You are here
Home > Travel >

10 Tempat Wisata Sejarah Indonesia di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Wisata Sejarah

Salah satu alternatif untuk berlibur yang dapat mengedukasi anak adalah melakukan wisata sejarah. Apalagi jika edukasi yang membawa anak makin mengetahui bagaimana sejarah perjuangan bangsa Indonesia di masa lampau. Sejumlah tempat wisatanya bahkan juga menjadi saksi sejarah pahlawan Indonesia, lho. Yuk intip berbagai macam wisata sejarah yang bisa kamu kunjungi. 

Deretan wisata sejarah Indonesia di Jakarta

Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta tentu saja memiliki banyak tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan, lho. Penasaran apa saja? Yuk simak beberapa wisata sejarah Indonesia di Jakarta ini.

1. Museum Katedral

Tak hanya sebagai tempat ibadah bagi umat Katolik saja, Gereja satu ini juga memiliki fungsi sebagai salah satu wisata sejarah yang bisa untuk kamu datangi. Museum ini sendiri telah diresmikan sejak 28 april 1991 oleh Mgr. Julius Darmaatmadja dan untuk koleksinya sangat beragam. Pada umumnya terdiri dari sejarah para misionaris yang berasal dari Belanda.

Di mana misionaris tersebut bertugas untuk menyebarkan agama Katolik di Indonesia. Selain itu, di sini juga terdapat deretan foto Kardinal yang bisa untuk Anda lihat. Berada di Jalan Katedral, Pasar Baru, Jakarta Pusat maka kamu bisa melihat koleksi yang tersedia di museum satu ini. Untuk jam bukanya sendiri yakni buka setiap hari kecuali Hari Jumat.

2. Tugu Proklamasi

Wisata sejarah
Tugu Proklamasi. (Gambar: http://economy.okezone.com)

Lokasi kedua yang bisa untuk kamu kunjungi yakni Tugu Proklamasi yang berada di Jakarta Pusat. Untuk tugu satu ini pertama kali dibangun yakni pada tanggal 1 Januari 1961. 

Sedangkan untuk peresmiannya sendiri yakni pada tanggal 17 Agustus 1972, yang diresmikan oleh Presiden Soeharto. Salah satu tempat bersejarah di Indonesia ini, kamu akan disuguhkan dengan patung Bung Karno dan Bung Hatta yang sedang membaca teks proklamasi.

Selain itu, kamu pun juga bisa mengenang sejarah Proklamasi dengan lebih terasa ketika berada di tempat satu ini. Di lokasi satu ini pun tak hanya bisa kamu kunjungi sebagai tempat wisata saja. 

Melainkan, Tugu Proklamasi ini seringkali dijadikan sebagai tempat untuk upacara kemerdekaan. Bagi kamu yang ingin berkunjung, maka kamu bisa datang ke kawasan Pegangsaan, Menteng.

3. Museum Gajah

Salah satu museum yang bisa kamu kunjungi ketika berada di ibukota adalah Museum Gajah. Museum ini juga dikenal sebagai Museum Nasional dan telah didirikan pada zaman kolonial Belanda di tahun 1978. Ada banyak sekali koleksi yang terdapat di museum satu ini. Apabila kamu mengira akan menemukan gajah, maka hal itu tentu saja salah besar.

Hal ini dikarenakan kamu akan menemukan berbagai macam koleksi yang memiliki jumlah lebih dari 140 ribu buah. Koleksi tersebut, terdiri dari macam macam. Mulai dari arkeologi, geografis, keramik, etnografi, hingga zaman prasejarah pun dapat untuk kamu temukan di museum satu ini. Museum Gajah ini berlokasi di jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

4. Kawasan Kota Tua

wisata sejarah
Kawasan Kota Tua. (Gambar: http://Liputan6.com)

Tak lengkap rasanya jika ke Jakarta, namun belum mampir ke kawasan kota tua Jakarta. Di sini, ada banyak sekali deretan museum yang bisa untuk datangi. Selain itu, kawasan satu ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan karena tempatnya yang Instagramable. Untuk itu, kamu pun juga wajib untuk mendatangi tempat ketika sedang berada di ibukota, ada banyak kegiatan yang bisa untuk kamu lakukan. 

Mulai dari mencoba berbagai makanan khas Jakarta, berfoto di area Kota Tua hingga menyewa sepeda dan berfoto dengan beberapa ikonik yang ada di kawasan tersebut.

5. Museum Kebangkitan Nasional

Bangunan satu ini dulunya adalah sekolah kedokteran yang ada di era kolonial Belanda yakni bernama STOVIA atau yang juga dikenal dengan School tot Opleding van Inlandsche Arsten. Kemudian, seiring berjalannya waktu  maka bangunan satu ini pun berubah menjadi museum Kebangkitan Nasional. Tempat yang diresmikan pada tahun 1902 ini pun memiliki banyak sekali koleksi benda bersejarah.

Diantaranya ada beberapa yang wajib untuk kamu lihat. Seperti diorama yakni koleksi museum pelajar STOVIA hingga guru STOVIA. Tak hanya itu saja bahkan di sini kamu juga bisa melihat  diorama mengenai Kartini. 

6. Museum Bank Indonesia

Wisata sejarah
Museum Bank Indonesia. (Gambar: http://wisatasekolah.com)

Salah satu museum yang bisa kamu datangi ketika sedang berada di kawasan Kota Tua. Untuk kamu yang berkunjung ke museum Bank Indonesia ini, maka kamu pun akan menemukan banyak benda dan juga dokumen bersejarah. Benda benda bersejarah ini dirawat sehingga akan mampu untuk memberikan edukasi bagi pengunjung yang datang ke tempat satu ini.

Tak hanya itu saja, kamu pun juga bisa menemukan diorama yang menceritakan tentang perekonomian yang ada di Indonesia dari zaman ke zaman. Ada banyak hal yang bisa untuk kamu pelajari ketika sedang berada di sini. Terutama tentang ekonomi yang ada di Indonesia. Mulai dari mengenal mata uang rupiah dari waktu ke waktu serta benda-benda peninggalan sejarah lainnya juga bisa untuk kamu temui di museum yang berlokasi di Jakarta Barat ini.

7. Museum Bahari

Museum Bahari berlokasi di Jakarta. Pasalnya nuansa vintage akan bisa untuk kamu dapatkan ketika mengunjungi museum satu ini. Dulunya bangunan bersejarah ini merupakan kawasan komplek gudang yang digunakan untuk menyimpan rempah-rempah. Sebut saja seperti pala, kopra, tembakau, lada dan juga berbagai bahan rempah yang lain.

Tak hanya itu saja, di tempat satu ini pun kamu juga akan bisa menemui banyak koleksi  lain yang bisa untuk kamu lihat. Diantaranya adalah model kapal milik Belanda yang lengkap dengan meriam pun bisa kamu saksikan di Museum Bahari ini. 

8. Museum Fatahillah

Masih berada di kawasan Kota Tua Jakarta, maka tempat bersejarah satu ini bisa menjadi destinasi menarik yang bisa untuk kamu kunjungi. 

Masuk ke dalam Museum Fatahillah ini akan mampu memberikan membawa kamu ke nuansa nostalgia. Hal ini dikarenakan bangunan tersebut dibangun pada masa penjajahan Belanda. Sehingga akan membuat Anda serasa berada di masa kolonial. Gedung satu ini dibangun oleh Jenderal Jan Pieterszoon Coen yakni pada tahun 1620.

Berada di museum satu ini, maka kamu pun akan bisa menikmati beragam koleksi benda bersejarah. Ada sekitar lebih dari 23 ribu koleksi yang bisa kamu nikmati saat berada di tempat satu ini. 

9. Monumen Nasional

wisata sejarah
Monumen Nasional. (Gambar: http://nyero.id)

Monumen Nasional atau Monas menjadi salah satu landmark yang ada di kota satu ini. Tempat yang menyimpan sejarah ini pun juga menjadi simbol dari kota Jakarta maupun Indonesia. 

Tempat ini pun memiliki fasilitas rekreasi yang bisa untuk kamu nikmati. Sebut saja seperti pelataran puncak Monas. Di tempat satu ini, kamu nantinya akan bisa melihat pemandangan kota Jakarta yang sangat indah melalui teropong. 

Selain itu, ada pula sekitar 51 diorama yang bisa kamu saksikan di tempat ini. Diorama tersebut bergambarkan kondisi dari sejarah yang ada di Indonesia. Mulai dari zaman pra sejarah hingga kerajaan.

10. Museum Satria Mandala

Museum Satria Mandala yang berada di Jakarta Selatan sangat ramai dan populer yang banyak dikunjungi oleh masyarakat.

Museum satu ini, dulunya merupakan tempat tinggal Ratna Sari Dewi yang menjadi istri pertama Presiden Soekarno. Rumah ini pun menjadi tempat persemayaman yang terakhir sebelum presiden pertama RI dimakamkan di Blitar. Museum satu ini pertama kali diresmikan pada tahun 1971 sebagai pusat bagi sejarah TNI yang ada di Indonesia.

Baca juga: Begini Sejarah Singkat Hari Dokter Nasional

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top