SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img
HomeBisnisJelang Lebaran 2023, Ini 5.066 Lokasi Layanan Penukaran Uang di Bank

Jelang Lebaran 2023, Ini 5.066 Lokasi Layanan Penukaran Uang di Bank

MediaGo – Selama Ramadan dan menjelang Lebaran 2023, mulai tanggal 27 Maret sampai 20 April 2023, Bank Indonesia (BI) bersama perbankan menyediakan layanan penukaran uang di 5.066 titik layanan penukaran di bank yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk memenuhi kebutuhan Lebaran 2023, Bank Indonesia menyiapkan uang tunai sebesar Rp195 triliun,  naik 8,22 persen dari realisasi tahun 2022 dengan 5.066 titik layanan penukaran uang,  bertambah 377 titik dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Jangan Ciptakan Utang Baru Setelah Lebaran

Antisipasi kenaikan ini mempertimbangkan pencabutan status Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik serta peningkatan mobilisasi masyarakat.

BI juga mengajak masyarakat mengoptimalkan pembayaran transaksi non tunai guna mendukung ekonomi dan keuangan digital.

Di luar 5.066 titik, mulai 27 Maret sampai 19 April 2023, Bi juga menyediakan layanan penukaran uang melalui kas keliling di terminal, pasar, dan stasiun, dan kas keliling susur sungai (khusus Provinsi Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah).

Baca juga: 7 Tradisi Lebaran di Indonesia Paling Ditunggu, Ada Mudik dan THR

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, terhitung 3-14 April 2023, Bank Indonesia dan  16 bank wilayah DKI Jakarta akan melakukan layanan kas keliling bersama.

Kas keliling tersebut akan mengambil tempat di Masjid Hasyim Asya’ri, Masjid Istiqlal, Masji At Tin, Masjis Islamic Center, dan Masjid Al Azhar.

Hadir pula di pasar wilayah Jabodetabek yaitu Pasar Kopro, Pasar Pramuka, Pasar Rawa Bening, Pasar Slipi, Pasar Koja, dan Pasar Tebet pada tanggal 27 Maret-20 April 2023.

Baca juga: 7 Kue Kering Paling Dicari Saat Lebaran, Nastar Sampai Kue Semprit

Untuk di kawasan Parkir Timur Gelora Bung Karno pada 8-9 April 2023. Khusus untuk layanan penukaran di kas keliling, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi Pintar.

Mulai tanggal 15-19 April 2023, BI menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik di Rest Area Jalan Tol di Jawa, Lampung, Palembang, serta di  penyeberangan di Pelabuhan Merak, Bakauheuni, Ketapang, dan Gilimanuk.

Untuk penukaran di jalur mudik saat Lebaran 2023 ini, masyarakat tidak perlu memesan terlebih dulu melalui aplikasi Pintar.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular