SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Sunday, April 14, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan10 Penyakit pada Pria yang Perlu Diwaspadai

10 Penyakit pada Pria yang Perlu Diwaspadai

Tubuh pria memang terlihat lebih bugar dan bertenaga, namun ternyata pria memiliki resiko lebih besar terkena berbagai masalah kesehatan. Penyakit pada pria juga terbilang banyak, sehingga sebisa mungkin waspada dan melakukan pencegahan sejak dini. 

Ada banyak jenis penyakit pria yang perlu diperhatikan agar tidak mempengaruhi kesehatan tubuh. Ingin tahu lebih lanjut? Cek di sini ya!

Beberapa Penyakit pada Pria yang Perlu Diwaspadai!

1. Kanker Prostat

kanker prostat Penyakit pada Pria yang Perlu Diwaspadai

Ini adalah salah satu jenis kanker yang paling umum di kalangan pria dan sangat mematikan. Kanker ini mempengaruhi prostat, sebuah kelenjar kecil yang menghasilkan beberapa komponen cairan semen. Dan di Indonesia, kanker prostat menempati tiga besar jenis kanker yang sering diderita oleh pria.

Baca Juga: Mengenal Kanker Testis yang Menyerang Para Pria Usia Aktif

2. Jerawat

Biasanya saat remaja, pria lebih rentan berjerawat. Ini karena hormon androgen meningkat aktivitasnya saat masa pubertas. Hormon ini membuat kelenjar kulit membesar dan memproduksi lebih banyak sebum. Terperangkapnya kuman dan debu pada kelenjar minyak akan mempermudah terjadinya jerawat.

3. Penyakit Jantung

Pria memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita penyakit jantung pada usia yang lebih muda. Yang kerap menyerang adalah aterosklerosis, dimana terjadi pengerasan pada pembuluh darah. Sehingga dapat menyumbat pembuluh darah di jantung dan otak yang dikenal dengan serangan jantung atau stroke.

Baca Juga: Dirut BPJS Kesehatan: Cegah Risiko Penyakit Jantung, Kurangi Konsumsi Garam

4. Kanker Paru-paru

kanker paru

Merokok adalah penyebab utama kanker paru-paru. Dan ternyata sering terjadi pada pria dibandingkan wanita, apalagi kalau perokok aktif. Karena zat pada rokok bisa merusak sel dalam paru-paru. Penyakit pada pria ini perlu diwaspadai.

5. Diabetes

Penyakit pada pria lainnya yaitu deiabetes. Pria memiliki risiko tinggi terkena diabetes tipe 2. Kondisi ini bisa mengakibatkan komplikasi serius seperti penyakit jantung, stroke, dan kerusakan saraf.

Baca Juga: Awas Kena Diabetes! 3 Makanan Sehat Ini Ternyata Mengandung Tinggi Gula

6. Penyakit Hati

Beberapa faktor yang meningkatkan risiko penyakit hati meliputi penggunaan alkohol berlebihan, infeksi virus (seperti hepatitis B dan C), dan obesitas, yang semua ini cenderung lebih umum terjadi pada pria.

7. Kebotakan

kebotakan

Kebotakan (alopecia) bukanlah penyakit namun sering terjadi pada pria. Ini disebabkan ganguan hormonal, karena tubuh terlalu banyak memproduksi hormon dihidrotestosteron (DHT). Selain itu obat-obatan, keturunan, jamur di kulit kepala dan terapi kanker juga bisa mempengaruhi kebotakan. 

8. Stroke

Meskipun wanita memiliki risiko stroke yang lebih tinggi seumur hidup, pria lebih mungkin mengalami stroke pada usia yang lebih muda.

9. Depresi dan Bunuh Diri

Pria lebih mungkin untuk melakukan bunuh diri dibandingkan wanita, meskipun wanita lebih mungkin didiagnosis dengan depresi. Ada stigma sosial yang terkait dengan pria yang mencari bantuan untuk masalah kesehatan mental, yang mungkin berkontribusi terhadap tingkat bunuh diri yang lebih tinggi.

Baca Juga: Tak Hanya Sekadar Jalan-Jalan, Ini 7 Manfaat Traveling Bagi Kesehatan Mental

10. Disfungsi Ereksi (Impotensi)

Disfungsi Ereksi (Impotensi) Penyakit pada Pria yang Perlu Diwaspadai

Dilansir dari mayo clinic, ini adalah masalah seksual umum yang mempengaruhi pria terutama di usia yang lebih tua. Hal ini sering kali dikaitkan dengan komplikasi karena kondisi kesehatan lain yaitu penyakit pada pria seperti diabetes dan penyakit jantung.

Untuk menjaga kesehatan Anda, jangan lupa untuk menjaga pola makan sehat gizi seimbang, olahraga teratur, istirahat cukup dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati penyakit pada pria ini.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular