You are here
Home > Pendidikan >

Pahami 3 Gaya Belajar Anak Saat Belajar dari Rumah

3 Gaya Belajar Anak Saat Belajar dari Rumah
Bagikan

MediaGo – Setiap orang punya cara sendiri untuk belajar. Banyak orangtua tidak tahu gaya belajar anak mereka. Terlebih saat ini, anak-anak masih dihadapkan dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Mau tidak mau, orangtua merangkap sebagai guru dan harus memahami metode seperti apa yang tepat agar anak bisa belajar dengan baik.

Gaya belajar pada dasarnya adalah kunci pengembangan dan kinerja diri. Lalu, apa saja gaya belajar anak yang harus diketahui oleh orangtua? Ada berbagai tipe gaya belajar yang perlu diketahui. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Gaya Belajar Auditori

Gaya belajar auditori adalah tipe belajar yang memanfaatkan indera pendengaran. Gaya belajar anak yang memiliki tipe belajar auditori akan lebih sensitif pada suara. Misalnya, jika anak menyukai belajar dengan diiringi suara seperti musik atau mendengarkan penjelasan materi melalui audio, senang berdiskusi dan menjelaskan sesuatu panjang lebar, tipe belajar itu tergolong auditori.

Baca juga: Belajar Efektif Di Masa New Normal Dengan Metode Cornell, Pernah Dengar?

2. Gaya Belajar Visual

Gaya belajar visual ini hampir digemari oleh kebanyakan orang, dimana anak belajar dengan memanfaatkan indera penglihatan. Gaya belajar anak visual ini cenderung dimiliki oleh orang-orang yang menyukai belajar dengan gambar, warna, dan membuat catatan yang rapi.

Gaya Belajar Anak di Rumah
Belajar Visual, Salah Satu Proses Belajar Anak di Rumah Saat Pandemi Covid-19. (Gambar: Doc. Saint Monica Jakarta)

Orang yang memiliki gaya belajar anak ini akan lebih mudah mengingat sesuatu jika ia melihat langsung daripada mendengarkan. Jika anak senang melakukan aktivitas belajar seperti itu, berarti tipe belajar anak termasuk tipe belajar visual.

Baca juga: 5 Manfaat Membacakan Buku Pada Anak

3. Gaya Belajar Kinestetik

Gaya belajar yang terakhir adalah kinestetik. Tipe belajar ini memanfaatkan sentuhan dan fisik.  Jika anak menyukai pembelajaran dengan aktivitas fisik seperti menggunakan objek nyata sebagai alat bantu belajar, banyak menggunakan isyarat tubuh, menyukai permainan dan olahraga, belajar melalui praktik, tipe belajar kamu adalah tipe kinestetik.

Baca Juga:  Fenomena Fatherless di Indonesia dan Dampaknya bagi Anak

Itulah gaya belajar yang perlu diketahui para orangtua. Dengan memahami gaya belajar anak, maka akan sangat membantu anak mengerti materi pelajaran. Selain itu, orangtua juga akan semakin mudah membimbing anak belajar di rumah. Nah, yang mana gaya belajar anak Anda?


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top