SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Monday, April 8, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan3 Tanaman Anti Polusi Untuk Menjaga Kualitas Udara di Dalam Rumah

3 Tanaman Anti Polusi Untuk Menjaga Kualitas Udara di Dalam Rumah

Udara segar di sekitar memang sangat penting, terutama di dalam rumah. Mengingat pasti menghabiskan waktu lebih lama di dalam ruangan, karena itu wajib menjaga kualitas udara yang baik. Salah satunya adalah dengan menempatkan tanaman anti polusi udara dalam rumah. 

Dengan meletakkan tanaman anti polusi di dalam rumah, maka kualitas udara akan lebih baik sehingga Anda lebih sehat dan hidup lebih berkualitas. Udara yang tercemar dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti iritasi mata, hidung tersumbat, alergi, dan bahkan masalah pernapasan yang lebih serius. 

Baca Juga: Udara Makin Kotor, Ini 7 Cara Menjaga Kualitas Udara di Rumah yang Benar!

Tanaman anti polusi bukan hanya untuk estetika saja, tapi juga dapat memproduksi udara dengan kualitas yang lebih baik. Karena tanaman memiliki kemampuan alami untuk menyerap gas berbahaya dan zat kimia dari udara dan mengubahnya menjadi oksigen melalui proses fotosintesis. Beberapa tanaman juga dapat menyerap partikel-partikel debu dan mengurangi kadar zat-zat beracun seperti formaldehida, benzena, dan trichloroethylene yang dapat berasal dari cat, furniture, dan produk pembersih rumah tangga.

3 Tanaman Anti Polusi Untuk Menjaga Kualitas Udara di Dalam Rumah

3 Tanaman Anti Polusi Udara Untuk Menjaga Kualitas Udara di Dalam Rumah

1.  Kembang Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis)

Tanaman anti polusi ini direkomendasikan oleh Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementerian Pertanian (Kementan). Kemampuan bunga kembang sepatu dalam menyerap kandungan nitrogen di udara dapat untuk mengatasi polusi udara. Kita bernafas juga akan lebih lega.

Tapi jangan meletakkankembang sepatu di ruang Radiografi, karena dapat meneruskan radiasi yang berbahaya bagi sekitar. 

Baca Juga: Polusi Udara Tangsel Jadi Sorotan, Simak Alasannya!

2.  Sansevieria

Ampuh menyerap racun di udara dan perkembang biakannya termasuk mudah, tanaman Sanseviera ini memang menjadi favorit banyak orang. Bahkan Sansevieria mampu menyerap 107 jenis racun, termasuk polusi udara, asap rokok (nikotin), hingga radiasi nuklir, sehingga cocok dijadikan penyegar udara loh!.

Yang terkenal biasanya untuk tanaman anti polusi adalah pedang-pedangan atau lidah mertua (Sansevieria trifasciata). Bukan hanya lidah mertua saja, tapi lidah buaya atau Aloe Vera (Aloe barbadensis miller) juga. Selain untuk merawat luka dan mengurangi iritasi kulit, Aloe Vera juga dapat membantu menghilangkan formaldehida dan benzena dari udara di dalam ruangan. Apalagi dia akan melepaskan oksigen di malam hari, jadi kamar tidur akan lebih segar udaranya. 

tanaman pembersih ruangan

3.  Tanaman Pakis

Tanaman pakis sangat mudah dalam perawatan, yang terkenal biasanya pakis Boston, pakis haji, pakis cinnamon, dan suplir. Karena pakis tidak tahan panas, maka cocok digunakan di dalam ruangan. Kemampuannya untuk membersihkan dan melembabkan udara dalam ruangan sudah banyak diteliti. Formaldehida di udara akan dengan mudah terserap oleh pakis, ruangan pun menjadi tidak pengap.

Buat Anda yang ingin minim perawatan, mudah dirawat dan berumur panjang, pakis bisa jadi salah satu cara untuk menempatkan tanaman anti polusi di dalam rumah. Cukup siram teratur dan beri cahaya matahari yang baik saja.

tanaman pembersih udara di rumah

Baca Juga: Dikategorikan Zat Berbahaya, RUU Kesehatan Ancam Industri Rokok Elektrik

Jangan lupa untuk menyesuaikan jumlah tanaman yang ada dengan ukuran ruangan. Dengan meletakkan tanaman pembersih udara di rumah Anda, bukan hanya dapat meningkatkan kualitas udara saja tapi juga menambah sentuhan hijau yang menyegarkan dan menghiasi rumah Anda. Lingkungan rumah pun menjadi lebih sehat dan menyenangkan.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular