SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, April 18, 2024
spot_imgspot_img
HomeKuliner10 Jenis Makanan Sahur yang Sebaiknya Hindari, Bisa Bikin Lapar

10 Jenis Makanan Sahur yang Sebaiknya Hindari, Bisa Bikin Lapar

MediaGo – Sobat, gimana puasa kalian kemarin? Lancar saja kan. Biasanya sih hari pertama puasa masih terasa kuat dari godaan lapar dan haus, berbeda jika sudah memasuki pertengahan. Bisa jadi salah penyebabnya adalah kamu mengonsumsi makanan sahur yang tidak tepat sehingga membuat lapar saat siang hari.

Rasa lapar dan haus akan datang setiap saat. Hal itu bisa terjadi karena makanan sahur yang kamu santap asal-asalan tanpa memperhatikan kandungan nutrisi dan energi yang terkandung didalamnya sehingga kamu akan jadi mudah lapar.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Sahur Agar Kuat Puasa Seharian

Sahur menjadi satu-satunya waktu kamu mengisi bahan bakar sebelum perut itu kosong selama 14 jam. Untuk itu, penting sekali kamu memilih menu makanan yang mengandung banyak nutrisi dan protein agar kebutuhan gizi tubuh bisa terpenuhi.

Jenis Makanan yang Mudah Bikin Lapar

Selain kelengkapan gizi, pastikan juga makanan yang kamu santap tidak mudah bikin lapar. Ada beberapa jenis makanan yang bisa bikin kamu cepat lapar setelah menyantapnya.

Makanan apa saja itu? Berikut daftar makanan lezat yang bisa bikin cepat lapar dan sebaiknya kamu hindari saat sahur agar ibadah puasamu tetap berjalan lancar seperti yang dikutip oleh laman IDN Times.

1. Makanan yang Tinggi Natrium

Terkadang tubuh kita mengartikan perasaan haus menjadi lapar. Sedangkan, makanan yang mengandung garam atau natrium tinggi didalamnya dapat meningkatkan rasa haus.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah tubuh kamu benar-benar lapar atau hanya sekadar haus adalah dengan banyak mengonsumsi air putih. Jika rasa haus masih timbul, maka berarti kamu memang butuh asupan padat.

2. Olahan Susu Rendah Lemak

Produk olahan susu rendah lemak, baik susu segar maupun yoghurt, memang memiliki kalori yang lebih sedikit. Namun, hal tersebut malah justru menjadi salah satu alasan kenapa kita jadi lebih mudah lapar saat puasa. Produk ini minim lemak untuk memperlambat pemecahan laktosa, sehingga kalori dalam tubuhmu jadi lebih mudah dibakar.

3. Putih Telur

Kita bisa merasa cukup kenyang hanya dengan mengonsumsi tiga sampai empat gram protein yang terkandung dalam putih telur. Kalorinya rendah dan tentunya bebas lemak. Namun ternyata itu berarti rasa kenyang yang didapat tak akan bertahan lama, seperti ketika mengonsumsi telur utuh.

Baca juga: 4 Menu Takjil Puasa Kekinian Yang Wajib Dicoba

4. Roti Gandum

Roti gandum menjadi salah satu penganan yang kaya akan serat. Namun, gizi lainnya seperti protein dan lemak tidak terkandung di dalamnya. Untuk itu, kita butuh pendamping ketika akan menyantap roti saat sahur demi menyeimbangkan nutrisinya. Beberapa yang disarankan antara lain seperti peanut butter, telur, dan alpukat.

5. Nasi

Kalau kata orang Indonesia, jika belum makan nasi itu berarti belum dikatakan sudah makan. Padahal nasi memiliki indeks glikemik yang begitu tinggi. Indeks ini akan memudahkan kadar gula darah dalam tubuh meningkat.

Karbohidrat sederhana yang terdapat di dalamnya akan lebih cepat dipecah jadi partikel gula, sehingga bisa membuat kita mudah lapar. Bukan berarti nasi dilarang ya, Sob! Kamu bisa mengantisipasi efek buruknya dengan dilengkapi lauk yang bergizi seimbang seperti misalnya lemak, protein, serat, dan vitamin.

6. Jus Buah

Seperti yang sudah diketahui, buah-buahan mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh. Namun sayangnya, buah tidak mengandung lemak dan protein di dalamnya. Padahal kedua zat itulah yang bisa mengulur waktu pencernaan, kamu merasa kenyang lebih lama . 

Alasan lainnya adalah karena minum jus itu tidak akan memberi sensasi yang sama dengan ketika makan daging buah langsung. Kamu akan merasa seperti belum makan apa-apa kalau hanya minum segelas jus saja, meskipun akan terasa cukup kenyang di awal saja.

7. Sereal

Makanan yang sebaiknya kamu hindari selanjutnya adalah Sereal. Mungkin jenis makanan ini jadi alternatif praktis, apalagi jika kita bangun sahur kesiangan. Dilansir dari laman Bustle.com, sereal ternyata jenis makanan yang bisa bikin kita merasa makin lapar beberapa saat setelah mengonsumsinya.

Kandungan gula yang sangat tinggi didalam sereal akan menaikan kagar gula darah dengan sangat cepat. Bukan hanya itu, sereal juga akan dicerna lebih cepat, sehingga perutmu akan mudah lapar. Zach J. Cordell, seorang ahli gizi, menyarankan kombinasi sereal dengan protein dan serat, agar makan sahur kalian tetap mendapat gizi yang cukup. Jadi perut kenyang lebih lama deh!

Baca juga: 5 Aneka Takjil Buka Puasa Yang Lezat Dan Bebas Santan

8. Kentang Goreng

Kentang rebus atau kentang panggang bisa jadi salah satu alternatif sumber karbohidrat yang cukup baik untuk tubuh. Namun, berbeda dengan kentang goreng. Minyak panas yang terserap akan mereduksi gizi pangan kentang dan menambah lemak jahat, apalagi jika disajikan dengan bumbu ber-MSG dan natrium tinggi. Jangan coba-coba deh!

9. Kue atau Makanan Manis

Jenis makanan tinggi gula seperti roti, donat, dan aneka dessert sebaiknya kamu hindari saat sahur. Makanan yang seperti ini beresiko kamu mudah lapar karena hanya mengandung tinggi karbo dan lemak, tapi gizinya nol.

Lagi-lagi, makanan manis menjadi salah satu penyebab lonjakan gula darah dan pelepasan banyak insulin. Kamu mungkin akan merasa kenyang sesaat, tapi kemudian merasa dua kali lipat lebih lapar yang tentu saja bisa menganggu puasamu.

10. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji seperti burger sebenarnya mengenyangkan, tapi jenis makanan ini tidak cukup baik dijadikan sebagai sumber energi. Makanan yang sudah diproses seperti makanan cepat saji ini biasanya mengandung bahan seperti pengawet, lemak trans, HFCS, dan tinggi garam. 

“Secara khusus, tingginya kadar pengawet dan lemak trans dapat mengganggu kemampuan lambung untuk memberi sinyal pada otak. Hormon-hormon yang berhubungan dengan rasa kenyang di otak tidak diproduksi, sehingga otak kehilangan kemampuannya untuk mengenali bahwa kita sudah makan, kata ” R.J. Kayser, pengawas nutrisi di Olórin Nutrition.

Sahur sebenarnya bukan soal makan banyak, tapi pilih makanan bergizi. Meski makan sedikit, manfaat luarbiasa dari makanan bergizi seimbang akan terasa sepanjang hari. Nah guys, dari sepuluh makanan yang bikin cepat lapar di atas, jenis mana yang paling sering kamu jadikan sebagai menu sahur? Tulis di kolom komentar ya!

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular