You are here
Home > Kesehatan >

5 Selebriti Dunia yang Menolak Vaksin Covid-19

5 Selebriti Dunia yang Menolak Vaksin Covid-19, Anwar Hadid Salah Satunya
Bagikan

Mediago.id – Vaksin Covid-19 menjadi solusi di masa Pandemi Covid-19 yang masih belum bisa dikendalikan sampai dengan saat ini. Namun program vaksinasi Covid-19 sendiri banyak mendapat penolakan, termasuk di Indonesia. Masih ramai diperbincangkan, salah satu anggota DPR RI Komisi IX, Ribka Tjiptaning Proletariyati yang menolak program Pemerintah untuk vaksin Covid-19. Tidak hanya di Indonesia, di belahan dunia lainnya pun ada yang menolak vaksin Covid-19.

Tujuan vaksinasi yang dilakukan menurut situs Kemkes.go.id adalah merupakan salah satu upaya untuk mengurangi penularan Covid-19, menurunkan angka psitif dan kematian akibat Covid-19 ini. Selain itu vaksinasi juga dilakukan untuk mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity) dan melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

Nama Selebriti Dunia yang Menolak Suntik Vaksin Covid-19

Meskipun demikian, ada beberapa kalangan yang menolak vaksin Covid-19, salah satunya adalah kalangan selebriti dunia. Mereka menyakini bahwa kemampuan alami yang ada dalam tubuh untuk melawan berbagai penyakit dan virus. Ini dia lima selebriti dunia yang antivaksin yang menjadi kontroversi;

1. Anwar Hadid

Anwar Hadid ini merupakan adik dari model ternama, Gigi Hadid. Pria 21 tahun yang juga berprofesi model menyatakan bahwa dirinya menolak untuk disuntik vaksin Corona dan berserah diri pada Tuhan untuk keselamatannya.

Anwar Hadid
Anwar Hadid. (Gambar: Doc. Getty Image)

Penyataan ini diungkap kekasih penyanyi Dua Lipa ini ketika menjawab pertaanyaan netizen ketika Instagram Stories. Meskipun penyataannya ini tidak resmi, namun netizen menganggap bahwa Anwar Hadid menjadi salah satu kelompok antivaksin.

Baca Juga:

Baca Juga:  5 Tips Penting Menjaga Kesehatan Saat Puasa Ramadhan

2. Letitia Wright

Salah satu pemeran wanita dalam film Black Panther, Letitia Wright menuai kritikan pedas dari para netizen karena kicauannya banyak menyinggung tentang antivaksi Covid-19. Diantara kicauannya yang banyak mendapat repons dari netizen adalah pertanyaannya mengenai fungsi vaksin di tengah Pandemi yang masih belum reda.

Letitia Wright
Letitia Wright. (Gambar: Doc. Instagram/@letitiawright)

Selebriti 27 tahun ini menyatakan pendapat, bahwa dirinya memiliki hak untuk mempertanyakan tentang vaksin dan merasa khawatir tubuhnya yang bereaksi ketika disuntik vaksin Corona. Dirinya mengemukakan pendapatnya di media social ini karena lebih untuk kepentingan dirinya sendiri.

3. Jenny McCarthy

Jenny McCarthy memang sudah sejak lama lantang bersuara jika dirinya salah satu dari kalangan yang antivaksin, termasuk vaksin Covid-19. Dirinya menyakini bahwa vaksinlah yang menjadi penyebab anak dari seleb sekaligus presenter ini mengida autisme.

Tidak hanya lantang menolak vaksin, wanita 48 tahun ini juga menerbitkan beberapa judul buku tentang antivaksin dan dipilih sebagai presiden dari organisasi non-profit yaitu Generation Rescue yang didalamnya adalah orang-orang yang tidak percaya vaksin.

4. Toni Braxton

Penyanyi lagu berjudul ‘Un-Break My Heart’, Toni Braxton juga termasuk dalam kalangan yang mempercayai bahwa vaksi adalah salah satu faktor penyebab autisme. Sama seperti Jenny McCarthy, anaknya yang bernama Diezel pun mengidap autisme.

Dirinya menurutkan,”Mungkin ini sebuah kebetulan setelah vaksinasi pertama pada anak saya, dan saya mulai menyadari adanya perubahan yang terjadi padanya,” tulis wanita kelahiran Severn, Maryland, Amerika, 53 tahun yang lalu dalam memoir yang dirilis pada 2014.  

5. Lisa Bonet

Selain sebagai selebriti dunia, Lisa Bonet juga seorang aktivis kemanusiaan yang pernah memberikan pernyataan bahwa vaksin akan berpotensi mempengaruhi kesehatan anak dalam jangka yang panjang. Bahkan, istri dari pemeran utama film Aquaman, Jason Momoa ini yakin bahwa vaksin itu adalah ‘alien’ di dalam tubuh.

Baca Juga:  Begini Cara Cek Penerima Vaksin Covid-19 Gratis

Dalam acara The Donahue Show, Lisa menyatakan bahwa vaksin bisa berpotensi mengalirkan mikroorganisme ke dalam darah anak-anak. Selain itu, menurutnya vaksin juga dikatakan menjadi salah satu penyebab penyakit berbahaya dan mematikan, seperti kanker, leukemia, multiple sclerosis, dan sindrom kemantian mendadak pada bayi.

Itulah 5 nama selebriti dunia yang menolak vaksin, termasuk vaksin Covid-19. Terlepas siapa yang antivaksin, itu merupakan hak dan pilihan setiap orang!


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top