You are here
Home > News >

Begini Cara Cek Penerima Vaksin Covid-19 Gratis

Cek Penerima Vaksin Covid
Bagikan

MediaGo – Mulai Rabu, 13 Januari 2021, pemerintah melakukan vaksinasi atau penyuntikan vaksin Covid-19. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi orang pertama di Indonesia yang menerima vaksin Covid-19 Sinovac.

Selain Presiden Jokowi, sejumlah pejabat juga mendapatkan penyuntikan vaksin Covid-19 yang digelar di Istana Negara, kemarin. Sebut saja Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Idam Azis, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin dan pejabat lainnya.

Ada juga perwakilan dari masyarakat. Salah satunya atris ternama Raffi Ahmad sebagai perwakilan anak muda atau milenial.

Baca juga: Presiden Jokowi Jadi Orang Pertama Di Indonesia Yang Divaksin Covid

Vaksinasi ini akan dilakukan secara bertahap. Semua masyarakat Indonesia nantinya akan mendapatkan vaksin Covid-19. Pemerintah pun akan memberikannya secara gratis.

Cek Penerima Vaksin Covid-19

Namun, masih banyak masyarakat yang bertanya bagaimana cara mengetahui sebagai penerima vaksin Covid-19. Nah, kali ini MediaGo coba merangkum dari berbagai sumber cara pengecekan penerima vaksin yang bisa dilakukan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Berikut caranya:

  • Penerima vaksin akan menerima notifikasi pemberitahuan melalui SMS Blast dari ID Pengirim: PEDULICOVID.
  • Selanjutnya melakukan registrasi ulang melalui: SMS 1199 atau UMB *119#; aplikasi Pedulilindungi atau website https://pedulilindungi.id; melalui Babinsa/Babinkamtibmas setempat.
  • Selanjutnya Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19 mengirim tiket elektronik sebagai undangan kepada penerima vaksin yang telah terverifikasi.
  • Pengingat jadwal layanan akan dikirimkan oleh sistem via SMS atau aplikasi Pedulilindungi.id kepada sasaran.

Cara Lain Cek Penerima Vaksin Covid-19 di Pedulilindungi.id

  • Buka situs pedulilindungi.id/cek-nik
  • Masukkan data berupa nomor NIK di kolom yang tersedia
  • Masukkan kode yang tertera di layar
  • Klik selanjutnya
  • Layar akan menunjukkan hasil apakah NIK terdaftar atau tidak.
Baca juga: Warga Menolak Divaksin Covid-19, Siap-Siap Kena Sanksi

PeduliLindungi dibuat oleh pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika. Aplikasi ini diluncurkan pada Maret 2020 dan sudah diunduh 4,5 juta lebih.

Baca Juga:  5 Tanda Lailatul Qadar, Malam yang Sangat Dinantikan Umat Islam

Masyarakat bisa mengecek apakah dirinya terdaftar sebagai penerima vaksinasi Covid-19 prioritas atau tidak melalui website https://pedulilindungi.id/.

Selain itu, bisa juga mengeceknya melalui aplikasi PeduliLindungi yang dapat diunduh di Google PlayStore bagi pengguna Android atau Appstore bagi pengguna IOS.


Bagikan
GP

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top