SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, April 9, 2024
spot_imgspot_img
HomeGaya HidupCara Efektif Meredakan Stres yang Mudah Dilakukan

Cara Efektif Meredakan Stres yang Mudah Dilakukan

Mediago – Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Namun perlu kamu ketahui bahwa stres yang terjadi secara terus-menerus justru akan menimbulkan penyakit. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk bisa segera meredakannya apabila kamu mengalami stres. 

Cara Efektif Meredakan Stres 

Ketika kamu merasa stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol dan adrenalin sehingga membuat kerja jantung lebih cepat dari biasanya. Melansir penjelasan dari laman Healthline, berikut ini cara meredakan stres yang bisa kamu lakukan: 

1. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik

Jika merasa kewalahan oleh situasi yang membuat stres, cobalah beristirahat dan mendengarkan musik yang menenangkan. Memutar musik yang tenang memiliki efek positif pada otak dan tubuh, dapat menurunkan tekanan darah, dan mengurangi kortisol, hormon yang terkait dengan stres.

Baca juga: 8 Tips Mengatasi Stres Kerja yang Sangat Ampuh

2. Bicara dengan Teman

meredakan stres
Berbicara dengan teman. (Gambar: http://pixabay.com)

Saat kamu merasa stres, istirahatlah untuk menelepon teman dan membicarakan masalah yang sedang dihadapi. Hubungan yang baik dengan teman dan orang yang dicintai penting untuk gaya hidup sehat. 

Kehadiran orang-orang yang dicintai dalam hidup sangat penting ketika kamu merasa berada di bawah banyak tekanan. Suara yang menenangkan, bahkan untuk satu menit, dapat menempatkan segalanya dalam perspektif yang lebih positif. Meluapkan isi hati memang menjadi cara meredakan stres yang efektif dan ampuh.

3. Bicara dan Menenangkan Diri Sendiri 

Menenangkan Diri

Terkadang menelepon teman bukanlah pilihan, namun ternyata bisa meredakan stres. Jika ini masalahnya, berbicara dengan tenang kepada diri sendiri bisa menjadi hal terbaik berikutnya. Jangan khawatir terlihat gila, katakan saja pada diri sendiri mengapa merasa stres, apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan tugas yang ada, dan yang terpenting, semuanya akan baik-baik saja.

4. Makan dengan Benar

Makan sehat dan benar

Tingkat stres dan diet yang tepat sangat berkaitan erat. Ketika kewalahan saat melakukan aktivitas sehari-hari, umumnya banyak orang sering lupa untuk makan dengan baik dan menggunakan makanan ringan yang manis dan berlemak sebagai pilihan yang cepat.

Cobalah untuk menghindari camilan manis. Buah-buahan dan sayuran, ikan dengan kadar asam lemak omega-3 yang tinggi telah terbukti meredakan stres. Sandwich tuna benar-benar makanan yang bagus bagi otak.

5. Cobalah untuk Tertawa

meredakan stres
Tertawa melepaskan stres. (Gambar: http://pixabay.com)

Tertawa melepaskan endorfin yang meningkatkan suasana hati dan menurunkan kadar hormon penyebab stres kortisol dan adrenalin. Ketika kamu tertawa, cara tersebut dapat menipu sistem saraf untuk membuat bahagia.

6. Konsumsi Minuman Teh

Minum Teh

Dosis besar kafein menyebabkan lonjakan jangka pendek dalam tekanan darah. Ini juga dapat menyebabkan sumbu hipotalamus-hipofisis-adrenal mengalami overdrive.

Alih-alih kopi atau minuman energi, cobalah teh hijau. Ini memiliki kurang dari setengah kafein kopi dan mengandung antioksidan yang sehat, serta theanine, asam amino yang memiliki efek menenangkan pada sistem saraf.

7. Lakukan Olahraga 

Olahraga

Olahraga tidak selalu berarti angkat beban di gym atau latihan untuk maraton. Berjalan-jalan sebentar di sekitar kantor atau hanya berdiri untuk meregangkan tubuh saat istirahat di tempat kerja dapat memberikan kelegaan jika kamu dalam situasi stres. Membuat darah bergerak melepaskan endorfin dapat meningkatkan suasana hati secara instan.

8. Jagalah Pola Tidur dengan Baik

meredakan stres
Memiliki pola tidur yang baik. (Gambar: http://pixabay.com)

Semua orang tahu stres dapat menyebabkan gangguan tidur. Sayangnya, kurang tidur juga merupakan penyebab utama stres. Memiliki pola tidur yang tidak baik dapat menyebabkan otak dan tubuh rusak hingga semakin buruk seiring berjalannya waktu.

Pastikan untuk mendapatkan tujuh sampai delapan jam tidur yang direkomendasikan dokter. Matikan TV lebih awal, redupkan lampu, dan berikan waktu kepada diri sendiri untuk bersantai sebelum tidur. 

9. Bernapaslah dengan Mudah

Nasihat sepeti tarik napas dalam-dalam mungkin tampak seperti klise, tetapi itu berlaku untuk stres. Untuk latihan tiga hingga lima menit yang mudah, duduklah di kursi dengan kaki rata di lantai dan tangan di atas lutut. Bernapas masuk dan keluar perlahan dalam-dalam, berkonsentrasi pada paru-paru saat mereka mengembang sepenuhnya di dada.

Sementara pernapasan dangkal menyebabkan stres, pernapasan dalam mengoksidasi darah, membantu memusatkan tubuh, dan menjernihkan pikiran.

Stres adalah bagian dari kehidupan yang tidak dapat dihindari, tetapi bukan berarti kamu bisa  mengabaikannya begitu saja. Terlalu banyak stres yang tidak diobati dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik dan mental yang serius.

Kabar baiknya adalah bahwa dalam banyak kasus, stres dapat dikelola. Dengan kesabaran dan beberapa strategi yang berguna, kamu dapat mengurangi stres. 

CopyAMP code
Arianti
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular