You are here
Home > Kesehatan >

Apakah Benar Hujan Dapat Memicu Perasaan Sedih? 

Apakah benar hujan dapat memicu perasaan sedih

Ketika hujan turun, tentu segala aktivitas semua orang harus dilakukan di dalam ruangan. Hal itu pun terkadang tanpa sadar, membuat suasana hatimu juga ikut sedih atau galau tanpa sebab, bukan? Meskipun memang banyak orang menganggap perasaan sedih ketika hujan ini adalah sebuah kebetulan, namun apakah benar hujan dapat memicu perasaan sedih pada seseorang? Berikut penjelasannya. 

Apakah benar hujan dapat memicu perasaan sedih? 

Hujan Dapat Memicu Perasaan Sedih? 
Hujan dapat memicu perasaan sedih. (Gambar: http://pexels.com)

Dilansir dari laman WebMD,  bahwa memang nyatanya cuaca buruk bisa berdampak negatif pada emosi diri lho. Diketahui melalui laman tersebut bahwa menurut penjelasan dari sebuah penelitian, hampir 9 persen orang termasuk dalam kategori “pembenci hujan”. 

Kelompok ini merasa lebih marah dan kurang bahagia saat hari berada pada curah hujan lebih banyak. Tak hanya itu saja timbulnya perasaan tersebut yang mengganggu emosi diri, ternyata meningkatkan jumlah postingan negatif di berbagai social media

Melansir penjelasan Tecsia Evans, Ph.D., seorang psikolog klinis dari laman WebMd dalam praktik pribadi di San Francisco menyatakan bahwa saat turun hujan dan mendung, beberapa orang pasti lebih rentan untuk merasa kesepian. Pada umumnya banyak orang akan merasakan perubahan suasana hati seperti merasa sedih atau rendah diri. Jadi memang benar, bahwa hujan dapat memicu perasaan sedih pada seseorang.

Kegiatan menyenangkan untuk menghindari timbulnya perasaan sedih saat hujan 

1. Pastikan lampu menyala terang

Jika suasana hati kamu cenderung menurun seiring cuaca hujan, lalu hal apa yang biasanya dilakukan? Ketika hal itu terjadi kepadamu saat turun hujan atau cuaca mendung, sebaiknya kamu menghindari untuk mematikan lampu, buatlah pilihan untuk menyalakan lampu. 

Alasannya karena cahaya dapat meningkatkan serotonin, yang meningkatkan mood. Dengan begitu kamu akan terhindar dari perasaan galau atau sedih yang terjadi tanpa alasan. 

Melansir penjelasan Julia Samton, MD, seorang psikiater di NYC’s Manhattan Neuropsychiatric dari laman WebMD menawarkan terapi cahaya ketika sedih saat turun hujan. Memang sangat disarankan bagi banyak orang memastikan bahwa mereka berjalan di luar, bahkan saat cuaca dingin dan hujan. 

Tak hanya menghilangkan perasaan sedih dan galau, meskipun tampaknya tidak begitu terang, kamu masih akan mendapatkan paparan sinar UV. Ini dapat membantu mengatur ritme sirkadian tubuh dan meningkatkan suasana hati ketika berjalan di luar saat turun hujan.

2. Lakukan hal yang menyenangkan versi kamu 

Namun jika keadaan tidak memungkinkan kamu untuk berjalan keluar saat hujan, cara lain bisa melakukan aktivitas menyenangkan yang membuat kamu merasa baik, seperti menonton film ceria, bermain game, melakukan seni dan kerajinan atau membaca buku.

Kamu juga bisa melakukan olahraga ringan, jika tubuh sering bergerak hal itu akan meningkatkan endorfin yang memiliki efek positif pada suasana hati. Kamu bisa olahraga hingga berkeringat saat menonton video olahraga di YouTube, sit-up, atau putar musik dan mulailah menari.

3. Pastikan kamu tidak mengurung diri di kamar

Jangan mengisolasi diri kamu ketika cuaca mendung atau turun hujan. Ketika orang sendirian, rasanya hal-hal menjadi lebih buruk dari yang sebenarnya. Pastikanlah kamu berkumpul bersama dengan teman dan keluarga, daripada harus bersembunyi dari hujan sendirian di dalam ruangan. 

4. Makan cokelat 

Kamu juga bisa memakan cokelat tanpa tambahan rasa, gula dan susu. Ini akan membuat perasaan lebih baik hanya dalam sekejap. Namun jangan sembarang cokelat, pilihlah dark chocolate dengan kandungan cokelat 60 hingga 70 persen, lebih baik lagi yang jenisnya raw chocolate

Hal itu berarti bahwa biji cokelat tidak melalui proses roasting dan tidak mengandung gula maupun perasa tambahan. Dark chocolate ini kaya akan antioksidan, magnesium, zat besi, zinc dan vitamin C yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh. Dark chocolate juga kaya akan tryptophan, zat peningkat mood positif yang menimbulkan efek yang sama seperti ketika sedang jatuh cinta.

5. Latihan pernapasan

Daripada hanya sekedar mengisolasi diri di dalam kamar, lebih baik menyendiri dan menarik napas dalam-dalam serta membuangnya secara perlahan akan membuat oksigen mengalir ke dalam otak. Bernapas dengan teknik meditasi bisa mengurangi stres, pikiran lebih jernih dan hal-hal negatif.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Penghujan

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top