You are here
Home > Kesehatan >

7 Bahaya Mandi Malam Hari dengan Air Dingin yang Wajib Diketahui

Bahaya mandi malam hari dengan air dingin
Bagikan

Pada suatu kondisi tertentu, beberapa orang harus melakukan mandi di malam hari. Namun, banyak orang tidak menyarankan untuk mandi di malam hari, karena kebiasaan ini dianggap tidak baik untuk kesehatan. Berbagai jenis penyakit sering dikaitkan dengan bahaya mandi malam hari. Berikut bahaya mandi di malam hari dengan air dingin.

Bahaya mandi malam hari dengan air dingin

Bahaya mandi malam hari dengan air dingin
Bahaya mandi malam hari dengan air dingin. (Gambar: http://hindustantimes.com)

Walaupun dapat meningkatkan kualitas tidur, bahaya mandi malam hari tetap dapat dirasakan oleh jika terlalu sering dilakukan. Apalagi jika mandi di malam hari menggunakan air dingin. Bagi seseorang yang memiliki kondisi medis tertentu, hal itu akan mengganggu kesehatan tubuh, lho. Melansir penjelasan dari laman Orami, berikut ini beberapa bahaya mandi malam hari dengan air dingin: 

1. Menyebabkan peradangan pada bagian sendi 

Bahaya mandi malam hari dengan air dingin yang paling sering menyerang banyak orang adalah rematik atau radang sendi. Penyakit autoimun ini dapat menyebabkan kamu merasa nyeri di beberapa bagian tubuh. Penyebab rematik sendiri belum begitu jelas, namun menurut para ahli kesehatan penyakit tersebut disebabkan oleh kelainan genetik yang menyerang orang-orang yang produktif. Beberapa gejala rematik yang perlu kamu ketahui adalah sebagai berikut:

  • Nyeri pada persendian.
  • Area persendian terasa hangat saat disentuh.
  • Sendi kaku di pagi hari.
  • Kemerahan atau memar di bagian sendi.
  • Penurunan fungsi sendi.

Walaupun penyakit ini tidak berbahaya, tetapi kamu akan merasa tidak nyaman saat merasakannya. Jika tidak ingin mengalami kondisi ini, sebaiknya mandi malam menggunakan air hangat. Karena hal ini dapat membantu menyembuhkan rematik dan membuat tidur lebih lelap.

2. Penuaan dini

Mandi malam juga bisa mempercepat penuaan dini pada tubuh. Diketahui dari berbagai sumber, kondisi tubuh setiap orang berbeda sehingga tidak semua akan tahan saat mandi dengan air dingin di malam hari. Mandi air dingin di malam hari mengakibatkan peningkatan metabolisme, sehingga tubuh membutuhkan suplai kalori dan oksigen yang cukup tinggi untuk menstabilkannya. 

Baca Juga:  Hati-Hati, Ini 7 Bahaya Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

3. Asam urat

Mandi malam juga bisa memicu serangan asam urat. Penyakit ini sebenarnya akan terjadi karena banyaknya konsumsi zat purin dalam tubuh, sehingga kadar asam urat dalam tubuh akan meningkat. Selain itu, hal ini juga dapat mengakibatkan ginjal tidak mampu menampung atau membuang zat tersebut.

Selain mandi di malam hari, asam urat juga dapat disebabkan konsumsi makanan tertentu lho. Jadi, kalau tidak ingin tersiksa karena asam urat, mulai sekarang kurangi kebiasaan mandi malam dengan air dingin dan tidak konsumsi makanan yang mengandung purin.

4. Memicu terjadinya gangguan metabolisme tubuh

Bahaya mandi malam hari lainnya adalah terjadinya gangguan pada sistem metabolisme tubuh. Hal ini dapat terjadi karena, suhu tubuh cenderung sudah mulai melemah dan akan membutuhkan istirahat.

Jika mandi dan pori-pori terbuka maka air akan masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan gangguan pada hormon tubuh. Namun, hal ini dapat diatasi dengan cara mandi malam hari menggunakan air hangat.

5. Hidung meler

Kamu mungkin pernah mengalami kondisi hidung meler atau lendir yang keluar terus menerus di malam hari. Hal ini bisa terjadi karena terlalu sering mandi di malam hari. Hal ini bisa terjadi karena tubuh yang seharusnya beristirahat harus disiram menggunakan air dingin. Sehingga suhu tubuh akan naik naik bahkan menjadi demam. Jika tidak ingin hal ini terjadi, sebaiknya Moms mandi menggunakan air hangat ya.

6. Demam

Bahaya mandi malam hari lainnya adalah demam. Kondisi ini terjadi karena pori-pori tubuh dan panas tubuh yang akan meningkat pada saat malam hari, sehingga rentan mengalami demam. Karena tubuh yang panas kemudian tersiram air dingin dapat meningkatkan suhu tubuh hingga menjadi demam. Kondisi ini tentu bisa mengganggu aktivitas di pagi hari.

Baca Juga:  7 Kiat Ampuh Agar Berhenti dari Kebiasaan Merokok

7. Nyeri otot

Nyeri otot juga sering dikaitkan dengan bahaya mandi di malam hari. Kondisi ini terjadi karena air dingin masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori. Hal ini terjadi karena air dingin yang masuk ke tubuh dapat menyebabkan nyeri otot.

Itulah beberapa bahaya mandi malam hari dengan air dingin. Jika tidak ada kondisi mendesak yang mengharuskan kamu untuk mandi malam hari sebaiknya tidak perlu untuk dilakukan, ya. Hal itu bisa membahayakan kesehatan tubuhmu. 

Baca juga: 9 Bahaya Penggunaan Headset Bagi Kesehatan Telinga


Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top