SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Friday, July 12, 2024
spot_imgspot_img
HomeNewsTol Becakayu Seksi 2A Bisa Pangkas Waktu Tempuh Sampai 30 Menit

Tol Becakayu Seksi 2A Bisa Pangkas Waktu Tempuh Sampai 30 Menit

MediaGo – Jalan Tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) Seksi 2A dan 2A Ujung Ruas Jakasampurna-Marga Jaya akan dilakukan ujicoba pada Jumat, 24 Maret 2023.

Pelaksanaan ujicoba tol Becakayu itu berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 2A dan 2A Ujung Ruas Jakasampurna-Marga Jaya.

Baca juga: Bikin Sedih, Hard Rock Cafe Jakarta Akan Ditutup per 31 Maret 2023

Rencanaya, ujicoba Tol Becakayu akan dilakukan di ruas Jakasampurna-Marga Jaya sepanjang 4,48 kilometer. Ujicoba ini juga akan dikenakan tarif lama sebesar Rp14.000 untuk kendaraan golongan I seperti mobi, sedan, bus, pick up, dan truk kecil.

Ujicoba dilakukan sebagai rangkaian sosialisasi penyesuaian tarif Tol Becakayu yang semula menggunakan sistem terbuka dengan 1 tarif (single tariff) menjadi sistem terbuka 4 zona tarif.

Usai sosialisasi dan ujicoba, jalan Tol Becakayu sepanjang 16,78 kilometer akan beroperasi secara penuh dengan menggunakan sistem terbuka 4 tarif mulai April 2023.

Baca juga: 10 Tradisi Unik Menyambut Ramadan dari Berbagai Daerah di Indonesia

Direktur Keuangan & Manajemen Risiko PT Waskita Toll Road (WTR) Edie Rizliyanto mengatakan, perubahan tarif Tol Becakayu diharapkan dapat menyeimbangkan antara panjang perjalanan rata-rata tempuh pengguna jalan tol dengan besaran tarif tol.

4 Tarif Tol Becakayu

Pengguna jalan tol dari arah Bekasi yang masuk melalui Gerbang Tol (GT) Marga Jaya 2 dan keluar melalui exit Tol Pondok Kelapa, Jatiwaringin, Cipinang dan Jalan D.I. Panjaitan akan dikenakan tarif zona 4.

Tarif zona 3 akan berlaku pada pengguna jalan yang masuk melalui GT Jakasampurna dan keluar pada exit tol tersebut.

Baca juga: 5 Hal Wajib Dipersiapkan untuk Menyambut Puasa Bulan Ramadan

Sedangkan pengguna jalan tol dari arah Bekasi yang masuk melalui GT Pondok Kelapa 2 dan GT Jatiwaringin 2 menuju Jakarta masing-masing akan dikenakan tarif zona 2 dan 1.

Bagi pengguna jalan tol dari arah Jakarta yang keluar pada GT Jatiwaringin 1, GT Pondok Kelapa 1, GT Bintara Jaya, dan GT Marga Jaya 1 masing-masing akan dikenakan tarif zona 1, 2, 3, dan 4.

Dengan adanya Tol Becakayu, pengguna jalan tol dapat memangkas waktu tempuh perjalanan yang sebelumnya mencapai 60 menit menjadi 20-30 menit saja.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular