You are here
Home > Gaya Hidup > Hobi >

7 Tips Memotret dengan Kamera HP, Hasil Tetap Keren Seperti Profesional

Tips memotret dengan kamera HP

Saat ini, dunia fotografi sedang banyak diminati, tak hanya kalangan orang dewasa para  anak-anak muda pun juga turut serta, lho. Namun kebanyakan orang memang menggunakan kamera DSLR atau mirrorless untuk mengambil suatu objek gambar, tetapi jangan dulu patah hati bagi kamu yang tidak memilikinya. Dengan kamera HP pun kamu bisa mengambil foto yang bagus. Simak yuk deretan tips memotret dengan kamera HP di bawah ini. 

Tips memotret dengan kamera HP

Berbicara soal memotret di HP, kendala yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah tentang kualitas kameranya. Hal ini terjadi karena hasil foto tidak sejernih kamera DSLR atau mirrorless.

Tetapi jangan dulu putus asa bagi kamu yang belum memilikinya, berikut ini beberapa tips memotret dengan kamera HP yang bisa menghasilkan gambar tak kalah bagusnya. Dimulai dengan langkah-langkah sederhana, kamu bisa membuat foto layaknya profesional. 

1. Pastikan memilih objek yang menarik

Tips memotret dengan kamera HP
Pilih objek yang menarik. (Gambar: http://pexels.com)

Menjadi seorang fotografer andal bisa dimulai dari melatih kepekaan kamu terhadap bagus atau tidak sebuah objek. Selain dari segi visual, kamu juga harus tahu apakah objek tersebut akan menimbulkan makna dan cerita ketika dipotret atau tidak.

2. Sesuaikan fokus dan pencahayaan

Tips memotret dengan kamera HP
Sesuaikan fokus dan pencahayaan. (Gambar: http://pexels.com)

Salah satu fitur yang umumnya ada di semua smartphone adalah mengatur fokus dan exposure gambar. Kamu dapat melakukannya secara manual maupun otomatis. Tinggal tap pada layar ponselmu, maka lensa langsung menangkap titik fokus gambar.

Pastikan objek tidak blur saat dipotret. Ini merupakan langkah dasar yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hasil foto yang jernih. Trik kamera HP yang satu ini sebenarnya sangat sederhana, tapi seringkali terlupakan. Karena kebanyakan orang lebih berfokus pada proses mengedit ketimbang proses memotret itu sendiri.

Baca Juga:  5 Hobi Kekinian yang Bisa Menghasilkan Banyak Cuan!

3. Perlu atau tidaknya menggunakan flash

Person Taking Photo of Group of Friends
Penggunaan flash. (Gambar: http://pexels.com)

Tips fotografi dengan kamera HP yang berikutnya adalah dengan menentukan perlu atau tidaknya menggunakan flash ketika memotret. Tidak berarti di semua tempat yang redup kamu harus menggunakan flash, karena ada yang namanya low light photography. Sehingga penggunaan flash dirasa kurang diperlukan.

Akan tetapi, ada juga beberapa jenis fotografi yang sengaja menggunakan flash untuk menghasilkan foto yang memukau. Contohnya adalah hasil foto polaroid yang identik dengan objek yang terkena sorot flash. Ini membuktikan bahwa foto yang memiliki dark mood juga bisa lebih menggungah daripada foto yang dibanjiri cahaya terang.

4. Memilih angle gambar yang menarik

Pemilihan angle atau sudut pengambilan gambar menjadi tips fotografi HP yang berikutnya, kamu harus kreatif saat memilih angle. Karena setiap angle yang kamu pilih untuk memotret akan memberikan cerita yang berbeda pula pada hasil foto. 

Salah satu teknik sudut pandang pengambilan gambar yang masih menjadi tren sampai saat ini adalah perspective photography. Teknik ini memungkinkan kamu untuk menghasilkan gambar yang unik dan out of the box

5. Aktifkan grid untuk rule of thirds

Tips memotret dengan kamera HP
Penggunaan teknik rule of thirds. (Gambar: http://pexels.com)

Salah satu yang menjadi trik kamera HP yang paling dasar adalah dengan mempelajari yang namanya teknik rule of thirds. Untuk menggunakan teknik ini, kamu harus mengaktifkan grid di layar ponsel supaya muncul garis bantu untuk mempermudah kamu membagi setiap posisi objek.

Pada dasarnya, posisi ideal objek harus berada di titik persimpangan dari garis bantu. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi kalau ada bagian posisi objek yang miring saat dipotret. Seandainya ponselmu tidak memiliki fitur grid, kamu bisa menggunakan aplikasi Instagram. Caranya adalah dengan memotret objek terlebih dahulu, kemudian klik ‘next’ > ‘edit’ > ‘adjust’.

Baca Juga:  Resmi! Ben White Gabung Arsenal: Ini Lucu Karena...

6. Gunakan tripod saat memotret

Tips memotret dengan kamera HP
Tripod kamera HP. (Gambar: http://pexels.com)

Tips fotografi di HP yang berikutnya adalah menggunakan tripod saat memotret. Tujuannya agar gambar tidak shaky dan lebih mudah ketika menggunakan rule of thirds. Namun ini hanya opsi alternatif buat kamu yang sering mengalami kesulitan untuk membuat gambar statis. Tripod bisa kamu beli dengan harga murah di toko online. Akan tetapi kamu juga mesti ingat kalau harga tidak bisa membohongi kualitas. 

7. Edit foto

Tips memotret dengan kamera HP
Editing foto. (Gambar: http://pexels.com)

Terakhir, mengedit foto itu penting, karena bisa membuat fotomu jadi lebih sedap dipandang mata. Ini juga bisa dilakukan jika hasil jepretanmu kurang memuaskan. Berilah filter otomatis atau pengaturan manual lewat color correction. Buat racikan presets untuk menghasilkan warna yang kamu inginkan. 

Itulah beberapa tips fotografi dengan kamera HP yang bisa kamu lakukan. Sekarang tidak perlu lagi mikir dua kali untuk belajar mobile photography, karena kualitasnya juga tentu tidak akan kalah dengan hasil foto menggunakan DSLR atau mirrorless. Selamat mencoba, ya.

Baca juga: 7 Tips Staycation Saat Pandemi yang Wajib Dilakukan

Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top