SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, April 9, 2024
spot_imgspot_img
HomeKulinerMengenal Kelapa Genjah dan Jenisnya, Bisa Ditanam di Rumah!

Mengenal Kelapa Genjah dan Jenisnya, Bisa Ditanam di Rumah!

Buah kelapa sangat banyak manfaatnya dan salah satu jenis kelapa yang mudah untuk dibudidayakan di pekarangan rumah adalah kelapa genjah. Bahkan termasuk jenis kelapa unggulan yang dibudidayakan secara komersial.

Baca Juga : Jadwal Piala Dunia 2022 Qatar Lengkap dan Terbaru

Pasti ingin tahu lebih lengkap tentang jenis buah kelapa genjah yang sangat disarankan oleh presiden Jokowi sebagai komoditi untuk pemasukan keuangan keluarga ini kan? Berikut lengkapnya!

Apa Itu Kelapa Genjah?

Apa Itu Kelapa Genjah

Kelapa genjah berbeda dengan kelapa biasa. Perbedaan ini sangat mencolok pada kecepatan berbuah, tinggi tanaman, ukuran, dan jumlah buah. Kalau pada kelapa biasa, rata-rata satu pohon bisa berbuah di usia enam tahun dan hanya memproduksi 90 buah saja per tahunnya. Namun pada kelapa genjah usia tiga tahun sudah bisa berbuah sebanyak 140 buah per tahun loh!.

Baca Juga : 4 Bacaan Surat Yusuf untuk Ibu Hamil, Bisa Membuat Anak Terlahir Ganteng

Pohonnya disebut pohon kelapa cebol karena hanya memiliki postur tubuh batang pendek sekitar 3 sampai 4 meter saja dan ukuran buahnya maksimal 1,5 kg per butir. Buahnya punya kualitas yang sangat bagus dengan daging yang lebih lembut. Sedangkan kulit buah yang sangat hijau memiliki kandungan air kelapa yang lebih banyak dibandingkan varietas kelapa lainnya.

Karena kelapa genjah ini mudah ditanam dan banyak manfaatnya, sangat cocok ditaruh di pekarangan rumah sekalipun. Apalagi mengingat pohonnya yang pendek memudahkan untuk memanennya. Ketika di akhir masa produksi pun tingginya tidak akan lebih dari 10 meter.

Nilai Kandungan Gizi Kelapa Genjah

Ternyata kandungan gizi pada bobot kering lebih banyak dibandingkan saat bobot basah. Berikut nilai kandungan gizi yang terdapat pada satu batok kelapa dalam keadaan kering.

Kadar air : 44,70-56,70 %
Protein : 8,12 %
Lemak : 54,06 %
Serat Kasar : 18,14 %
Asam Lemak Bebas : 0,11 %

Baca Juga : Terbukti Ampuh! Ini 5 Doa Mencerahkan Wajah Agar Bercahaya dan Disukai Banyak Orang

9 Jenis Varietas Kelapa Genjah

9 Jenis Varietas Kelapa Genjah

1. Kelapa Genjah Salak

Buah kelapa Salak ini berasal dari Kalimantan Selatan dan hanya membutuhkan waktu tiga tahun saja untuk memanen buah pertama. Keunggulannya bisa menghasilkan 80-120 buah kelapa per tahun dengan berat daging buah mencapai 165 gram dan kadar minyak yang cukup tinggi karena mencapai 65 persen.

2. Kuning Bali

Jenis ini bisa dipanen ketika berumur 4 tahun dan nanti setiap tahunnya bisa menghasilkan buah sebanyak 60-110 buah. Daging kelapanya cukup tebal namun lembut mencapai 177 gram dan kadar minyak 61%.

3. Kelapa Genjah Kuning Nias

Bisa mulai dipanen saat kelapa berusia 4 tahun, ternyata satu pohon bisa menghasilkan 60-120 buah. Berat daging biasanya mencapai 159 gram dan kadar minyak 62 persen.

4. Kelapa Genjah Raja

Berasal dari Maluku Utara, jenis ini bisa dipanen ketika berusia 4 tahun dengan setiap pohon bisa mencapai 70-120 buah per tahun. Kadar minyak yang dikandung sebesar 66 persen dengan berat daging buahnya 167 gram.

5. Kelapa Genjah Coklat Kopyor

Berasal dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang sering dikonsumsi sebagai kelapa kopyor. Bisa dipanen saat usia 4 tahun, tiap tahun satu pohon bisa menghasilkan 80-150 butir sekali panen. Keunggulan dari coklat kopyor ini adalah kemampuan bertahan dari kekeringan selama 6 bulan.

6. Hijau Kopyor

Juga termasuk kelapa kopyor yang berasal dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah, setiap tahunnya bisa menghasilkan 120-140 buah per tahun. Per tandan pada satu pohon bisa memiliki 3,89 buah yang bisa dipanen setiap 4 tahun.

7. Kuning Kopyor

Selain coklat dan hijau kopyor, juga ada kuning kopyor yang pertahunnya bisa berbuah sebanyak 100 sampai 120 buah. Jenis ini juga berasal dari Pati, Jawa Tengah dan bisa panen saat berusia empat tahun.

Baca Juga : Daftar Artis di Pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar, Ada Jungkook BTS Juga!

8. Entog Kebumen

Berasal dari Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, jenis ini bisa menghasilkan 95 butir buah dalam setiap tahun. Mulai bisa dipanen saat usia 4 tahun, daging kelapa entog ini terkenal karena beratnya 437 gram dengan rasa buah yang cukup manis dibandingkan varietas lainnya.

9. Kelapa Genjah Pandan Wangi

Jenis ini berasal dari Kabupaten Serdang Bedagai di Sumatera Utara yang bisa dipanen saat tiga tahun. Memiliki daging buah yang manis dan aroma wangi pandan, satu pohon bisa menghasilkan 151 butir per tahun loh!

Program Pengembangan Arahan Presiden Joko Widodo

Program Pengembangan Kelapa Genjah Arahan Presiden Joko Widodo

Mengingat mudahnya menanam kelapa genjah, tidak heran kalau ada arahan pemerintah untuk memulai menanam di pekarangan rumah. Mulai menanam benih hingga memanen sangat mudah apalagi pohonnya memang tidak tinggi. Karena itu sangat cocok untuk dibudidayakan bahkan untuk ibu rumah tangga sekalipun. Bisa diambil air kelapa mudanya, sedangkan yang buah tua bisa diambil santannya bahkan bisa disadap nira untuk produksi gula. Ini bisa menjadi salah satu sumber penghasilan keluarga, apalagi potensi banyaknya tiap pohon berbuah bisa ratusan per tahun akan membuat setiap keluarga di Indonesia bisa berdaya dengan menanamnya. Bisa jadi salah satu cara untuk menangangi krisis pangan.

Baca Juga : 7 Cara Membuat Anak Kembar Berdasarkan Posisi Seks, yang Mana Favorit Anda?

Bagaimana? Tertarik untuk menanam kelapa genjah di pekarangan rumah?

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular