You are here
Home > Kesehatan >

Pelanggar Prokes di Tangsel Dihukum Berdoa di TPU Khusus Covid-19

Pelanggar Prokes
Bagikan

MediaGo – TNI-Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Tangerang Selatan (Tangsel) kembali melakukan razia terhadap pelanggar prokes (protokol kesehatan). Pelanggar prokes di Tangsel kali ini mendapatkan hukuman atau sanksi. Seperti apa sanksinya?

Dibawa ke TPU Jombang Khusus Covid-19

Kali ini, untuk pertama kalinya TNI-Polri dan Satpol PP melakukan sanksi yang berbeda dari sebelumnya yakni pelanggar yang terjaring dibawa ke TPU Jombang, Ciputat, Senin (18/1/2021).

Baca juga: DKI Jakarta Siapkan 21 Rumah Sakit Rujukan Pasca Vaksinasi COVID-19

Di mana TPU Jombang merupakan TPU khusus bagi penderita covid-19. Dua truk Satpol PP Tangsel beukuran besar yang mengangkut belasan pelanggar tiba pukul 11.30 WIB di TPU Jombang.

Dengan memakai rompi orange bertuliskan pelanggar PSSB belasan pelanggar tersebut, kemudian digiring menuju makam covid-19.

“Inilah saudara-saudara kalian yang lebih dulu menghadapi ilahi karena covid-19. Covid itu ada dan nyata, ingat itu,” ujar petugas melalui pengeras suara.

Selama satu jam lamanya, belasan pelanggar diimbau untuk mendoakan saudara-saudara mereka.

Efek Jera Pelanggar Prokes

Pelanggar Prokes 2

Salah satu pelanggar, Edo mengaku hukuman ini membuatnya jera dan tidak akan mengulangi kesalahan atau melanggar protokol kesehatan.

“Kalau begini, buat pelangggar jera. Tapi lebih baik ditegur di tempat, push up dikasih sanksi disitu. Tapi ini perlu buat teguran kita, bener-bener jera dalam covid ini. Kapok saya,” tutur Edo.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Tangsel, Muksin Al Fachry menjelaskan, alasannya membawa pelanggar protokol kesehatan agar mereka paham akan dampak covid-19.

“Ada 19 teman-teman yang melanggar prokes terkait dengan masker kenapa kita ajak ziarah ke mari. Kami bersama-sama jajaran samping, Kepolisian, dan TNI tentunya dengan mengajak ziarah ini biar Masayrakat paham. Inilah kondisi yang tidak hoaks, memang benar kenyataan banyak, apalagi saat kita membawa ke sini ada beberapa jenazah terkonfirmasi covid yang dikuburkan,” papar Muksin.

Baca juga: Begini Cara Cek Penerima Vaksin Covid-19 Gratis

Berharap Masyarakat Patuh Prokes

Dengan adanya sanksi dibawa ke TPU khsusus covid-19, diharapkan masyarakat Tangsel bisa sadar dan patuh terhadap protokol kesehatan covid-19.

Baca Juga:  Jangan Sepelekan! Ini 7 Bahaya Menahan Bersin Bagi Kesehatan, Gendang Telinga Bisa Pecah!

“Kami berharap masyarakat Tangsel mematuhi aturan-aturan yang ada di Tangerang Selatan. Tapi yang terpenting adalah sebenarnya bukan masalah edaran atau aturan, tapi kepemahaman, kesadaran untuk sama-sama menjaga kesehatan demi kita semua,” ungkapnya.

“Jadi kami minta agar masyrakat sama-sama, yo kita jaga diri kita, jaga saudara-saudara kita, jaga keluarga kita, jaga masyarakat kita Tangerang Selatan agar tidak terpapar covid-19,” tambah Muksin.

Mayoritas Pelanggar Tak Gunakan Masker

Lanjut Muksin, belasan pelanggar protokol kesehatan pada umumnya terjaring karena tidak mengenakan masker. Bahkan, ada yang tidak memiliki masker sama sekali.

“Ya tadi kita tanya kenapa tidak memakai masker, ada yang bilang lupa. Ada tadi bilang tidak punya masker lalu kita kasihan, kita kasih masker,” tutupnya.


Bagikan
Dia

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top