SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, July 16, 2024
spot_imgspot_img
HomePendidikanGenerasi Strawberry: Pengertian, 4 Ciri Utama dan Cara Mengatasi

Generasi Strawberry: Pengertian, 4 Ciri Utama dan Cara Mengatasi

Pengertian istilah generasi strawberry atau strawberry generation ini awalnya muncul di negara Taiwan. Pemilihan buah strawberry ini karena walau tampak indah dan eksotis, tetapi begitu dipijak atau ditekan ia akan mudah sekali hancur. Begitulah penggambaran generasi yang dimaksud.

Jadi walau generasi strawberry ini penuh dengan gagasan kreatif tetapi mudah menyerah dan gampang sakit hati. Walau banyak ide kreatif tapi juga banyak keresahan di hati, sehingga perlu dihindari sisi negatifnya. 

Baca Juga: Strawberry Generation, Si Kreatif tapi Mudah Menyerah

Berikut tentang generasi strawberry, ciri dan cara mengatasinya!.

Apa Penyebab Generasi Strawberry?

Apa Penyebab Generasi Strawberry
healtline: strawberry generation

Ternyata ada beberapa penyebab generasi strawberry yang muncul saat ini. Terlihat manis dan menyegarkan di luar tapi rapuh di dalam karena cepat hancur. Menurut para pakar ada beberapa penyebab generasi strawberry, berikut 4 ciri utama penyebabnya!.

1. Self diagnosis terlalu dini tanpa melibatkan pihak yang ahli

Dengan mudahnya akses internet, anak muda lebih percaya dengan informasi yang ada di internet tanpa menanyakannya lebih lanjut pada konsultasi ahli. Sehingga membuat banyak yang salah persepsi dan mengambil kesimpulan sendiri. Merasa sudah bisa memecahkan masalahnya, ternyata malah membuat over thinking lebih besar dan over diagnosis. Kondisi ini sangat tidak baik jika dilanjutkan, karena sebenarnya permasalahan yang dihadapi belum selesai.

2. Overthinking yang besar sehingga menjadi quarter life crisis

Di usia 25 tahun, kecemasan demi kecemasan terjadi walau pencapaian orang berbeda-beda tapi tetap membuat mereka menjadi khawatir yang berlebihan. Dengan besarnya media internet, pencapaian itu kadang diperlihatkan di media sosial dan membuat publikasi tersebut berdampak membawa kecemasan pada orang lain. Anak muda tidak bisa menyaring media sosial dengan baik, sehingga membawa dampak tidak baik bagi diri sendiri.

3. Cara orang tua yang berbeda

generasi saat ini anak muda

Dalam keluarga, kadang orang tua lupa untuk mendidik anaknya sesuai jaman. Jadi kalau parenting jaman dulu pasti tidak akan bisa dilakukan pada anak jaman sekarang. Mungkin bisa, tapi dengan porsi kecil. Dulu orang tua bisa menghukum anak hingga memukul adalah hal yang biasa, ternyata untuk sekarang tidak bisa karena traumatis ini akan membawa dampak buruk yang berkelanjutan. Anak akan lebih mudah kecewa dan tersinggung. 

4. Banyak generasi masa kini yang lebih mudah untuk lari dari kesulitan

Semua masalah yang dihadapi pasti sesuai dengan kemampuannya. Ternyata banyak generasi sekarang yang merasa hidupnya hancur karena masalah sepele. Rapuh karena hal kecil apalagi yang berhubungan dengan kuliah, kerja dan percintaan. Padahal kalau pendidikan di rumah kuat maka anak akan lebih mudah menghadapinya.

Apa yg harus kita lakukan untuk menghadapi generasi strawberry?

Apa Penyebab Generasi Strawberry

Untuk mengatasi generasi strawberry yang mudah rapuh ini ada beberapa cara untuk mengatasinya.

1. Jangan mengganti waktu dengan uang

Banyak generasi strawberry yang mengejar karir hingga membuang banyak hidupnya. Namun ini tidak perlu dilakukan terlalu dibuat berat, agar tetap bisa menikmati hidup dengan baik.

2. Latih diri untuk tidak menuruti setiap keinginan

Keinginan besar para generasi strawberry ini memang membludak, ide kreatif hingga gagasan apik sering muncul. Namun tidak semua harus sesuai keinginan, jadi lakukan yang benar-benar bisa dilakukan secara fokus saja.

3. Hati-hati dalam melakukan self diagnosis

Jangan ragu untuk mendapatkan bantuan ahli bila diperlukan. Terlalu banyak menyaring informasi malah tidak maksimal dan malah salah melakukan tindakan penanganan selanjutnya. 

4. Tetapkan keinginan dan tujuan yang realistis dengan kolaborasi maksimal

Ketika sudah memiliki fokus pada keinginan, jangan lupa untuk menghadapinya secara maksimal. Tidak perlu flexing hanya untuk mencari perhatian dan menceritakan masalah yang dihadapinya. Bahkan terkesan melebih-lebihkan banyak hal. Dengan kolaborasi dari banyak usia akan membuat generasi strawberry lebih bijak karena akan mendapat banyak advice yang cocok dan bisa dilakukannya.

Generasi strawberry memang generasi kreatif namun juga lebih rapuh. Itu tadi pengertian, ciri penyebab dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular