SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Friday, April 12, 2024
spot_imgspot_img
HomeNewsBPN Tangsel Tingkatkan Pelayanan dan Tambah Fasilitas

BPN Tangsel Tingkatkan Pelayanan dan Tambah Fasilitas

MediaGo – Kantor Pertanahan/BPN Tangerang Selatan (Tangsel) terus melakukan inovasi untuk menunjang pelayanannya, yakni dengan menambah fasilitas publik, layanan antrean maupun pengaduan secara elektronik.

Kepala Kantor Pertanahan/BPN Tangsel, Harison Mocodompis mengatakan, hal tersebut lantaran dirinya mencoba menjadi pemohon yang tengah menunggu antrian.

“Awalnya saya lakukan riset dengan mencoba jadi pemohon. Kok bosan juga ya nunggu lama. Jadi kita lakukan inovasi dengan menambah fasilitas publik di penataan ruang,” ujar Harison di BPN Tangsel pada Selasa (23/8/2022).

Baca juga: Ini Alasan Pertamina Soal Harga Pertalite Naik Jadi Rp10 Ribu Per Liter

Beberapa fasilitas publik di BPN Tangsel yaitu Pojok Zona Integritas-Costumer Service dan Pengelolaan Pengaduan, Ruang ASI, Ruang Bermain Anak, Reading Corner atau Pojok Baca yang dilengkapi beragam buku bacaan. Lalu Community Empowerment Corner untuk memasarkan produk UKM asal Tangsel, Klinik dan Sultan Cafe, dimana pemohon bisa menikmati minuman dan makanan sambil menunggu antrian.

“Jadi kita buat pemohon senyaman mungkin saat menunggu antrean. Kita juga meluncurkan e-ticket untuk antrean secara online. Saya tunjuk perwira untuk meninjau staff yang bertugas dalam pelayanan,” ungkapnya.

Menurut Harison, semua metode tersebut untuk membuat saluran pelayanan menjadi lebih mudah. Dengan sistem ini, semua masyarakat kuasa PPAT atau lainnya mempunyai kesempatan yang sama untuk menerima layanan di BPN.

“Dengan kuota antrian 120 per hari. Jadi tidak ada penyerahan produk secara diam-diam mengingat BPN Tangsel telah mendapat predikat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” lanjutnya.

Baca juga: Anies Baswedan: 85% Rumah Tinggal Di Jakarta Tidak Terkena PBB

Selain itu, BPN Tangsel juga memiliki kemudahan dalam permohonan lain, yakni membuka kantor pada Sabtu-Minggu hingga jam 12.00 untuk pemohon langsung atau bukan kuasa dengan semua jenis layanan.

“Hal ini lantaran kesibukan para pekerja di hari biasa, jadi kita permudah semua jenis layanan di saat weekend. Ditambah dengan hadirnya loket BPN Tangsel di Mal Pelayanan Publik (MPP) pada saat weekday pukul 08.00 hingga 12.00 siang,” tandasnya.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular