SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Sunday, May 26, 2024
spot_imgspot_img
HomeKulinerLagi Sedih? Yuk Makan 6 Cemilan Moodbooster Ini!

Lagi Sedih? Yuk Makan 6 Cemilan Moodbooster Ini!

MediaGo – Ada yang butuh cemilan moodbooster untuk menghilangkan rasa sedih? Nah kamu bisa simak penjelasan berikut ini bahwa moodbooster bisa didapatkan dari makanan lho! Sebelumnya perlu diketahui bahwa selain berperan sebagai kebutuhan pangan yang utama, makanan juga dipercaya mampu mengobati suasana hati dan mood yang sedang tidak baik lho.

Ya, beberapa makanan ataupun minuman kerap kali digunakan sebagai media pelipur hati yang tengah dilanda perasaan sedih. Menawarkan berbagai komposisi baik yang memberikan efek serta sensasi menenangkan, guna memperbaiki suasana hati. Tak heran, makanan seringkali dijadikan pelarian utama ketika hati sedang lara.

Berikut ini telah merangkum deretan makanan dan minuman yang harus kamu coba ketika tatkala dihadapi dengan perasaan sedih. Yuk langsung saja disimak artikelnya berikut ini.

1. Cokelat

cemilan moodbooster

Terkenal akan rasanya yang manis, cokelat dipercaya mampu mengurangi kadar stres dan perasaan sedih yang sedang kamu rasakan. Dilansir dari laman Healthline, cokelat mengandung banyak senyawa yang dapat memperbaiki suasana hati.

Baik rasa, aroma maupun tekstur dari cokelat memiliki pengaruh yang sama besarnya dalam menyenangkan kondisi hati. Kamu akan mendapati sebuah kenikmatan tersendiri ketika menyantap sepotong cokelat.

Bagi kamu yang menghindari makanan terlalu manis, kamu bisa memilih dark chocolate yang mengandung lebih rendah gula. So, pilihlah cokelat yang sesuai dengan kebutuhan tubuhmu ya.

2. Buah Alpukat

cemilan moodbooster

Menawarkan kandungan omega yang tinggi, buah alpukat dapat menjadi ‘penyelamat’ dari rasa sedih dan kecemasan yang berlebihan. Asam lemak esensial yang terdapat pada buah alpukat mampu memperbaiki suasana hati dan meningkatkan kemampuan berpikir. Metabolisme tubuh juga ikut membaik sehingga mood stabil sepanjang hari.

Selain menghilangkan perasaan sedih, rutin mengonsumsi alpukat juga membantu mengontrol tekanan darah pada tubuh. Seperti dilansir dari laman detikcom, sebuah penelitian dari Department of Nutritional Sciences, Pennysylvania State University mengungkapkan hasil, bahwasanya alpukat dapat menghilangkan kolestrol jahat dan menggantikannya dengan kolestrol baik. Tak cuma hati yang bahagia, tubuh juga terjaga dari penyakit yang berbahaya.

3. Susu Hangat

cemilan moodbooster

Seperti halnya yang dilakukan oleh para orang tua ketika mendapati anaknya bersedih, memberikan segelas susu hangat dapat menjadi pilihan yang sangat tepat. Bukan tanpa alasan, kandungan kalsium serta vitamin D yang terdapat pada susu dapat membuat otot lebih rileks. Kualitas tidur juga ikut membaik dipengaruhi dari zat asam amino dan protein.

Cukup siapkan satu cangkir susu hangat dan konsumsilah sambil ditemani dengan alunan musik ataupun sambil membaca buku. Hal ini juga bisa kamu lakukan sebelum beranjak istirahat, agar tidurmu lebih berkualitas. Jangan lupa untuk perhatikan terlebih dahulu komposisi dari susu dan sesuaikan dengan kondisi tubuhmu ya.

4. Teh Hangat

cemilan moodbooster

Menjadi salah satu minuman andalan di kala lelah, mengonsumsi teh juga dapat mempengaruhi suasana hati yang tengah sedih lho. Aromanya yang lembut disusul dengan rasa teh yang manis kerap mampu memberikan sensasi nyaman dan menenangkan diri yang diselimuti rasa sedih.

Dilansir dari laman Nature, daun teh memiliki khasiat menenangkan sekaligus memuaskan dahaga. Minuman yang satu ini juga kerap dijadikan suguhan ketika meditasi agar lebih rileks sehingga suasana hati akan membaik

5. Gandum

cemilan moodbooster

Tak cuma berperan sebagai santapan sebelum beraktivitas, gandum juga kerap dijadikan sebagai olahan di kala hati sedang sedih.

Data yang didapat dari laman Healthline, kandungan serat yang terdapat pada gandum memungkinkan terjadinya pelepasan gula ke dalam aliran darah sehingga energi dalam tubuh kembali stabil, yang diikuti dengan meningkatnya suasana mood.

Stabilnya kadar gula pada darah juga dapat mengatur perubahan emosi sehingga kamu tidak mudah merasakan sedih di waktu yang tiba-tiba. Perasaan menjadi terkontrol dan hati terasa lebih bahagia.

6. Yogurt

cemilan moodbooster

Tak selalu dikaitkan dengan pengaruh jahat, nyatanya terdapat beberapa bakteri yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Adalah probiotik yang tergolong bakteri baik di mana sering ditemukan di beragam produk yogurt yang memberikan banyak keuntungan seperti kesehatan mulut, tubuh hingga meningkatkan suasana hati.

Menurut para peneliti dari Leiden Institute of Brain and Cognition di Belanda, mengungkapkan bahwa bakteri probiotik dianggap ampuh dalam melawan rasa cemas dan sedih.

Hal ini didasari oleh percobaan terhadap 40 orang dewasa yang mendapati peningkatan kemampuan mengontrol emosi setelah rutin mengonsumsi yogurt. Penemuan ini juga menjadi sebuah inovasi baru dalam mengatasi rasa sedih yang kerap dialami oleh orang dewasa.

CopyAMP code
Fitrianingsih
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular