SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Monday, July 15, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan5 Cara Mengatasi Loneliness, Rasa Kesepian Mendalam

5 Cara Mengatasi Loneliness, Rasa Kesepian Mendalam

MEDIAGO – Pernahkah kamu merasa kesepian atau loneliness, walaupun berada di tengah keramaian? Padahal, posisinya kamu sedang berkumpul bersama teman-teman. Namun, kamu malah merasa ‘sendiri’ saat berkumpul dengan mereka. Jika situasi seperti ini terjadi dalam kurun waktu yang panjang, maka kemungkinan kamu sedang mengalami kesepian atau loneliness yang mendalam.

Sebenarnya, hampir setiap manusia pasti pernah merasakan kesepian. Perasaan sepi tersebut juga wajar dialami dan sesuatu yang normal. Akan tetapi, rasa kesepian yang berlarut-larut atau berkepanjangan ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan seseorang.

Baca juga: 5 Ciri Gangguan Kesehatan Mental yang Tak Boleh Disepelekan

1. Apa itu loneliness atau kesepian?

Dilansir dari laman Psychology Today, kesepian ini merujuk pada kondisi seseorang yang merasa bahwa tidak seorang pun memahami dengan baik, sehingga tak ada tempat untuk jadi pelarian saat dibutuhkan atau stress. Alhasil, kondisi tersebut membuat mereka merasa terisolasi dari lingkungan sekitar.

Menurut laman Verrywell Mind, kondisi kesepian ini memang kerap ditandai dengan perasaan terisolasi. Hal tersebut sering dianggap sebagai pemisahan yang tidak sengaja, penolakan, atau pengabaian dari orang lain terhadap seseorang.

2. Jenis-jenis kesepian

Sementara itu, ada beberapa jenis kesepian yang seringkali dialami oleh kebanyakan orang. Pertama, jenis emotional loneliness. Bentuk kesepian ini muncul ketika seseorang tidak memiliki ikatan hubungan yang intim.

Misalnya, orang dewasa yang lajang, bercerai, dan ditinggal mati oleh pasangannya sering mengalami kesepian ini. Mereka pun akan merasakan bagaimana hidupnya sepi, tanpa tempat bersandar untuk bercerita tentang apapun.

Selanjutnya, ada tipe social loneliness. Kesepian ini muncul ketika seseorang tidak memiliki keterlibatan yang terintegrasi dalam dirinya. Artinya, mereka tidak ikut berpartisipasi dalam kelompok atau komunitas yang melibatkan adanya kebersamaan.

Hingga bentuk kesepian seperti ini dapat membuat seseorang merasa diasingkan, bosan, dan cemas. Apabila rasa kesepian secara mendalam dan berkepanjangan ini terus terjadi, tentu tidak berdampak baik bagi kesehatan.

Baca juga: Timbulkan Sikap Manipulatif, Ini 5 Alasan Silent Treatment Tidak Baik dalam Hubungan

3. Cara mengatasi rasa kesepian

Ilustrasi seorang perempuan yang sedang mengalami loneliness berkepanjangan. (Sumber: Pexels)
Ilustrasi seorang perempuan yang sedang mengalami loneliness berkepanjangan.

Bagi seseorang yang mengalami kesepian ini, sebaiknya segera bangkit dari situasi tersebut. Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk, simak beberapa tips di bawah ini!

Menjalin relasi baru dengan lingkungan sekitar

Ketika ditinggal pergi selamanya oleh orang yang dekat, tentu memberikan rasa kesedihan dan kesepian mendalam. Meski begitu, bukan berarti kamu harus terus terpuruk dalam kesendirian tersebut. Kamu harus mulai untuk bangkit kembali.

Salah satunya caranya dengan mulai menjalin relasi baru. Kamu bisa terlibat aktif dan berbaur dengan orang-orang di sekitar. Hal tersebut tentu akan membuat kamu tidak merasa kesepian lagi. Sebab, kamu dapat mengalihkan rasa sedih dan sepi itu melalui interaksi dengan orang lain.

Meditasi meditasi agar pikiran tenang

Meditasi merupakan sebuah aktivitas yang bertujuan untuk memusatkan dan menjernihkan pikiran. Alhasil, kamu merasa lebih tenang, nyaman, dan produktif. Selain dapat mengusir rasa kesepian, cara ini juga bisa membantu memperkuat ikatan dengan diri sendiri. Dengan begitu, kamu akan lebih menghargai diri sendiri dan dapat meredakan rasa kesepian.

Memelihara binatang sebagai pengusir rasa kesepian

Ketika rasa kesepian yang dialami sudah parah, tentu bisa mengakibatkan stress. Untuk menghindari kondisi seperti itu, kamu dapat mulai mencoba untuk mengadopsi binatang di tempat tinggalmu. Melalui cara ini, seseorang pun memiliki binatang yang dapat diajak bicara. Bahkan, binatang tersebut juga dapat menjadi penghibur bagi pemiliknya saat sedang merasa sedih. Oleh karena itu, keberadaan hewan peliharaan ini dapat mengalihkan rasa kesepian kalian.

Menekuni hobi yang disukai

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengusir rasa kesepian ini adalah menekuni hobi. Umumnya, rasa sepi ini bisa diusir saat ada sebuah aktivitas yang menyita pikiran. Dengan menekuni hobi yang disukai, tentu fokus dan pikirannya hanya untuk hal tersebut saja.

Selain bisa menghilangkan rasa sepi, cara ini juga bisa membantu kalian untuk meningkatkan skill yang dimiliki. Apalagi dengan cara ini kalian juga bisa memiliki teman atau lingkungan baru. Jadi, rasa sepi berkurang dan skill bertambah.

Menyusun dan melakukan aktivitas rutin

Tak bisa dimungkiri, rasa kesepian itu datang saat kamu hanya berdiam diri dan meratapi keadaan. Salah satu cara untuk mengatasi persaan itu adalah menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas. Misalnya, olahraga, jalan pagi, memasak, menulis jurnal, atau bahkan mengikuti kursus-kursus untuk mengisi waktu kosong. Dengan aktivitas rutin dan padat ini, kamu dapat secara perlahan mengusir rasa kesepian.


Jika kamu sedang merasakan kesepian atau loneliness, sebenarnya itu bukan sesuatu hal yang salah. Ada kalanya seseorang akan merasakan kondisi tersebut pada suatu titik kehidupan.

Sayangnya, ada beberapa orang yang mengalami rasa kesepian ini dalam jangka waktu yang panjang. Bila rasa kesepian tersebut terus terjadi dalam waktu yang lama, maka sebaiknya kamu segera atasi dengan langkah di atas.

Gimana? Kamu masih merasa kesepian atau loneliness? Yuk, langsung saja ikutin langkah-langkah di atas!

Baca juga: Work-Life Balance Berpotensi Besar terhadap Kesehatan Mental

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular