You are here
Home > Kesehatan >

7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Kamu Ketahui

7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Kamu Ketahui
Bagikan

MediaGo – Manfaat puasa bagi kesehatan telah banyak dirasakan oleh orang-orang yang terbiasa menjalankan ibadah ini. Puasa sendiri, merupakan sebuah kegiatan yang mengharuskan seseorang untuk menahan hawa nafsunya, termasuk makan dan minum, mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Jika puasa tersebut dijalankan ketika bulan ramadhan, maka umat muslim harus melakukannya selama 1 bulan penuh.

Puasa tidak hanya memberikan dampak baik secara spiritual untuk seseorang yang menjalankannya. Karena pada nyatanya, ibadah yang satu ini juga memberikan dampak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan puasa, juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit.

Ketahui Ragam Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Ketahui Ragam Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Untuk Anda yang belum mengetahui apa saja manfaat puasa bagi kesehatan tubuh, maka silahkan baca rangkuman dibawah ini dengan seksama ya!

1. Melakukan Detoks Pada Tubuh

Detoks tubuh

Manfaat utama yang akan anda rasakan jika memilih untuk melakukan puasa adalah, tubuh Anda akan mengeluarkan berbagai racun yang ada, karena ketika puasa, tubuh akan memakan cadangan lemak demi bisa mendapatkan energi. Secara teknik lemak cadangan yang dimakan tersebut akan secara bersamaan membakar racun-racun dalam tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal

Menjaga kesehatan ginjal

Kita tahu bahwa ginjal adalah salah satu organ yang sangat penting di dalam tubuh, karena ginjal memiliki fungsi untuk menyaring berbagai macam racun yang terdapat dari makanan juga minuman yang telah kita konsumsi. Biasanya, fungsi ginjal akan maksimal apabila ia memiliki kekuatan osmosis urin hingga 1.000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Nah, manfaat puasa bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah membantu ginjal mencapai kinerja maksimal tersebut.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung

Salah satu penyakit yang sangat menyeramkan, dan mematikan adalah penyakit jantung, karena itu, kita harus senantiasa menjaga kesehatan jantung. Nah, salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan cara melakukan puasa. Saat seseorang berpuasa, maka secara otomatis tubuhnya akan menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, dan hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Baca Juga:  Yuk, Ketahui 10 Hal yang Bisa Membatalkan Puasa Ramadhan

4.    Menjaga Berat Badan Tetap Seimbang

Menjaga berat tubuh ideal

Manfaat lain dari menjalankan puasa adalah, tubuh dapat melakukan pembersihan pada usus dari sisa endapan makanan yang biasanya menyebabkan timbulnya lemak perut. Selain itu manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yakni dapat memperlancar sistem pencernaan.

5.    Meningkatkan Imunitas Tubuh

Mneingkatkan imunitas tubuh

Kekebalan tubuh atau imunitas adalah satu hal yang sangat penting, karena dengan adanya imunitas ini, maka seseorang akan bisa menangkal berbagai macam virus penyebab penyakit. Ketika seseorang berpuasa, maka tubuh akan memiliki limfosit sebanyak 10 kali lipat lebih banyak. Dengan demikian, daya imun tubuh juga akan meningkat, dan membuat seseorang tidak akan mudah sakit.

6.    Mencegah Diabetes

Mencegah diabetes

Selain penyakit jantung, penyakit diabetes juga menjadi salah satu momok yang ditakuti oleh hampir semua orang. Nah, puasa adalah salah satu cara mengantisipasi agar tubuh tidak terserang diabetes. Saat kita tengah menjalankan puasa, maka konsumsi gula dalam tubuh akan berkurang, hal ini sehingga minim kemungkinan tubuh mengalami kelebihan kadar gula yang mampu memicu terjadinya diabetes.

7.    Peremajaan Fungsi serta Kinerja Sel

Peremajaan fungsi sel

Ketika tubuh melakukan puasa, maka secara otomatis akan terjadi perubahan konversi yang masif dari asam amino yang mana biasanya diakumulasikan melalui makanan. Biasanya, sebelum asam amino ini didistribusikan akan terjadi format ulang, sehingga akan terjadi restorasi dan menumbuhkan fungsi baru kinerja sel. Perlu diketahui bahwa di dalam tubuh setiap detiknya akan terjadi kematian sel sebanyak 125 juta, akan tetapi disaat bersamaan, sel lain juga akan tumbuh dengan jumlah yang lebih banyak.

Kami harap informasi ragam manfaat puasa bagi kesehatan tubuh diatas akan memacu semangat kita semua menjalankan ibadah puasa ramadhan.

Baca Juga:  6 Vaksin Corona yang Digunakan di Indonesia

Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top