SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, April 16, 2024
spot_imgspot_img
HomeNewsYuk, Ketahui 10 Hal yang Bisa Membatalkan Puasa Ramadhan

Yuk, Ketahui 10 Hal yang Bisa Membatalkan Puasa Ramadhan

MediaGo – Puasa Ramadhan hanya tinggal menghitung hari guys, umat Islam di seluruh dunia akan menjalani kewajiban mereka setiap tahunnya untuk menahan diri dari hawa nafsu seperti lapar dan haus. Puasa Ramadan ini diwajibkan untuk orang-orang yang beriman saja, seperti yang telah dijelaskan Allah SWT dalam surat Al Baqarah ayat 183:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (QS Al Baqarah: 183).

Puasa Ramadhan

Baca juga: 5 Jenis Olahraga Ringan Saat Puasa Yang Direkomendasikan

Allah SWT menyebutkan dalam ayat tersebut, sebagaimana puasa ini diwajibkan atas mereka yang beriman, sesungguhnya Allah pun telah mewajibkannya atas umat-umat sebelum mereka.

Hal yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Nah, sebelum bulan puasa Ramadhan hadir, ada baiknya melakukan persiapan puasa salah satunya adalah dengan mengetahui dahulu beberapa hal yang dapat membatalkan puasa agar perjuangan menahan hawa nafsu selama 14 jam kalian tidak sia-sia begitu saja. Berikut ini 10 hal yang membatalkan puasa yang berhasil MediaGo rangkum dari berbagai sumber, salah satunya dari situs Muslim.or.id;

1. Makan dan Minum dengan Sengaja

Makan dan minum dengan sengaja tentu saja jadi hal utama yang dapat membatalkan puasa Ramadhan. Berbeda, jika kamu makan dan minum tidak sengaja atau dalam keadaan lupa, maka puasanya tidak akan batal. Dengan syarat kamu harus segera berhenti dan melanjutkan puasa.

2. Berhubungan Badan di Siang Hari

Melakukan hubungan badan antara suami dan istri di siang hari dengan sengaja bisa membatalkan puasa. Jika puasanya adalah puasa Ramadhan, maka suami dan istri diwajibkan untuk mengganti puasa tersebut di luar bulan Ramadan, terlebih untuk suami, kamu berkewajiban juga untuk membayar kafarat.

3. Muntah dengan Sengaja

Muntah dengan Sengaja

Seseorang yang dengan sengaja mengeluarkan makanan atau minuman dari dalam perut melalui mulut, atau memasukkan benda ke dalam mulut hingga mual dan muntah, maka bisa membatalkan puasa. Sebaliknya, jika muntah itu tidak disengaja, atau terjadi karena kamu sedang sakit pusing yang menyebabkan mual, maka puasa Ramadhan tidak akan batal.

Baca juga: 3 Ragam Olahan Buah Kurma Untuk Sahur dan Buka Puasa

4. Merokok dengan sengaja

Merokok menjadi salah satu hal yang bisa membatalkan puasa Ramadhan. Walaupun tidak makan dan minum, merokok ini dapat membuatmu batal puasa. Ini karena asap rokok yang dihasilkan akan masuk ke dalam lambung dan membuat puasamu batal, berbeda dengan mencium wangi-wangian yang tidak akan membatalkan puasa.

5. Haid

Wanita Haid
Ilustrasi wanita yang sedang mengalami haid otomatis batal puasanya.

Haid atau datang bulan yang hanya terjadi pada perempuan juga menjadi salah satu penyebab batalnya puasa Ramadhan. Walaupun haid atau pun nifasanya ini datang atau terjadi beberapa menit menjelang waktu azan Maghrib, maka puasanya akan tetap batal. Perempuan yang mengalami haid saat Ramadan bisa menggantinya dengan puasa sejumlah hari haid di luar bulan Ramadhan.

6. Nifas

Selain nifas pada haid, nifas ketika perempuan mengeluarkan darah karena proses melahirkan juga bisa membatalkan puasa.

7. Keluar Air Mani dengan Sengaja

Pria yang dengan sengaja mengeluarkan air mani (ejakulasi) saat sedang puasa, maka puasa Ramadhannya itu bisa batal dan diwajibkan untuk mereka mengganti atau qadha puasanya tersebut di luar bulan Ramadhan.

Baca juga: Olahraga Saat Puasa Ternyata Mampu Memberikan Dampak Baik Untuk Tubuh

8. Hilang Akal atau Gila

Dalam Islam sudah dijelaskan bahwa orang gila atau hilang akal tidak diwajibkan untuk puasa. Jika seseorang memiliki gangguan kejiwaan secara tiba-tiba, dan sedang berpuasa, maka puasanya itu batal.

9. Epilepsi

Orang yang menderita ayan atau biasa dikenal dengan epilepsi, juga akan batal puasa Ramadannya jika itu terjadi sepanjang hari.

10. Murtad

Murtad adalah kondisi dimana seseorang keluar dari Islam, baik karena keyakinan mereka, ucapan maupun perbuatan yang dilakukan. Oleh karena itu, jika seseorang dengan sengaja keluar dari Islam, maka sudah dipastikan puasa orang tersebut telah batal karena syarat sah puasa adalah harus Islam.

Nah itulah sepuluh hal yang dapat membatalkan puasa menurut Islam. Semoga kita selalu dalam keadaan sehat ya karena sebentar lagi akan menyambut puasa Ramadhan yang suci dan penuh berkah. Semoga bermanfaat

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular