Sunday, November 27, 2022
HomeKulinerKue Ombus Ombus, Jajanan Khas Asli Tapanuli Utara

Kue Ombus Ombus, Jajanan Khas Asli Tapanuli Utara

MediaGo – Pernah mencoba kuliner Kue Ombus Ombus? Bagi yang pernah mencicipi pasti akan terasa nikmat. Jajanan khas Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara ini bisa dikatakan sebagai ikon kuliner Tapanuli Utara yang sangat digemari oleh warga setempat dan wisatawan.

Kue Ombus-ombus merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut, gula merah ataupun gula putih. Kelapa parut ini kemudian dicampurkan dengan gula merah ataupun gula putih dan kemudian menjadi isian kue yang kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus ini.

Baca juga: Rasa Khas Mie Atep, Kuliner Legendaris Asal Bumi Laskar Pelangi

Dilansir dari laman goings.com, Kue Ombus Ombus dibuat harus memberi tiupan ketika menikmatinya. Kue ini akan terasa lebih nikmat disantap saat hangat. Namun pada saat acara seremonial, makanan yang lebih dikenal dengan nama Lempet ini biasanya dihidangkan bersama kopi atau teh.

Kue Ombus Ombus menjadi ikon kuliner khas Tapanuli Utara.
Kue Ombus Ombus menjadi ikon kuliner khas Tapanuli Utara.

Kalau kamu penasaran dengan Kue Ombus Ombus ini, jangan membeli di waktu siang. Pasalnya, jajanan ini dijual saat pagi hari. Bila kamu sedang berada di Tapanuli Utara, ada toko yang menjual penganan ini. Namanya, Toko Ombus Ombus No. 2 yang lokasinya 1,8 kilometer dari Bandara Silangit.

Baca juga: Mencicipi Kuliner Bali Tertua di Bali Timbungan

Toko yang dikelola oleh Opung Senteria ini meneruskan usaha orangtuanya yang sudah dijalankan sejak tahun 1955. “Kenapa namanya Ombus-ombus No. 2? Karena di Siborong-borong itu sudah banyak orang yang kasih nama ombus-ombus nomor 1. Jadi supaya beda saya kasihlah nama Ombus-ombus No. 2,” katanya dilansir dari laman wonderfulimages.kemenparekraf.go.id.

Toko Ombus Ombus No. 2 yang menjual Kue Ombus Ombus.
Toko Ombus Ombus No. 2 yang menjual Kue Ombus Ombus.

Sebelum datangnya COVID-19, Opung Senteria mampu menjual 400-800 Kue Ombus Ombus. Namun kini sudah menurun drastis. Kudapan ini yang banyak disukai oleh wisatawan dan warga setempat. Tidak jarang kue ini juga menjadi oleh-oleh wisatawan dari Jakarta dan daerah lainnya.

Baca juga: Rekomendasi 4 Tempat Kuliner Legendaris Nan Kaya Sejarah di Indonesia

So, buat kamu yang sedang berada di Siborongborong, Tapanuli Utara, jangan lupa mencicipi untuk Kue Ombus Ombus. Santap selagi hangat dan rasakan kelezatannya ditemani secangkir kopi Sidikalang. Duh! Kapan ya bisa bisa ke sana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular