You are here
Home > Pendidikan >

9 Pro-Kontra Belajar dari Rumah Selama Masa Pandemi

Pro-Kontra Belajar dari Rumah Selama Masa Pandemi
Bagikan

MediaGo – Bukan hanya perekonomian saja yang terdampak pandemi COVID-19. Dunia pendidikan pun ikut terdampak. Penerapan protokol kesehatan membuat sistem belajar mengajar berubah dari tatap muka menjadi belajar dari rumah.

Sampai saat ini, metode belajar dari rumah atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) masih menimbulkan pro-kontra di kalangan orangtua. Banyak orangtua yang mengeluh susahnya metode PJJ ini. Namun, tidak sedikit pula yang menerima sistem belajar dari rumah dengan sukacita.

Baca juga: Pahami 3 Gaya Belajar Anak Saat Belajar Dari Rumah

Bagi orangtua yang masih ragu dengan sistem belajar dari rumah mungkin karena belum paham dengan penerapan belajar online. Berikut ini beberapa manfaat dari penerapan belajar dari rumah di masa pandemi.

Manfaat Belajar dari Rumah Secara Virtual

1. Kapasitas Belajar Lebih Banyak

Survei IBM menemukan bahwa peserta belajar akan menjadi lebih besar lima kali lipat ketika menggunakan sisitem belajar online. Dengan metode online, memberi siswa kendali penuh atas proses belajarnya. Selain itu, siswa dapat belajar dengan kemampuan dan kecepatan mereka sendiri.

2. Menjaga Perilaku dan Disiplin Anak

Belajar dari rumah dengan sistem onlinebisa menjadi kesempatan bagi anak-anak menunbuhkan perilaku disiplin dan menghargai waktu. Selain itu, pembelajaran online akan menumbuhkan sikap tanggung jawab ketika diberikan tugas oleh guru mereka.

Baca juga: Belajar Efektif Di Masa New Normal Dengan Metode Cornell, Pernah Dengar?

3. Menjaga Perkembangan Otak Anak

Belajar secara online akan melatih otak dan daya pikir anak terus berkembang karena tetap diasah setiap hari dengan berbagai kegiatan dan tugas dari guru. Anak menjadi tetap produktif sehingga sel-sel otak anak akan terus berkembang.

4. Rutinitas Sekolah Tetap Terjaga

Belajar dari rumah secara online punya manfaat agar ritme rutinitas sekolah tetap terjaga. Ketika sistem sekolah tatap muka sudah dibuka kembali, maka anak tidak akan merasa kaget dengan kegiatan sekolah seperti bangun pagi, mengerjakan tugas, atau aktivitas lainnya.

Baca Juga:  SGU dan BI Jalin Kerja Sama Program Kampus Merdeka Bank Indonesia
Metode belajar dari rumah secara online.
Metode belajar dari rumah secara online. (Gambar: Doc. Freepik)

5. Melatih Motorik dan Kemampuan Anak

Belajar online juga bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan anak dalam segala bidang, juga dalam hal meningkatkan kemampuan motorik halus dan kasar anak melalui menulis dan permainan tetap berjalan dengan baik. Selain itu juga melatih koordinasi mata anak seperti membaca dan melihat instruksi guru untuk ditiru, dan lain-lain.

6. Mendeteksi Gangguan Tumbuh Kembang Anak

Belajar dari rumah secara online bisa menjadi cara untuk mengetahui gangguan tumbuh kembang anak. Misalnya belum dapat mengenali warna, susah memegang gunting, terlambat bicara, belum dapat melompat dapat lebih cepat terdeteksi. Dengan belajar online, orangtua bisa mendeteksi keterlambatan tumbuh kembang anak lebih dini.

7. Mengenali Potensi Anak

Orang tua akan lebih mudah mengenali potensi anak jika anak mengikuti sekolah sehari-hari dan dapat mengarahkannya dengan tepat sasaran dan tepat waktu. Contoh potensi anak antara lain, linguistik, musical, logical, body kinestetik, visual spasial, interpersonal, natural, dan moral.

Baca juga: Guru Harus Menjadi Sahabat, Bukan Hanya Pendidik

8. Menjaga Kebersamaan

Sadarkah Anda sebagai orangtua, ketika anak belajar dari rumah, banyak orangtua menjadi lebih dekat dengan anak. Belajar didampingi oleh orangtua bisa menjadi salah satu momen terindah anak yang mungkin tidak akan dilupakan selama hidupnya.

9 Menjaga Anak Tetap Bahagia

Anak yang tetap mengikuti sekolah secara online akan lebih bahagia daripada anak berhenti bersekolah sama sekali. Anak yang berhenti sekolah, ketika kembali bersekolah lagi, anak akan mengalami rasa tidak nyaman dikarenakan merasa tertinggal dari teman bukan saja secara akademis.

Jadi, apakah belajar dari rumah secara online di masa pandemi masih harus menimbulkan pro-kontra? Penerapan belajar online ini merupakan upaya agar proses belajar mengajar tetap berjalan dan anak tetap bisa berkembang secara mental dan akademik.

Baca Juga:  ACT dan GIS Serpong Gelar Konser Kemanusian Bersama Melly Goeslaw

Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top