SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, July 16, 2024
spot_imgspot_img
HomeNewsKemnaker Siap Tingkatkan Kompetensi Komunitas Sanggar Seni dan Budaya Betawi

Kemnaker Siap Tingkatkan Kompetensi Komunitas Sanggar Seni dan Budaya Betawi

MediaGo – Kemenkerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) siap memfasilitasi peningkatan kompetensi bagi masyarakat komunitas sanggar seni dan budaya Betawi.

Hal itu disampaikan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat kunjungan di Yayasan Sirih Dare yang berlokasi di Gang Citra, Tegal Parang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Senin (17/4/2022).

Ida Fauziyah menyatakan, kekagumannya terhadap warga komunitas budaya, namun tetap produktif secara ekonomi.

Baca juga: Deretan Makanan Khas Jakarta yang Selalu Jadi Favorit Banyak Orang

Hal ini dapat menjadi contoh positif bagi kelompok-kelompok budaya lainnya, yang produktif secara ekonomi.

“Ini pendekatan budaya, tapi produktif secara ekonomi. Tinggal perlu ditingkatkan produktivitasnya saja dan berikutnya menjadi tugas pemerintah untuk memfasilitasinya,” kata Ida.

Menaker Ida Fauziyah saat di Yayasan Sirih Dare yang berlokasi di Gang Citra Tegal Parang Mampang Prapatan Jakarta Selatan
Menaker Ida Fauziyah saat di Yayasan Sirih Dare yang berlokasi di Gang Citra, Tegal Parang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Menurutnya, salah satu tugas kemnaker adalah menyiapkan tenaga kerja kompeten. Caranya dengan memberikan pelatihan kompetensi di Balai-balai Pelatihan Vokasi yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Ia menilai hasil bir pletok saset yang diproduksi komunitas Betawi Yayasan Sirih Dare, masih dapat digali atau dikembangkan lebih banyak lagi, makanan atau minuman khas Betawi lainnya.

Baca juga: 5 Cara Mudah Membuat Bir Pletok, Minuman Khas Betawi

Untuk itu, Kemnaker siap memfasilitas masyarakat atau pemuda di sini, yang ingin mengembangkan diri dalam bentuk usaha, dengan program perluasan kesempatan kerja.

“Di antaranya melalui program-program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) secara kelompok kita fasilitasi, setelah itu ditingkatkan dengan TKM lanjutan,” ujarnya.

“Kalau bir pletok ini sudah sukses, maka perlu dikembangkan lagi makanan atau minuman khas Betawi yang perlu didorong kemajuannya seperti bir pletok,” pungkas Menaker Ida.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular