SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Sunday, July 14, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanWajib Tahu! Ini 3 Cara Menurunkan Demam Tanpa Minum Obat

Wajib Tahu! Ini 3 Cara Menurunkan Demam Tanpa Minum Obat

Ini cara menyembuhkan demam secara alami!

Orang tua yang memiliki anak balita saat ini jadi banyak bertanya bagaimana cara menurunkan demam tanpa minum obat? Karena biasanya anak balita lebih banyak diberikan obat bentuk sirup untuk memudahkan pengobatan. Apalagi saat ini pemerintah memberlakukan larangan sementara pemberian obat cair atau obat sirup terutama pada anak, karena meningkatnya penyakit gangguan gagal ginjal akut atau sering disebut dengan Acute Kidney Injury sejak Agustus 2022.

Baca Juga : Cegah Gangguan Ginjal Akut Anak, Kemeskes: Setop Sementara Jual Obat Sirup

Peningkatan gagal ginjal akut pada anak ini bukan karena kandungan Parasetamolnya, tapi pada kandungan senyawa sirup yang dicurigai memiliki etilen glikol dan dietilen glikol. Tidak ada salahnya orang tua mencoba meminimalisir pengobatan alami tanpa memberi anak obat-obat kimia dan semacamnya. Berikut cara menurunkan demam secara alami yang bisa Anda terapkan pada anak, bahkan diri sendiri!

3 Cara Menurunkan Demam Tanpa Minum Obat

1. Jaga Cairan Tubuh dengan Banyak Minum Air Putih

Jaga Cairan Tubuh dengan Banyak Minum Air Putih

Jika anak demam, suhu tubuh meningkat di atas 37 derajat Celcius. Karena itu, tubuh biasanya lebih banyak menyerap cairan dan sering terjadi dehidrasi. Cara menurunkan demam tanpa minum obat adalah dengan minum air putih yang banyak untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Baca Juga : Mengenal Kelapa Genjah dan Jenisnya, Bisa Ditanam di Rumah!

Air putih bisa melawan infeksi virus yang menyerang tubuh. Bila terasa pahit, bisa mencoba air jeruk yang kaya vitamin C. Atau minum jus buah sayur yang kaya nutrisi juga baik untuk menambah energi. Walau begitu, sebenarnya air putih biasa saja sudah cukup. Menjaga hidrasi tubuh dengan baik akan membuat demam cepat reda.

2. Kompres dan Mandi Air Hangat

cara menurunkan demam tanpa minum obat kompres hangat

Biasanya, saat anak demam dikompres pakai air dingin. Walau cara ini bisa dilakukan, sebenarnya lebih tepat cara menurunkan demam tanpa minum obat jika Anda menggunakan kompres air hangat pada dahi dan sela-sela lipatan tubuh. Letakkan di lipatan ketiak, lipatan lengan, lipatan paha dan dahi. Ketika sudah agak kering, basahi kembali dengan air hangat dan ulangi kembali cara tadi.

Baca Juga : Waspada! Ini Gejala Gagal Ginjal Akut Pada Anak

Mandi air hangat juga tidak dilarang, tapi kalau mandi air dingin yang tidak disarankan. Mandi air hangat akan merelaksasi tubuh, otot dan aliran darah sehingga demam cepat turun.

Gunakan pakaian yang nyaman, karena demam biasanya akan banyak mengeluarkan keringat. Ganti pakaian anak secepatnya sebelum kedinginan karena keringat. Tidak perlu diselimuti tebal-tebal ya! Cukup jaga agar tidak kedinginan dengan pakaian yang nyaman.

3. Makan Makanan Sehat Bergizi Seimbang

Makan Makanan Sehat Bergizi Seimbang

Saat anak demam, biasanya nafsu makan berkurang. Tapi sebagai orang tua, Anda harus tetap memberinya makan sehat bergizi seimbang untuk membantu proses penyembuhan. Cara menurunkan demam tanpa minum obat dengan makan memang terlihat susah, namun bila disertai dengan menu bervariasi yang menambah selera makan pasti akan berhasil.

Baca Juga : 5 Tips Diet Artis Korea Tetap Langsing dan Sehat, Mulai Bae Suzy hingga IU

Makan makanan berkuah yang kaya gizi seperti sup ayam akan menambah tenaga dengan banyak nutrisi di dalamnya. Berikan telur, puding dan roti agar anak mau makan. Jangan lupa sesuaikan dengan kondisi demam, bila ada batuk atau sakit tenggorokan menghindari gorengan dan manis sangat dianjurkan.

Cukup mudah kan cara menurunkan demam tanpa minum obat? Selamat mempraktikkan dan semoga sehat selalu.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular