You are here

6 Masalah yang Sering Muncul Saat Menjalani Hubungan Jarak Jauh

Masalah yang sering muncul saat menjalani hubungan jarak jauh
Bagikan

Ketika menjalani hubungan jarak jauh, tentu kamu akan dihadapkan dengan beberapa permasalahan. Baik masalah internal dari hubunganmu sendiri, maupun masalah eksternal yang sifatnya perbedaan waktu dan tempat. Hal itu pun akan menjadi tantangan bagi perjalanan hubunganmu dengan pasangan. Dan berikut ini beberapa masalah yang sering muncul saat menjalani hubungan jarak jauh yang paling sering terjadi. 

Masalah yang sering muncul saat menjalani hubungan jarak jauh 

Masalah yang sering muncul saat menjalani hubungan jarak jauh
Masalah yang sering muncul saat menjalani hubungan jarak jauh. (Gambar: http://pexels.com)

Jika kamu sedang menjalani Long Distance Relationship (LDR) atau hubungan jarak jauh, masalah-masalah ini mungkin akan sering kamu hadapi dengan pasanganmu. Jadi persiapkan mental dan hatimu dari segala kemungkinan yang akan terjadi. Melansir penjelasan dari laman Fimela, berikut ini beberapa masalah yang sering muncul saat menjalani hubungan jarak jauh: 

1. Miskomunikasi

Miskomunikasi, menjadi faktor utama yang membuat hubungan jarak jauh sering gagal. Dalam setiap hubungan, komunikasi harus seimbang karena tanpa adanya komunikasi yang baik hubunganmu akan hancur. Keseimbangan adalah kuncinya, itulah sebabnya kamu perlu menghindari miskomunikasi. Kamu dan pasangan harus berbicara baik satu sama lain. Sampaikan setiap masalah dan membicarakannya secara terbuka, alih-alih menyimpannya sendiri. 

Apabila kamu menyimpannya sendiri, hal itu justru akan menimbulkan kesalahpahaman yang berlarut dan membuat hubungan semakin renggang. Pastikan segera bicarakan dengan pasangan apabila ada yang membuat kamu merasa tidak nyaman akan sesuatu hal. 

2. Kecemburuan

Kecemburuan juga sering hadir dalam setiap hubungan, bahkan tidak hanya hubungan jarak jauh. Sangat normal untuk merasa cemburu, ini masalah yang cukup umum. Jika kamu tidak memiliki alasan yang jelas untuk cemburu kepada pasanganmu, jangan melakukan hal itu. Kamu dan pasangan harus saling percaya satu sama lain.

Baca Juga:  5 Tips Hubungan Awet Untuk Kamu Pejuang LDR

3. Kesepian

Kesepian selalu datang sesekali dalam hubungan jarak jauh. Akan ada saat-saat kesepian yang membuatmu ingin mengunjungi pasanganmu. Ada banyak penyebab kesepian, mungkin karena kamu dan pasangan tinggal di zona waktu yang berbeda sehingga ketika dia tidur, kamu terjaga.

Untuk menghilangkan rasa kesepian, kamu bisa memandangi foto, barang yang dia berikan kepadamu, atau juga bisa melakukan panggilan video. Ingatlah bahwa meskipun pasanganmu tidak hadir secara fisik, kamu dapat merasakan cintanya melalui barang kenangan dan hadiah yang kamu miliki bersama.

4. Waktu 

Terkadang orang yang menjalani hubungan jarak jauh terlalu sibuk dengan kehidupan mereka sendiri sehingga mereka lupa untuk menghabiskan waktu bersama pasangannya. Ini bisa menjadi masalah dalam hal berkomunikasi, terlebih jika kalian sama-sama sibuk bekerja. Kurangnya komunikasi dapat menyebabkan munculnya ketidakpercayaan dan bahkan kecemburuan. Salah satu solusinya yakni, kamu harus bisa membuat jadwal. Ya, jadwal komunikasi dengan pasanganmu secara teratur. 

5. Masalah kepercayaan

Sangat dimaklumi jika jarak membuatmu merasa khawatir terhadap pasangan. Kurangnya komunikasi dan koneksi, dapat menyebabkan munculnya ketidakpercayaan. Satu-satunya yang bisa kamu lakukan adalah dengan meyakinkan diri sendiri untuk membagikan cinta kepada pasangan. 

Dibutuhkan komitmen dan kerja keras untuk mewujudkan cinta, terlebih pada hubungan jarak jauh. Komunikasi, kepercayaan, dan kejujuran adalah kunci utama untuk menjalin hubungan jarak jauh.

6. Tidak ada pasanganmu saat dibutuhkan

Masalah hubungan LDR yang sering terjadi selanjutnya adalah ketika pasanganmu tidak ada saat kamu butuhkan. Misalnya saja saat kamu sedang sakit, namun pacarmu tidak bisa menjenguk. Membuat kamu harus menghadapi seorang diri dan seakan-akan seperti single.

Hal ini memang menjadi salah satu masalah yang paling berat untuk dilalui bagi kamu yang menjalani hubungan jarak jauh. Terkadang kamu mengandalkan teman-temanmu saat sedang merasa terpuruk. Bahkan hanya untuk sekedar ngobrol melepas rindu lewat telepon saja tidak bisa. Karena dia sibuk dengan urusannya di sana dan juga bisa akibat perbedaan waktu. 

Baca Juga:  10 Tips LDR-an Agar Tetap Langgeng dan Menyenangkan

Tetapi hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa cara meskipun tak perlu bertemu secara fisik. Misalnya, mengirimkan makanan favoritnya ke rumah pasanganmu atau cara-cara lain yang membuat dia senang. Memang dibutuhkan kekreatifan dalam menjalankan hubungan jarak jauh. Tujuannya agar kamu dan pasangan masih tetap bisa merasakan kehadiran satu sama lain meskipun sedang melakukan hubungan jarak jauh. 

Baca juga: 5 Tips Hubungan Awet Untuk Kamu Pejuang LDR


Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top