SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Saturday, April 13, 2024
spot_imgspot_img
HomeGaya HidupHiburanKolaborasi Tono Supartono dan Andi Rianto Ciptakan ‘Sang Bidadari’

Kolaborasi Tono Supartono dan Andi Rianto Ciptakan ‘Sang Bidadari’

MediaGo – Kerinduan akan dunia musik membuat Tono Supartono kembali berencana merilis lagu baru berjudul Sang Bidadari. Lagu yang menjadi judul dari mini album solonya tersebut dikerjakan bersama sahabat sekaligus komposer Magenta Orchestra, Andi Rianto.

Lagu Sang Bidadari sendiri pada awalnya merupakan sebuah ide spontan yang muncul di tengah kejenuhan Tono terhadap vakumnya berbagai kegiatan di masa awal pandmi COVID-19. Tono memang terbiasa mengisi waktu luangnya dengan bermusik dan menulis lagu.

“Lagu Sang Bidadari merupakan sebuah ide spontan saya yang muncul di tengah kejenuhan saat vakumnya berbagai kegiatan di masa awal pandemi COVID-19,” kata Tono lewat keterangan resminya, Rabu (5/5/2021).

Baca juga: Naja Dewi Maulana Rilis Single Perdana ‘Hung Up’

Meski dikenal sebagai pengusaha, Tono Supartono sebenarnya tidak asing terdengar di industri musik. Pasalnya, Tono pernah menulis lagu Keagungan Tuhan yang sempat menjadi hits di Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors pada 1978 dan kemudian dinyanyikan oleh Eddy Silitonga.

Selain itu, Tono juga telah menghasilkan beberapa album, antaranya album Tono and Trust Band, album Moving On (Magenta Singers), dan album kumpulan Melodi Terbaik Tono Supartono.

WhatsApp Image 2021 05 04 at 22.27.35
Sang Bidadari, lagu ciptaan Tono Supartono

Tantangan Proses Rekaman Sang Bidadari

Menurut Tono, lagu Sang Bidadari tercipta hanya dalam hitungan jam. Selanjutnya, Tono berkomunikasi dengan Andi untuk dibuatkan aransemen musik bernuansa orkestra. Bersama Budapest Scoring Orchestra sebagai pengiring, Andi meminta tiga hari untuk menulis partitur Sang Bidadari.

Kondisi pandemi membuat Tono dan Andi tidak dapat mengawasi proses perekaman secara langsung. Proses pengawasan rekaman dilakukan secara jarak jauh dengan mekanisme pengiriman data melalui email, di mana secara berkala Andi mengirimkan partitur secara digital ke Hungaria untuk dijadikan acuan dalam proses rekaman.

Bagi keduanya, hal tersebut menjadi salah satu tantangan dalam proses pembuatan lagu Sang Bidadari. Namun, segala proses yang rumit bagi Tono dan Andi sebanding dengan kepuasan akan hasil rekaman. Perlu diketahui bahwa album ini proses mixing-nya digarap oleh Tommy P. Utomo dan mastering-nya oleh Don Bartley (Sidney Australia).

Baca juga: Band Cokelat Rilis Merchandise Helm ‘Sayap Garuda’

Sang Bidadari Rilis Akhir Mei 2021

Lagu Sang Bidadari rencananya akan dirilis pada akhir Mei 2021. Perilisan juga disertai dengan video musik yang disutradarai oleh Wahyu Taufani Prialangga. Lagu Sang Bidadari sendiri bisa dinikmati di berbagai platform musik digital pada 20 Mei 2021, yang juga akan diikuti dengan perilisan mini albumnya.

Untuk musik videonya dapat disaksikan langsung di kanal YouTube Overclock Studios. Dengan perilisan lagu dan video musik Sang Bidadari, Tono Supartono dapat menjadi inspirasi bahwa tidak ada batasan usia dalam berkarya, karena pada akhirnya kemauan dan keyakinan diri itu sendiri yang dapat melewati semua batasan.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular