You are here
Home > Kesehatan >

PMI Tangsel Akui Permintaan Plasma Darah Meningkat Hingga ke Kalimantan

Darah-Plasma-Tangsel
Bagikan

MediaGo – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany belum lama ini meresmikan beroperasinya donor plasma darah guna membantu penyembuhan pasien penderita Covid-19. Setelah diresmikan, Palang Merah Indonesia (PMI) Tangsel rupanya langsung kebanjiran permintaan.

Hal itu diungkapkan Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Tangsel Suhara Manullang. Menurutnya, plasma darah sudah banyak yang booking atau banyak yang sudah pesan.

“Seperti untuk golongan AB itu sudah banyak yang booking. Jadi tuh setiap hari memang ada yang booking. Jadi pas ada pendonor, itu sudah langsung ada yang booking,” terang Suhara dalam keterangannya.

Permintaan dari Luar Tangsel

Pesanan plasma darah juga datang dari luar daerah Tangsel. Untuk itu, PMI Tangsel akan berinisiatif untuk langsung menjemput bola dengan mendaftarkan para penyintas Covid-19 yang sembuh usai dirawat di RLC.

“Banyak permintaannya. Termasuk ke luar Tangsel juga. Bahkan, ke Kalimantan pun sudah kita kirim. Untuk saat ini, sudah terdapat 80 penyintas yang bersedia dan mendaftarkan diri menjadi pendonor plasma konvalesen,” jelas Suhara.

Baca juga: Angka Kematian Covid-19 Capai 5 Persen, Pemkot Tangsel Harap Kedisiplinan Warga

Namun, kata Suhara, dari 80 penyitas hanya 24 orang yang lolos dari berbagai persyaratan untuk bisa melakukan donor darah plasma. Dan, diperkirakan akan menghasilkan 52 kantong plasma darah.

“Jadi setiap satu orang pendonor bisa menghasilkan dua atau tiga kantong plasma darah. Tapi semua itu sudah sold out,” tutur Suhara.

Adapun, syarat donor darah plasma yakni pendonor pernah positif covid-19, dan kemudian dinyatakan sembuh. Untuk usia, syarat pendonor plasma darah konvalesen berkisar antara 18 tahun hingga 60 tahun.

Dan untuk waktunya, penyintas Covid-19 bisa melakukan donor darah plasma konvalesen dengan rentang waktu setidaknya 14 hari atau maksimal tiga bulan setelah dinyatakan sembuh atau negatif Covid-19.

Baca Juga:  Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Penghujan

Kriteria Pendonor Plasma Darah

Secara teknis, setelah calon pendonor memenuhi syarat untuk mendonorkan darah plasma konvalesennya, pendonor akan menjalani kegiatan donor selayaknya kegiatan donor darah biasa.

Akan tetapi, perbedaannya pada donor darah plasma konvalesen, yang nantinya diambil hanya plasmanya saja, sementara darahnya kembali dialirkan ke tubuh pendonor. Dalam satu kali kegiatan donor, setidaknya dibutuhkan waktu setengah jam hingga satu jam.


Bagikan
Dia

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top