You are here
Home > Kesehatan >

Penyebab Tangan Gatal Setelah Cuci Piring

penyebab tangan gatal setelah cuci piring

Biasanya orang-orang yang sering melakukan kontak dengan air sabun akan merasakan gatal pada bagian tangan. Kondisi ini biasa disebut juga dengan dishpan hands, dan umumnya akan ditandai dengan ruam pada kulit. Penyebab tangan gatal setelah cuci piring ini tentu bisa karena beberapa faktor. 

Dishpan hands sendiri dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, namun akan sangat mengganggu jika muncul di tangan. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya, simak yuk penyebab tangan gatal setelah cuci piring dan cara mengatasinya. 

Apa penyebab tangan gatal setelah cuci piring?

penyebab tangan gatal setelah cuci piring
Penyebab tangan gatal setelah cuci piring. (Gambar: http://femina.co.id)

Dilansir Health Hype, istilah medis untuk dishpan hands adalah dermatitis kontak iritan. Kondisi terjadi akibat kulit bersentuhan langsung dengan zat atau bahan kimia tertentu sehingga menyebabkan iritasi dan peradangan. 

Dermatitis kontak iritan dapat memengaruhi siapa saja meskipun beberapa orang lebih sensitif daripada yang lain. Ketika zat tersebut memicu reaksi kekebalan atau alergi, maka dikenal sebagai dermatitis kontak alergi. 

Hanya orang tertentu dengan riwayat alergi atau kecenderungan alergi yang akan menderita eksim jenis dishpan hands. Terdapat empat faktor utama penyebab dari iritasi kulit ini, baik secara individu maupun kolektif.

Faktor yang dimaksud, yakni sabun, air, keringat, dan sisa makanan di piring kotor. Dishpan hands lebih cenderung menjadi masalah jika memiliki kondisi kulit yang sudah ada sebelumnya, seperti tinea manuum atau jamur, dermatitis dyshidrotic, maupun psoriasis. Untuk itu, ingatlah bahwa eksim dishpan hands telah berkembang, maka segera lakukan perawatan bersama dokter.

Bagaimana cara mengatasi tangan gatal setelah cuci piring?

Tangan gatal setelah cuci piring umumnya bisa diatasi dengan perawatan rumahan, terutama jika gejalanya masih ringan. Berikut ini beberapa cara tepat untuk mengatasi tangan gatal setelah cuci piring yang bisa dilakukan seperti dilansir dari laman Good Doctor

1. Rendam tangan ke dalam air hangat

Retakan pada telapak tangan yang menjadi pertanda eksim atau dermatitis perlu dikelola dengan benar. Jika kulit tangan menjadi pecah-pecah dan berdarah, maka cobalah untuk merendam tangan ke dalam air hangat selama 5 hingga 10 menit lalu tepuk-tepuk hingga kering.

Setelah itu, oleskan salep berbahan dasar plain petroleum ke seluruh tangan dan kenakan sarung tangan katun selama setidaknya 30 menit. Salep dengan bahan dasar gliserin juga bisa digunakan karena dapat membantu menyembuhkan kulit kering dan pecah-pecah. 

2. Oleskan pelembap secara teratur

Melembapkan kulit sangat penting, terutama jika memiliki masalah kulit mendasar seperti dermatitis kontak alergi. Hal ini harus menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari agar gejala tidak kambuh. Carilah pelembap yang mengandung humektan emolien agar aman digunakan jangka panjang.

3. Perhatikan jika terdapat luka

Berhati-hatilah jika ada kerusakan atau luka pada kulit sebelum bahan kimia bersentuhan dengan tangan dan menyebabkan iritasi. Pastikan untuk segera berbicara dengan dokter jika gejala semakin parah dan mengakibatkan ketidaknyamanan.

Pencegahan untuk tangan gatal setelah cuci piring

Selain perawatan, tangan yang terasa gatal juga bisa dicegah dengan menghindari faktor pemicunya. Pencegahan tepat yang dapat kamu lakukan jika tangan gatal setelah cuci piring, antara lain sebagai berikut: 

1. Gunakan sarung tangan karet saat mencuci

Sarung tangan karet adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah dishpan hands. Alat ini tahan air sehingga dapat mengurangi risiko iritasi kulit, karena mencegah tangan bersentuhan langsung dengan air dan sabun. 

2. Ganti sabun cairan pencuci piring

Terkadang jenis detergen pencuci piring jika dicurigai sebagai penyebab tangan gatal. Umumnya, detergen yang lebih kuat dan sangat beraroma bisa menjadi sumber masalah. Oleh karena itu, jika tangan cenderung gatal atau terbakar setelah mencuci piring segera ganti dengan merek lain. 

3. Lepas semua perhiasaan

Saat mencuci piring, semua perhiasan perlu dilepaskan karena seringkali sabun dan air terperangkap di dalamnya. Jika paparan terjadi terlalu lama atau jangka panjang, maka bisa mengiritasi kulit.  

4. Cuci, bilas, dan keringkan tangan secara menyeluruh

Biasakan untuk membilas kembali tangan menggunakan air bersih setelah mencuci piring. Gunakan juga sabun lembut untuk membersihkan tangan hingga masuk ke sela-sela jari. Setelah itu, keringkan tangan dengan handuk atau kain.

Baca juga: 4 Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebab Kulit Gatal Karena Jamur

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top