua hal harus kamu usahakan untuk kebahagiaan orang lain, istirahat, dan perhatikan pikiran serta hatimu juga.

3. Selalu timbul rasa bersalah

Dampak buruk jadi orang nggak enakan
Merasa bersalah pada diri sendiri. (Gambar: http://pexels.com)

Selalu merasa bersalah meskipun benar merupakan salah satu efek sifat nggak enakan yang umum dirasakan. Saat ada suatu masalah, biasanya kamu akan memilih untuk mengalah saja demi menghindari perselisihan.

Ini dikarenakan sifat nggak enakan yang akan membuatmu merasa bersalah apabila terjadi perselisihan hanya karena kamu tidak mau mengalah. Akibat efek sifat ini kamu jadi terbiasa untuk selalu mengalah dimanapun berada.

Sayangnya, efek dari sifat seperti ini justru terkadang merugikanmu, lho. Orang-orang yang terbiasa melihatmu mengalah akan jadi bersikap semena-mena padamu. Mereka juga cenderung akan bersikap egois, karena tahu bahwa kamu tidak akan melawan.

Maka, untuk menghindari efek sifat ga enakan ini, kamu harus lebih berpikir rasional. Hindarilah over-thinking atau memikirkan hal-hal yang tidak perlu. Kamu harus bisa menentukan kesalahan ada pada pihak siapa. Jika bukan padamu, maka tidak perlu terus-menerus merasa bersalah dan meminta maaf atas masalah yang terjadi. 

4. Tidak percaya pada pendirian 

Efek sifat nggak enakan yang terakhir adalah membuatmu tidak yakin pada pendirian diri sendiri. Akibatnya, kamu jadi cenderung lebih sering ikut-ikut saja pada pendapat dan keputusan orang lain walau sebenarnya kamu pun kurang sreg dengan semua itu.

Selain itu, efek sifat gak enakan satu ini juga lama-kelamaan akan membuatmu menjadi ragu- ragu atas kemampuan dirimu yang sebenarnya. Kamu juga jadi ragu untuk mengutarakan pendapatmu yang sebenarnya. Akibatnya, kamu cenderung jadi sering membohongi diri sendiri.

Yang perlu kamu lakukan agar terhindar dari efek sifat nggak enakan satu ini adalah dengan meningkatkan kepercayaan dirimu. Dengan begitu, kamu akan lebih yakin dengan pendirian dan pikiranmu.

Namun, kamu juga harus banyak-banyak belajar dan mulai berlatih agar menjadi semakin bijak dalam mengambil keputusan sendiri. Belajarlah untuk menentukan mana baik mana buruk sesuai pedoman dan norma yang ada, bukan karena apa kata orang lain.

Terkadang, salah satu efek sifat ini adalah kamu terlalu mendengarkan apa kata orang lain, meskipun terkadang tidak sesuai dengan pemikiran maupun kata hatimu. Maka dari itu, beranilah untuk yakin pada pendirianmu. Sebab, berbeda dengan yang lain bukanlah suatu masalah.

5. Menjadi penakut untuk berkata tidak pada orang lain 

Munculnya rasa takut untuk berkata “tidak” juga merupakan efek sifat nggak enakan dan penyakitnya people pleaser yang paling familiar. Orang nggak enakan dan takut untuk bilang “tidak” adalah orang yang pasti jadi sasaran empuk bagi mereka yang gemar memanfaatkan orang lain.

Orang pasti berpikir akan mudah sekali memanfaatkanmu, karena mereka yakin kamu tidak akan sanggup menolak. Padahal, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengatakan “tidak”, namun pada kenyataannya hal itu sangat sulit dilakukan.

Itulah beberapa dampak buruk jadi orang nggak enakan yang akan kamu alami pada kehidupan sehari-hari. Agar tak membebani diri, sebaiknya jangan biasakan perasaan nggak enakan tersebut, ya.

Baca juga: 6 Ciri-Ciri Toxic Friend yang Menjadi Bukti Lingkup Pertemananmu Tidak Sehat

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top