You are here
Home > Travel >

6 Kota Terunik di Dunia yang Menyimpan Sederet Fakta Menarik

Kota terunik di dunia

Dunia yang begitu luas ini tentu menyimpan banyak sekali fakta menarik yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Salah satunya adalah fakta di mana adanya kota-kota terunik di dunia. Tentu saja keunikannya tersebut, diawali dengan sejarah panjang. Ingin tahu di mana saja kota terunik di dunia? Simak selengkapnya, yuk. 

Kota terunik di dunia

Melansir dari laman Bobobox, berikut ini beberapa kota terunik di dunia yang menyimpan banyak sekali fakta menarik: 

1. Whittier, Alaska

Kota terunik di dunia
Kota terunik di dunia Whittier, Alaska. (Gambar: http://insider.com)

Kota terunik di dunia pertama adalah Whittier di ujung Kanal Pasage, negara bagian Alaska. Keunikan kota ini adalah luas wilayahnya yang hanya sebuah gedung yakni Begich Tower yang memiliki 14 lantai saja.

Tak mengherankan jika total populasi dari kota ini terbilang sangat sedikit. Whittier hanya memiliki populasi warga di angka 200 orang saja dan hampir seluruh penduduknya tinggal di Begich Tower.

Dengan fakta tersebut, Whittier mendapat julukan sebagai kota di bawah satu atap. Gedung 14 lantai tersebut diisi oleh fasilitas kota pada umumnya seperti kantor polisi, sekolah, klinik kesehatan, dan pasar.

2. La Rinconada, Peru

Kota terunik di dunia
Kota terunik di dunia La Rinconada, Peru. (Gambar: https://wis-wander.weizmann.ac.il)

Kota terunik di dunia berikutnya adalah La Rinconada di Peru. Hal yang membuat La Rinconada disebut kota unik adalah lokasi yang di mana kota ini terletak pada ketinggian 5.100 meter di atas permukaan laut.

Fakta tersebut membuat kota tersebut dikenal sebagai pemukiman manusia paling tinggi di dunia. Saking tingginya, kota tersebut memiliki suhu udara yang terbilang ekstrem khususnya di malam hari.

Hampir setiap hari dalam setahun, suhu di kota ini mencapai subzero. Hal tersebut semakin diperparah dengan infrastruktur yang tak memadai bagi kota yang dihuni oleh penduduk mencapai 50 ribu jiwa tersebut.

3. Setenil de Las Bodegas, Spanyol

Kota terunik di dunia
Kota terunik di dunia Setenil de Las Bodegas, Spanyol. (Gambar: http://archdaily.com)

Beralih ke negeri Matador, kamu bisa mengunjungi salah satu kota terunik di dunia. Kota tersebut adalah Setenil de Las Bodegas, sebuah kota kecil yang berlokasi di Provinsi Cadiz, daerah otonomi Andalusia.

Seluruh bangunan kota kecil tersebut dibangun di tengah tebing batu basalt. Keunikan tersebut menjadikan Setenil de Las Bodegas mendapat julukan sebagai ‘kota yang terhimpit batu’.

Walaupun terkesan berbahaya, keamanan kondisi geografi dari kota tersebut sudah terjamin. Bahkan, kota ini menjadi salah satu tujuan wisata unik bagi para pelancong yang sedang liburan ke selatan Spanyol.

4. Kowloon Walled City, Hong Kong

Kota terunik di dunia
Kota terunik di dunia Kowloon Walled City, Hong Kong. (Gambar: http://cnn.com)

Hong Kong merupakan salah satu negara yang memiliki keunikan yang sulit ditemukan di negara lain. Salah satu buktinya adalah Kowloon Walled City, kota yang dijuluki sebagai kota terpadat di dunia.

Tak tanggung-tanggung, dengan luas wilayah 2.600 meter persegi, Kowloon Walled City memiliki 55.000 penduduk dengan 350 bangunan. Satu bangunannya diisi oleh 10.700 rumah dengan 10 hingga 14 lantai.

Fakta lain yang tak kalah mengerikan dari kota terunik di dunia ini adalah kota ini dikenal sebagai wilayah tanpa hukum. Hal ini menjadikan kota ditinggali oleh kriminal kelas berat dan dikenal sebagai surganya para penjahat.

5. Coober Pedy, Australia

Kota terunik di dunia
Kota terunik di dunia Coober Pedy, Australia. (Gambar: http://bobobox.co.id)

Tak jauh dari Indonesia, kamu pun bisa menemukan kota terunik di dunia lainnya di Australia. Coober Pedy di bagian utara Australia Selatan ini merupakan sebuah pemukiman kecil milik para penambang batu opal.

Keunikan dari kota paling terasing di dunia ini adalah perumahannya sendiri yang berupa lubang bawah tanah. Selain perumahan, gereja hingga hotel pun rata-rata dibangun di bawah tanah, lho!

Memiliki penduduk kurang lebih 2.000 orang, keunikan inilah yang membuatnya begitu menarik. Bahkan, bisa dibilang, kota yang dibangun di bawah tanah ini layaknya kota yang biasa kamu saksikan di sebuah film.

6. Roswell, Amerika Serikat

Kota terunik di dunia
Kota terunik di dunia Roswell, Amerika Serikat. (Gambar: http://cnnindonesia.com)

Kota terunik di dunia terakhir adalah Roswell, salah satu di negara bagian New Mexico, Amerika Serikat. Kota ini merupakan pusat pertanian dan juga salah satu distribusi dan produksi minyak bumi terbesar di dunia. Saat memasuki kotanya, kamu bakal melihat konsep unik yang diusung oleh kota di Chaves County ini. Pasalnya, kota tersebut dihias dengan hiasan alien yang hampir terlihat di berbagai penjuru kota. Hal tersebut bukan hanya konsep asal-asalan belaka. Tahun 1947 dibakarkan menjadi tahun di mana UFO jatuh di Roswell. Dengan banyaknya orang yang mempercayainya, konsep tersebut diadopsi oleh Kota Roswell.

Baca juga: 5 Negara dengan Living Cost Termurah di Dunia

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top