You are here
Home > Kuliner >

8 Tips Hilangkan Bau Amis Setelah Masak Daging Kurban

tips hilangkan bau amis
Bagikan

MediaGo – Ada beberapa tips hilangkan bau amis setelah masak daging kurban yang bisa kamu coba di rumah. Tentunya, saat Idul Adha tiba, kamu pasti akan sibuk memasak beragam olahan daging untuk disantap bersama keluarga. Setelah masak-memasak selesai, enggak jarang kalau alat masak kamu jadi kotor dan meninggalkan bau amis. Kalau sudah begini, rasanya perlu perhatian ekstra agar alat masak yang digunakan tidak mempengaruhi rasa dari masakan lain. Nah, berikut ini adalah tips hilangkan bau amis pada alat masak yang bisa kamu coba terapkan.

Tips Hilangkan Bau Amis Daging Kurban

1. Air Garam

tips hilangkan bau amis

Bumbu dapur yang satu ini pasti selalu tersedia di rumah kamu kan? Selain bisa memberi rasa asin dan enak pada masakan, garam juga bisa bantu menghilangkan aroma amis pada alat masak. Kamu bisa mencampurkan 3 sendok garam dengan segelas air. Setelah itu, rendam peralatan masak kamu dengan air garam tadi dan diamkan hingga 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air dan bersihkan dengan sabun pencuci piring seperti biasa.

2. Baking Soda

tips hilangkan bau amis

Baking soda memang sudah lama dikenal punya beragam manfaat untuk membersihkan peralatan dapur. Tapi bukan cuma membersihkan noda, baking soda juga bisa menghilangkan aroma amis pada alat masak kamu. Sama seperti sebelumnya, kamu hanya perlu merendam alat masak dengan baking soda yang sudah dilarutkan dalam air. Lalu diamkan beberapa saat dan bilas dengan air mengalir serta sabun pencuci piring.

3. Cuka

tips hilangkan bau amis

Aroma cuka memang menyengat, namun aroma inilah yang bisa bantu menghilangkan amis dari alat masak kamu. Kamu hanya perlu mencampurkan cuka dengan air biasa. Kemudian, semprot campuran tersebut ke alat masak kamu. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan sabun. Dijamin deh, aroma amis pada alat masak akan langsung hilang.

Baca Juga:  Pernah Heboh, Ini 8 Makanan dan Minuman Viral selama Pandemi

4. Bubuk Kopi

tips hilangkan bau amis

Aroma kopi yang segar dan cukup kuat memang sudah sering dimanfaatkan untuk memberantas aroma tak diinginkan. Misalnya, aroma tak sedap pada sepatu dan helm. Selain itu, bubuk kopi juga bisa menghilangkan aroma amis di alat masak kamu. Cukup campurkan bubuk kopi ke dalam campuran air sabun kamu, lalu cuci alat masak seperti biasa. Setelah dibilas, aroma amis pun akan berganti dengan aroma segarnya kopi.

5. Taruh irisan kentang dan garam

tips hilangkan bau amis

Kentang juga sudah terbukti mampu menghilangkan segala jenis bau, termasuk bau amis akibat ikan dan daging. Caranya, potong kentang dalam irisan tebal dan taburkan sedikit garam di kedua sisinya. Kemudian, tempatkan irisan kentang ini di alat masak yang bau selama sekitar 10-15 menit dan kemudian cuci bersih.

6. Air Rebusan Kayu Manis

tips hilangkan bau amis

Kayu manis adalah bumbu dapur yang ampuh untuk menangkal bau amis pada peralatan masak. Caranya, masukkan bubuk kayu manis ke dalam alat masak yang hendak dibersihkan, tambahkan dengan 3 atau 4 gelas air, lalu rebus selama 5 menit. Setelah itu, biarkan dingin dan cuci untuk menghilangkan sisa bau tak sedap.

7. Kulit Lemon

tips hilangkan bau amis

Asam sitrat yang ada dalam kulit lemon adalah agen pembersih yang sangat ampuh sekaligus dapat membantu mengatasi bau masakan yang tertinggal di peralatan dapur.

Yang harus kamu lakukan hanyalah merebus kulit lemon segar dan air di alat masak berbau amis selama 20-30 menit kemudian mencucinya. Kalau kesulitan mendapatkan kulit lemon, kamu juga bisa menggunakan kulit jeruk.

8. Gosok dengan potongan lemon dan garam

tips hilangkan bau amis

Langkah sederhana lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi bau amis pada peralatan masak ialah menggosoknya menggunakan lemon dan garam halus. Cukup siapkan 2 atau 3 buah lemon kemudian potong masing-masing menjadi dua bagian serta siapkan semangkuk garam.

Baca Juga:  Sisca Kohl Borong BTS Meal, ARMY Siap-siap Kehabisan!

Oleskan potongan lemon yang sudah dibelah dua ke dalam mangkuk garam lalu gunakan untuk menggosok peralatan masak yang berbau amis. Pastikan kamu menggosok semua bagian dengan baik. Biarkan selama 15-20 menit kemudian cuci dengan cairan pencuci piring.

Untuk mencegah bau amis pada masakan menempel dengan kuat di peralatan memasak, pastikan kamu segera mencuci bersih semua peralatan masak setelah dipakai.

Itulah 8 tips hilangkan bau amis setelah mengolah daging kurban. Selamat mencoba!


Bagikan
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top