SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, July 11, 2024
spot_imgspot_img
HomeKuliner5 Wisata Kuliner Bandung yang Nikmat!

5 Wisata Kuliner Bandung yang Nikmat!

MEDIAGO – Sebagai salah satu kota wisata, Bandung memiliki banyak kuliner yang dapat dinikmati para wisatawan. Di Bandung, kamu akan menemukan aneka ragam wisata kuliner, mulai dari hidangan tradisional hingga internasional. Bahkan, ada pula kuliner legendaris yang telah hadir sebelum Indonesia merdeka.

Bicara soal rasa, kamu tak perlu meragukan lagi. Pastinya, kuliner Bandung senantiasa menawarkan kelezatan yang sangat menggoyang lidah. Gimana? Kamu penasaran dengan deretan kuliner Bandung? Yuk, langsung saja simak artikel 5 Wisata Kuliner Bandung yang Nikmat!

Baca juga: Simak 10 Rekomendasi Street Food Murah di Jakarta

1. Wisata Kuliner Bandung – Warung Kopi Purnama

Pertama, destinasi wisata kuliner yang wajib kamu kunjungi adalah Warung Kopi Purnama. Tempat kuliner legendaris yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1930. Sesuai dengan tahun berdirinya, kedai kopi ini memiliki konsep vintage. Di sini, kamu akan menemukan bagian interior yang sederhana khas zaman kolonial Belanda. Pastinya, interior kedai ini jauh berbeda dengan kebanyakan coffee shop kekinian.

Bukan hanya keaslian bangunannya yang dijaga, tetapi rasa hidangannya juga tetap dipertahankan sejak dulu. Dari puluhan hidangan yang ditawarkan, menu yang paling wajib dicicipi di Kopi Purnama adalah Roti Srikaya dan Kopi Susu.

Untuk Roti Srikaya, hidangan ini dibuat dari bahan baku yang dibuat sendiri dengan resep khusus. Alhasil, roti ini memiliki tekstur yang begitu lembut dipadukan dengan sela srikaya yang rasanya manis dan gurih. Sementara itu, kopi susunya memiliki rasa yang cukup kuat. Namun, rasanya tidak terlalu asam, pahit, ataupun manis sehingga rasa kopinya pas di lidah.

Bagi kamu yang tertarik untuk mencicipi hidangan di kedai ini, harga menu yang ditawarkan cukup beragam mulai dari Rp5.000 – Rp46.000. Yuk, langsung aja berkunjung ke Warung Kopi Purnama di Jalan Alkateri No.22, Braga, Kota Bandung!

2. Kuliner Dimsum Sembilan Ayam Bandung

Wisata kuliner Bandung di Dimsum Sembilan Ayam. (Sumber: PergiKuliner)
Wisata kuliner Bandung di Dimsum Sembilan Ayam.

Selanjutnya, kuliner yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Bandung adalah Dimsum Sembilan Ayam. Kedai yang satu ini terkenal sebagai salah satu tempat dimsum terenak di Kota Kembang. Tak heran bila berkunjung ke sini, pasti akan selalu waiting list.

Menu-menu dimsum yang ditawarkan juga beragam, mulai dari Lumpia Ayam Udang, Hakau Udang, Siu Mai 9 Ayam, Pangsit Udang, Lumpia Abon, hingga Ceker 9 Ayam. Untuk harganya beragam, deretan dimsum ini dijual mulai dari Rp20.000 – Rp25.000.

Bagi kamu yang tertarik untuk mencicipi kuliner ini, lokasi kedainya terletak di Jalan Pasir Kaliki No.170, Kota Bandung. Kedai Dimsum Sembilan Ayam ini buka dari pukul 07.00 – 20.15 WIB. Yuk, langsung aja cicipi dimsum terenak se-Bandung ini!

3. Wisata Kuliner Bandung – Iga Bakar Si Jangkung

Wisata kuliner Bandung di Iga Bakar Si Jangkung. (Sumber: www.ksmtour.com)
Wisata kuliner Bandung di Iga Bakar Si Jangkung.

Salah satu kuliner yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Bandung adalah Iga Bakar Si Jangkung. Kedai yang satu ini merupakan spesialis daging iga di Kota Kembang. Bagi para pecinta kuliner berbahan dasar daging, pastinya Iga Bakar Si Jangkung ini wajib dicoba.

Hidangan iga bakar ini disajikan di atas hot plate. Untuk tulangnya, sudah dilepas dari dagingnya saat disajikan. Sementara itu, hidangan ini memiliki rasa yang nikmat dari perpaduan daging iga berbumbu dengan topping irisan bawang merah dan cabai rawit. Alhasil, hidangan ini memiliki sensasi rasa yang manis dan pedas.

Untuk harganya sendiri, seporsi Iga Bakar ini dijual Rp35.000. Gimana? Kamu penasaran dengan hidangan yang satu ini? Yuk, langsung aja datang ke Iga Bakar Si Jangkung di Jl. Cipaganti No.75G, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung!

4. Kuliner Cuanki Serayu

Wisata kuliner Bandung di Cuanki Serayu. (Sumber: https://www.abangdayu.com/)
Wisata kuliner Bandung di Cuanki Serayu.

Bila berkunjung ke Bandung, rasanya kurang lengkap kalau tidak mencoba Cuanki. Jajanan Cuanki khas Kota Bandung ini merupakan singkatan dari “cari uang jalan kaki”. Hidangan ini merupakan campuran antara bakso dan berbagai isiannya. Lalu, dilengkapi juga dengan batagor dan disajikan dalam satu mangkok.

Salah satu kedai cuanki yang wajib dicoba adalah Cuanki Serayu. Berbeda dari kedai cuanki lainnya, Cuanki Serayu ini sudah berdiri sejak tahun 1990-an. Maka dari itu, soal rasa tak perlu diragukan lagi. Apalagi kuah kaldu di sini berasal dari rebusan tulang ikan, sehingga rasanya jauh lebih gurih dan khas dibandingkan cuanki lainnya.

Bagi yang ingin menikmati seporsi cuanki, kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp17.000. Untuk lokasinya, Cuanki Serayu terletak di Jl. Serayu No.2, Cihapit, Kota Bandung. Kedai ini buka dari pukul 11.00 – 19.00 WIB dan khusus di hari Jumat buka mulai jam 13.00 – 19.00 WIB. Selamat mencicipi cuanki khas Bandung!

5. Kuliner Kupat Tahu Gempol

Terakhir, kuliner yang wajib kamu cicipi adalah Kupat Tahu Gempol. Hidangan ini merupakan salah satu kuliner khas Bandung yang hadir sejak tahun 1965. Meskipun penyajiannya masih bergaya tradisional, namun hidangan ini menawarkan kenikmatan yang tiada tara.

Hidangan ini berisi potongan tahu kuning yang digoreng setengah matang. Lalu, ditambahkan kecambah rebus dan irisan ketupat. Kemudian, makanan tersebut disiram dengan saus sambal kacang dan ditaburi oleh kerupuk udang. Alhasil, rasa kupat tahu ini menjadi manis, gurih, dan menyatu dengan sempurna di lidah.

Untuk menikmati sepiring Kupat Tahu Gempol ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp12.000 saja. Penasaran dengan hidangan legendaris ini? Yuk, langsung aja datang ke Jl. Gempol Kulon No.53, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung!


Itulah beberapa informasi tentang tempat wisata kuliner Bandung yang wajib dikunjungi. Gimana? Kamu tertarik atau sudah pernah mencicipi kuliner-kuliner di atas? Yuk, berikan komentarmu di bawah ini!

Baca juga: 3 Inspirasi Bento Anak Sekolah Lucu Untuk Memperingati Hari Gizi Nasional

Baca juga: Lesssalt Siap Beri Solusi Praktis Diet Sehat untuk Warga Singapura

Baca juga: Kuliner Khas Bali Hadir di Festival Kuliner Serpong 2022

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular