SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, June 20, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan5 Manfaat Ketika Berhenti Minum Kopi.

5 Manfaat Ketika Berhenti Minum Kopi.

MediaGo – Kopi adalah salah satu minuman yang sering dikonsumsi banyak orang. Kandungan kafein didalamnya menjadikan minuman ini sebagai andalan karena bisa meningktakan konsentrasi dan kewaspadaan seseorang. Namun banyak pakar kesehatan yang justru menyuruh untuk berhenti minum kopi.

Selain dapat meningkatkan konsentrasi, konsumsi kopi juga sebenarnya dapat memberikan sejumlah manfaat baik untuk kesehatan seperti menurunkan risiko penyakit liver, kanker, dan diabetes tipe 2.

Manfaat Ketika Berhenti Minum Kopi

Di sisi dapat memberi banyak manfaat, ternyata, kopi juga bisa memicu sejumlah masalah bagi kesehatan tubuhmu, lho. Salah satunya susah tidur yang mungkin akan kalian alami ketika malam hari.

Baca juga: 7 Cara Alami Menghilangkan Bau Badan, Terbukti Ampuh

Seperti dilansir dari situs HaloDoc, bahwa dengan berhenti minum kopi mulai dari sekarang dapat memberikan banyak manfaat baik, salah satunya lambung kamu akan terjaga dengan baik.

Lantas manfaat apa saja yang akan dirasakan jika kita berhenti atau mengurangi minum kopi? Yuk, langsung saja simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan Kualitas Tidur
Meningkatkan kualitas tidur.

Kafein yang terkandung dalam kopi ampuh dalam mengusir rasa kantuk. Namun, di sisi lain kopi juga bisa membuatmu jadi sulit tidur. Padahal, waktu tidur yang baik untuk pria dewasa demi tetap terjaga kesehatannya adalah 6-8 jam setiap harinya.

Senyawa neurotransmiter yang terkandung dalam kopi berperan untuk mengatur siklus waktu tidur dalam tubuh. Bila kadarnya berlebihan, maka akan timbul rasa gelisah dan mengacaukan waktu tidur kamu.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Penghujan

Dengan berhenti minum kopi, kualitas tidurmu akan membaik, terutama bila kamu terbiasa mengonsumsi nya pada sore atau malam hari. Ada sebuah studi menyebutkan bahwa asupan kafein 6 jam sebelum waktu tidur bisa mengganggu siklus tidur seseorang saat malam itu.

2. Terbebas dari Asam Lambung

Terbebas dari asam lambung
Terbebas dari asam lambung.

Apa kalian tahu, selain pola makan yang tidak teratur, ternyata kopi bisa menjadi salah satu pemicu munculnya asam lambung. Menurut sebuah studi dalam Scandinavian Journal of Gastroenterology tahun 1999 menyebutkan, kopi bisa berpotensi meningkatkan kontraksi kantung empedu, sehingga bisa mengakibatkan rasa mual bagi orang yang memiliki keluhan asam lambung.

3. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Meningkatkan kesehatan mulut
Meningkatkan kesehatan mulut.

Mengurangi atau berhenti minum kopi mulai dari sekarang ternyata bisa membantu mengurangi noda kuning di gigi dan mempertahankan email gigi. Konsumsi kopi dalam jumlah banyak akan menjadikan gigi menjadi kusam dan menyebabkan lapisan email gigi menipis.

4. Tulang Lebih Terjaga

Tulang lebih terjaga
Tulang lebih terjaga.

Ada sebuah penelitian mengatakan, jika minum kopi lebih dari 300 mg per hari bisa menyebabkan pengikisan tulang secara perlahan. Dijelaskan bahwa kopi dapat mengikis kalsium dari dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis dini.

Jika sudah terjadi, tubuhmu mudah rentan mengalami fraktur atau patah tulang. Jadi, minumlah kopi sewajarnya saja atau berhenti mulai dari sekarang, ya.

5. Lebih Berenergi

Lebih berenergi
Aktivitas lebih berenergi.

Kafein adalah salah satu zat adiktif yang paling banyak digunakan di dunia untuk meningkatkan energi saat menyelesaikan pekerjaan.

Meski diketahui dapat memberi banyak energi setelah meminumnya, tetapi mengonsumsinya secara rutin bisa mengakibatkan lebih banyak kelelahan daripada biasanya.

Baca juga: 6 Nutrisi Penting MPASI Bayi Usia 6 Bulan

Jade Dinsdale, pakar kesehatan dan spesialis gizi mengatakan, ketika kita tidak mengonsumsi kopi, kita bisa memperhatikan pola tidur, stres, hidrasi, nutrisi, dan pola aktivitas fisik untuk mengetahui apa penyebab utama kelelahan yang kita rasakan.

Nah, Itulah beberapa manfaat yang akan kamu rasakan jika berhenti atau mengurangi asupan kopi. Semoga bermanfaat dan jaga kualitas tidurmu agar selalu tetap sehat ya!

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular