SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, October 22, 2024
spot_imgspot_img
HomeNews11 Daerah Uji Coba Beli Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina

11 Daerah Uji Coba Beli Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina

MediaGo – PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahaannya, PT Pertamina Patra Niaga akan segera melakukan uji coba pembelian BBM bersubsidi jenis pertalite dan solar dengan menggunakan aplikasi MyPertamina mulai 1 Juli 2022.

Pelaksanaa uji coba pembelian BBM subsidi dengan aplikasi MyPertamina ini akan dilakukan secara bertahap di seluruh Indonesia. Untuk tahap awal, uji coba pembelian pertalite dan solar subsidi ini akan dilakukan di 11 daerah pada 5 provinsi.

Daerah tersebut dipilih berdasarkan karakteristik lokasi yang dekat dengan tambang atau industri, kesiapan infrastruktur, mempertimbangkan angkutan atau transportasi umum, dan kesiapan daerah.

Baca juga: Mulai 1 Juli 2022, Beli Pertalite Dan Solar Wajib Pakai MyPertamina

Kesebelas daerah yang akan mengimplementasikan pembelian BBM subsidi jenis pertalite dan solar dengan aplikasi MyPertamina ini adalah:

– Sumatera Barat : Kota Padang Panjang, Kabupaten Agam, dan Kabupaten Tanah Datar.

– Jawa Barat: Kota Bandung, Kota Sukabumi, Kota Tasikmalaya, dan Kabupaten Ciamis.

– Kalimantan Selatan: Kota Banjarmasin.

– Yogyakarta: Kota Yogyakarta.

– Sulawesi Utara: Manado

Baca juga: Sejarah Sarinah, Bentuk Penghormatan Presiden Soekarno Untuk Pengasuhnya

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan, inisiatif ini dimaksudkan dalam rangka melakukan pencatatan awal untuk memperoleh data yang valid dalam rangka penyaluran BBM subsidi lebih tepat sasaran. 

“Data pengguna yang terdaftar dan telah mendapatkan QR Code ini adalah bagian dari pencatatan penyaluran Pertalite dan Solar agar bisa lebih tepat sasaran, bisa dilihat trennya, siapa penggunanya. Kami pun tidak mewajibkan memakai aplikasinya, hanya perlu daftar melalui website yang dibuka pada 1 Juli nanti,” kata Alfian dalam keterangan resminya, Rabu (29/6/2022).

Cara Daftar MyPertamina

Alfian menjelaskan tahapan-tahapan pendaftaran pun tidaklah susah. Masyarakat dapat mengakses website subsiditepat.mypertamina.id dan siapkan dokumen yang dibutuhkan antara lain KTP, STNK kendaraan, foto kendaraan, alamat email, dan dokumen lain sebagai pendukung. Jika seluruh syarat telah dipenuhi, masyarakat untuk melakukan konfirmasi ‘daftar sekarang’.

Baca juga: Pekan Raya Jakarta Dari Masa Ke Masa

“Data yang sudah didaftarkan akan diverifikasi atau dicocokkan dengan kesesuaian persyaratan. Jika semua terpenuhi maksimal 7 hari kerja, maka pengguna tersebut akan dinyatakan terdaftar dan menerima QR Code melalui email, atau melalui notifikasi di website,” jelas Alfian.

Jika menerima notifikasi adanya kekurangan atau ketidakcocokan dokumen, masyarakat bisa mencoba kembali melakukan pengisian data kendaraan dan identitasnya sesuai rekomendasi kekurangan yang ada.

Baca juga: Asal Nama Jakarta Dari Zaman Kerajaan Hingga Sekarang

Untuk kemudahan dan mengantisipasi kendala di lapangan, selain diakses dengan aplikasi MyPertamina, QR Code yang diterima juga bisa diprint out dan dibawa fisiknya ke SPBU ketika ingin melakukan pengisian Pertalite dan Solar. QR Code tersebut kemudian akan dicocokkan datanya oleh operator SPBU.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, tahapannya sangat mudah, yang penting memastikan sudah daftar dan memastikan datanya sudah terkonfirmasi. Jika sudah menerima QR Code, maka transaksi akan berjalan seperti biasa,” imbuhnya.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular