SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Sunday, May 26, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan5 Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

5 Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Saat ini cuaca memang kadang terlalu panas dan terlalu dingin, sehingga perubahan cuaca tersebut banyak membuat orang sakit. Tak terkecuali pasti jadi hidung tersumbat pada bayi karena batuk dan pilek. Salah satu yang membuat susah tidur saat anak pilek adalah hidung mampet. Jadi sebagai orang tua, tidak ada salahnya tahu bagaimana apa saja cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi. 

Ketika bayi pilek, selain hidungnya tersumbat juga akan membuat susah bernapas nyaman. Ini pasti akan membuat anak susah tidur dan rewel apalagi di malam hari. Banyak orang tua menggunakan obat, tapi juga ada yang masih menggunakan cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi. 

Selain bahannya lebih mudah ada di sekitar rumah, cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi juga diyakini mengurangi jumlah penggunaan obat pada anak. Jadi sekarang memang seperti dulu lagi banyak yang menggunakan cara alami. 

Baca Juga: 3 Cara Membaca Hasil USG Bayi yang Benar, Wajib Tahu!

Penyebab Hidung Tersumbat pada Bayi

Penyebab Hidung Tersumbat pada Bayi

WHO sendiri menyebutkan kalau bayi akan sering demam, batuk, flu dan hidung tersumbat yang terjadi karena banyak hal. Ini karena selain sistem kekebalan tubuh yang masih berkembang sempurna, penumpukan cairan di dalam hidung juga sering ditemukan karena berbagai hal. Bisa karena kelahiran prematur, iritasi hingga udara kering dengan kelembaban rendah menjadi penyebab hidung tersumbat pada bayi. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Nama Bayi Laki-Laki Huruf R Islami Modern Untuk Si Buah Hati Beserta Artinya

Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Berikut beberapa cara tradisional mengatasi hidung tersumbat yang bisa Anda lakukan di rumah!

1. Jemur bayi di pagi hari

Sejak bayi baru lahir sangat disarankan untuk menjemurnya di bawah sinar matahari. Karena itu salah satu cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah dengan menjemurnya pagi hari agar mendapat cahaya matahari yang sehat. Bukan saja hidung tersumbat yang mereda, tapi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Baca Juga: 4 Manfaat Tummy Time Untuk Bayi yang Penting Orang Tua Ketahui!

2. Berikan tepukan lembut pada punggung

Tepuk lembut punggung bayi dengan memangkunya tengkurap. Beri minyak telon dan pijat sejenak agar anak mendapatkan kehangatan dan kenyamanan. Dengan cara ini, lendir bisa lebih reda.

3. Berikan pijatan lembut di sekitar hidung dengan posisi kepala lebih tinggi

Cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi lainnya adalah memberikan pijatan di sekitar hidung si Kecil. Dan usahakan anak agar tidak menangis sehingga penumpukan lendir pada hidung bayi tidak makin banyak. Anda dapat memposisikan kepala lebih tinggi agar anak juga bisa tidur lebih nyaman ya!.

4. Menggunakan air hangat

agar bayi tidak tersumbat hidungnya

Menggunakan air hangat untuk banyak hal adalah salah satu cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Mulai dari minum hangat, mandi air hangat bahkan menggunakan difuse alami air panas. Uap yang mengepul dari air hangat bisa membantu meredakan lendir yang tersumbat di hidungnya. Bahkan banyak orang tua yang meletakkan panci hangat di kamar dan meneteskannya minyak kayu putih, agar membuat bagian hidung tidak tersumbat. Namun perlu hati-hati agar tidak tersentuh anak ya!.

5. Sedot lendir dari hidung

Cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang masih ekstrim adalah menyedot lendir dari hidung. Kalau di jaman nenek moyang, biasanya sedot lendir dengan mulut, namun di jaman modern ada alat penyedot ingus bayi. Namun harus hati-hati agar tidak membuat iritasi hidung si Kecil ya!.

Selain itu jangan lupa untuk selalu menjaga cairan tubuh bayi agar tidak dehidrasi. Bila masih menyusui ASI, berikan ASI sebanyak-banyaknya agar kebutuhan cairan tubuhnya makin bagus. Bila sudah bisa MPASI, usahakan memberikan air dan makanan hangat yang lezat sehat bergizi seimbang untuk disantap.

Baca Juga: 5 Cara Mengajarkan Puasa pada Anak Sejak Usia Dini

Semoga berguna ya cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi ini! Selamat mempraktikkan!.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular